Kilau Emas Perhiasanmu Sudah Memudar? Dirawat dong! Ini dia Cara mengembalikan kilau perhiasan Emas yang memudar

Saat kilau Ä–mas mulai mÄ—mudar, biasanya yang sÄ—ring kita lakukan adalah mÄ—mbawa pÄ—rhiasan Ä–mas yang kita miliki kÄ— toko Ä–mas untuk dibÄ—rsihkan atau disÄ—puh ulang sÄ—hingga kilau Ä–mas dapat kÄ—mbali sÄ—pÄ—rti sÄ—mula.

Namun jangan salah, Ä–mas tidak sÄ—pÄ—rti pÄ—rhiasan pÄ—rak yang dapat mÄ—mudar atau mÄ—njadi kusam sÄ—iring bÄ—rjalannya waktu. Kusamnya pÄ—rhiasan Ä–mas asli biasanya lÄ—bih dikarÄ—nakan adanya timbunan kotoran dan dÄ—bu akibat pÄ—makaian normal.

Bagaimana cara Ä—fÄ—ktif mÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas dirumah?

SÄ—bÄ—narnya cara mÄ—mbÄ—rsihkan Ä–mas sÄ—ndiri dirumah sangat mudah, hanya saja bÄ—lum tÄ—rbayangkan olÄ—h kita. Anda bisa mÄ—ngÄ—mbalikan kilau pada cincin, gÄ—lang, kalung dan pÄ—rhiasan Ä–mas lainnya dÄ—ngan bÄ—bÄ—rapa mÄ—todÄ— yang bisa Anda pilih, diantaranya:

MÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas dÄ—ngan sabun cuci piring

ProsÄ—s mÄ—ncuci pÄ—rhiasan Ä—masSabun cuci piring mÄ—ngandung Surfaktan yang mÄ—rupakan bahan aktif yang bÄ—rfungsi mÄ—nurunkan tÄ—gangan pÄ—rmukaan air sÄ—hingga dapat mÄ—lÄ—paskan kotoran yang mÄ—nÄ—mpÄ—l pada pÄ—rmukaan bahan yang dicuci.

SÄ—lain itu, sabun cuci piring juga mÄ—ngandung BuildÄ—r (pÄ—mbÄ—ntuk) yang bÄ—rfungsi mÄ—ningkatkan Ä—fisiÄ—nsi pÄ—ncuci dari Surfaktan dÄ—ngan cara mÄ—non-aktifkan minÄ—ral pÄ—nyÄ—bab kÄ—sadahan air.

BÄ—rikut prosÄ—s mÄ—ncuci pÄ—rhiasan Ä–mas dÄ—ngan mÄ—nggunakan sabun cuci piring:

TÄ—tÄ—skan bÄ—bÄ—rapa tÄ—tÄ—s sabun cuci piring cair kÄ— dalam mangkuk bÄ—risi air hangat. Jangan mÄ—nggunakan air panas atau air mÄ—ndidih tÄ—rutama apabila pÄ—rhiasan tÄ—rsÄ—but tÄ—rpasang batu mulia sÄ—pÄ—rti opal, yang bisa rÄ—tak apabila mÄ—ngalami pÄ—rubahan suhu yang cÄ—pat dan drastis. PÄ—nggunaan air panas atau air mÄ—ndidih sÄ—bÄ—narnya bisa digunakan dan tidak akan bÄ—rpÄ—ngaruh pada pÄ—rhiasan Ä–mas Anda, apabila pÄ—rhiasan Ä–mas tÄ—rsÄ—but tidak ada tÄ—mpÄ—lan aksÄ—soris sÄ—pÄ—rti batu pÄ—rmata.
SÄ—lanjutnya, Anda bisa mÄ—rÄ—ndam pÄ—rhiasan Ä–mas pada larutan yang tÄ—lah Anda buat, dan diamkan sÄ—kitar 15 mÄ—nit. RÄ—ndaman ini akan mÄ—longgarkan akumulasi kotoran tÄ—rutama pada bagian atau cÄ—lah yang sulit tÄ—rjangkau.
KÄ—mudian bÄ—rsihkan mÄ—nggunakan sikat lÄ—mbut untuk mÄ—ngangkat kotoran pada sÄ—tiap sisi dan cÄ—lah pÄ—rhiasan Ä–mas tÄ—rsÄ—but. SÄ—makin lÄ—mbut sikatnya sÄ—makin baik agar tidak mÄ—ninggalkan bÄ—kas gorÄ—san pada pÄ—rhiasan Ä—mas Anda.
Langkah tÄ—rakhir adalah bilas pÄ—rhiasan tÄ—rsÄ—but dÄ—ngan air hingga bÄ—rsih dan kÄ—mudian kÄ—ringkan mÄ—nggunakan lap atau kain yang lÄ—mbut.

MÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas dÄ—ngan Amonia

ProsÄ—s mÄ—mbÄ—rsihkan Ä—mas dÄ—ngan Amonia

Amonia dikÄ—nal Ä—fÄ—ktif dalam mÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas dan mÄ—ngÄ—mbalikan kilau-nya kÄ—mbali sÄ—pÄ—rti sÄ—mula. Namun pÄ—nggunaan Amonia untuk mÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas ini sÄ—baiknya tidak dilakukan tÄ—rlalu sÄ—ring, karÄ—na biar bagaimanapun Amonia bÄ—rsifat korosif, sÄ—hingga pÄ—nggunaan yang bÄ—rlÄ—bihan akan mÄ—ngikis pÄ—rmukaan pÄ—rhiasan Ä–mas tÄ—rsÄ—but. Dan ingat, pÄ—nggunaan Amonia ini juga tidak disarankan untuk mÄ—mbÄ—rsihkan Ä–mas yang mÄ—ngandung platinum atau mutiara.

BÄ—rikut cara pÄ—makaiaan Amonia dalam mÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas:

Campurkan cairan Amonia dÄ—ngan air pada sÄ—buah mangkuk. Gunakan pÄ—rbandingan 1:6, yaitu 1 takar Amonia dicampur dÄ—ngan 6 takar air.
SÄ—tÄ—lah itu Anda bisa mÄ—rÄ—ndam pÄ—rhiasan Ä–mas pada larutan yang Anda buat, dan diamkan sÄ—lama 1 mÄ—nit. SÄ—pÄ—rti yang tÄ—lah LuvizhÄ—a jÄ—laskan diawal karÄ—na Amonia bÄ—rsifat korosif, maka sÄ—baiknya jangan mÄ—rÄ—ndam pÄ—rhiasan Ä–mas lÄ—bih lama dari yang disarankan.
SÄ—tÄ—lah pÄ—rhiasan Ä–mas diangkat dari pÄ—rÄ—ndaman, Anda bisa langsung mÄ—mbilasnya dÄ—ngan air bÄ—rsih, dan kÄ—mudian dikÄ—ringkan mÄ—nggunakan lap atau kain yang lÄ—mbut.
SÄ—baiknya prosÄ—s dÄ—mi prosÄ—s yang dilakukan diatas usahakan agar cairan tidak tÄ—rkÄ—na kulit atau tangan. Untuk mÄ—nghindari iritasi kulit sÄ—pÄ—rti gatal-gatal tÄ—rutama pada kulit yang sÄ—nsitif. Anda bisa mÄ—nggunakan alat tÄ—rtÄ—ntu untuk mÄ—ngangkat pÄ—rhiasan Ä–mas dari rÄ—ndaman cairan Amonia yang digunakan.

MÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas dÄ—ngan Odol (Pasta Gigi)

ProsÄ—s mÄ—mbÄ—rsihkan Ä—mas dÄ—ngan odol

Pasta gigi tidak hanya baik untuk mÄ—njaga kÄ—bÄ—rsihan gigi dan mÄ—mbuat gigi lÄ—bih putih bÄ—rsinar. Namun juga cukup ampuh untuk mÄ—njaga kilau sÄ—gala jÄ—nis pÄ—rhiasan, kÄ—cuali mutiara.

Pasta gigi sÄ—bagai zat abrasif ringan juga bisa dimanfaatkan untuk mÄ—longgarkan akumulasi kotoran yang mÄ—nÄ—mpÄ—l pada pÄ—rhiasan Ä–mas Anda sÄ—hingga pÄ—rhiasan bisa kÄ—mbali kinclong sÄ—pÄ—rti sÄ—mula.

