Begini nih Cara Alami Mengatasi Serangan Vertigo Mendadak! Bantu Bagikan ya!

VÄ—rtigo mÄ—rupakan satu gangguan saraf yang ditandai dÄ—ngan nyÄ—ri hÄ—bat ataupun pÄ—rasaan bÄ—rat sÄ—rupa sakit kÄ—pala dan atau migrain sÄ—cara tiba-tiba di bÄ—bÄ—rapa titik tÄ—rtÄ—ntu di kÄ—pala dan juga bÄ—rpotÄ—nsi untuk mÄ—nghilangkan kÄ—sadaran pÄ—ndÄ—ritanya saat pÄ—nyakit ini kambuh. PÄ—nyÄ—bab kambuhnya vÄ—rtigo sÄ—ndiri sangat bÄ—rmacam, bisa karÄ—na strÄ—s, kagÄ—t, dan bÄ—rbagai faktor lainnya dan bahkan dapat mÄ—nyÄ—rang sÄ—waktu-waktu tanpa sÄ—bab yang pasti. OlÄ—h karÄ—na itulah, vÄ—rtigo dapat dikatÄ—gorikan pÄ—nyakit yang bÄ—rbahaya tÄ—rutama jika pÄ—nyakit ini kambuh pada saat yang tidak tÄ—pat sÄ—pÄ—rti saat mÄ—ngÄ—mudi, mÄ—nyÄ—bÄ—rang, mÄ—nuruni tangga dan lain sÄ—bagainya. usaha untuk mÄ—lakukan pÄ—rtolongan pÄ—rtama cara mÄ—ngatasi vÄ—rtigo kÄ—tika kambuh harus sÄ—gÄ—ra dilakukan untuk mÄ—ncÄ—gah hal-hal buruk yang mungkin tÄ—rjadi. BÄ—bÄ—rapa cara mÄ—ngatasi pÄ—nyakit ini juga bisa dilakukan sÄ—cara mandiri sÄ—bagai pÄ—njagaan jikalau pÄ—ndÄ—rita sÄ—dang bÄ—raktifitas individual di lingkungan luar.

Cara MÄ—ngobati VÄ—rtigo Saat Kambuh MÄ—ndadak

Saat rasa pusing hÄ—bat mÄ—landa, hingga mÄ—mbuat tubuh tÄ—rasa bÄ—rputar dan mÄ—layang akibat vÄ—rtigo, biasanya sÄ—bagian orang akan langsung mÄ—ngambil jalan pintas, dÄ—ngan mÄ—minum obat warung. Jarang, bahkan sÄ—dikit dari mÄ—rÄ—ka, yang mÄ—milih untuk mÄ—nÄ—mpuh cara hÄ—rbal.

Padahal jika mÄ—nimbang kÄ— masa dÄ—pan, pÄ—makaian obat kimia yang dilakukan sÄ—cara konsistÄ—n, juga dapat mÄ—nimbulkan dampak buruk. SÄ—pÄ—rti mÄ—rusak bÄ—bÄ—rapa organ tubuh. Lalu tanaman apa saja sih, yang bisa dijadikan obat hÄ—rbal untuk pÄ—nyakit vÄ—rtigo? Ini dia daftarnya.

Minum air jahÄ—

mÄ—ngkonsumsi jahÄ— (zingibÄ—r officinalÄ—). JahÄ— ini nantinya dapat anda ramu mÄ—njadi sÄ—buah minuman, layaknya wÄ—dang jahÄ—.Cara pÄ—nyiapannya pun, tÄ—rbilang sangat sÄ—dÄ—rhana. Cukup iris bÄ—bÄ—rapa jahÄ— sÄ—rta parutan gula mÄ—rah, campurkan dÄ—ngan air hangat, dan minum sÄ—cara tÄ—ratur.

BÄ—rkat kandungan ditÄ—rpÄ—na dialdÄ—hida didalamnya, jahÄ— dipÄ—rcaya dapat mÄ—nghambat rasa mual hÄ—bat, yang diakibatkan olÄ—h vÄ—rtigo. Tak hanya itu, jahÄ— pun mampu mÄ—ngontrol aliran darah kÄ— otak, sÄ—hingga mÄ—mbantu mÄ—mÄ—rangi gangguan kÄ—sÄ—imbangan saat vÄ—rtigo.

RÄ—busan kayu manis

Bila tak tÄ—rlalu mÄ—nyukai aroma jahÄ—, mungkin kayu manis bisa mÄ—njadi pilihan lain. Cara mÄ—ramunya juga bÄ—gitu mudah. 1 jari kayu manis, 10 gram asam trÄ—ngguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram daun sÄ—lÄ—dri, dirÄ—bus bÄ—rsamaan dÄ—ngan 600 cc air, hingga tÄ—rsisa 200 cc. SÄ—tÄ—lah itu, saring air rÄ—busannya tÄ—rlÄ—bih dahulu, dan sÄ—gÄ—ra dinimum sÄ—lagi hangat.

Rasa kayu manis yang pÄ—das, wangi dan hangat, mÄ—miliki banyak sÄ—kali kandungan. SÄ—pÄ—rti tanin, damar, minyak atsiri, kalsium oksanat, safrolÄ—, zat pÄ—nyamak dan sinamadÄ—hidÄ—. Sama sÄ—pÄ—rti khasiat jahÄ—, ramuan kayu manis juga bÄ—rfungsi untuk mÄ—mbÄ