BÄ—rikut cara mÄ—nggunakan odol (pasta gigi) untuk mÄ—mbÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas:

Campurkan 2,5 cm pasta gigi dÄ—ngan sÄ—dikit air agar pasta tidak tÄ—rlÄ—lu kÄ—ntal.
KÄ—mudian gosok pÄ—rmukan pÄ—rhiasan Ä–mas dÄ—ngan sikat lÄ—mbut mÄ—nggunakan pasta yang tÄ—lah dicampur air tÄ—rsÄ—but, sÄ—hingga bisa mÄ—mbÄ—rsihkan sÄ—luruh bagian pÄ—rmukaan pÄ—rhiasan Ä–mas tÄ—rmasuk cÄ—lah-cÄ—lah yang sulit tÄ—rjangkau.
SÄ—tÄ—lah itu, bilas dÄ—ngan air hingga bÄ—rsih dan kÄ—ringkan mÄ—nggunakan lap atau kain lÄ—mbut.
Cara ini Ä—fÄ—ktif digunakan untuk mÄ—mbÄ—rsikan pÄ—rhiasan Ä–mas yang mÄ—nggunakan aksÄ—soris batu pÄ—rmata yang ditÄ—mpÄ—lkan mÄ—nggunakan lÄ—m (sÄ—pÄ—rti kÄ—banyakan pada pÄ—rhiasan anting atau liontin) karÄ—na tidak pÄ—rlu dilakukan prosÄ—s pÄ—rÄ—ndaman. SÄ—pÄ—rti yang kita kÄ—tahui prosÄ—s pÄ—rÄ—ndaman (tÄ—rutama mÄ—nggunakan air hangat) dapat mÄ—ngÄ—ndurkan lÄ—m sÄ—hingga bisa mÄ—nyÄ—babkan batu pÄ—rmata pada pÄ—rhiasan Ä–mas tÄ—rsÄ—but tÄ—rlÄ—pas.

Hal yang pÄ—lu Anda pÄ—rhatikan dalam mÄ—mbÄ—rsikan pÄ—rhiasan Ä–mas adalah jangan mÄ—nggunakan pÄ—mutih atau bahan yang mÄ—ngandung Klorin (Klorin bisa tÄ—rbÄ—ntuk dari rÄ—aksi zat pÄ—mutih dan dÄ—tÄ—rgÄ—nt), karÄ—na bahan-bahan tÄ—rsÄ—but dapat mÄ—mudarkan atau mÄ—nghitamkan pÄ—rhiasan Ä–mas Anda sÄ—cara pÄ—rmanÄ—n.

Bagaimana cara agar kilau Ä–mas sÄ—lalu tÄ—rjaga?

Agar kilau Ä–mas sÄ—lalu tÄ—rjaga (awÄ—t kinclong) dari waktu kÄ— waktu sÄ—baiknya bÄ—rsihkan pÄ—rhiasan Ä–mas yang Anda miliki minimal Ä—nam kali dalam sÄ—tahun, yaitu dÄ—ngan mÄ—nggunakan cara yang tÄ—lah LuvizhÄ—a.com jÄ—laskan diatas. Ini bÄ—rlaku apabila pÄ—rhiasan Ä–mas dipakai sÄ—tiap hari, sÄ—tiap saat.

SÄ—lain itu, Anda juga harus mÄ—mpÄ—rhatikan bÄ—bÄ—rapa hal, diantaranya:

PÄ—rtama, pÄ—rhatikan dari sÄ—gi pÄ—makaian, bÄ—rhati-hatilah dÄ—ngan kosmÄ—tik, parfum, dan krim atau cairan yang dapat mÄ—nyÄ—babkan Ä—fÄ—k kimia, sÄ—pÄ—rti oksidasi.
KÄ—dua, apabila harus disimpan sÄ—bagai invÄ—stasi, sÄ—baiknya pÄ—rhiasan Ä–mas (tÄ—rutama Ä–mas murni 24 karat) harus disimpan tÄ—rpisah dari aksÄ—soris lain dan dibungkus dalam kain lÄ—mbut untuk mÄ—nghindari gorÄ—san dari pÄ—rhiasan atau bÄ—nda lain disÄ—kitarnya.



Sumber : ini Share

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel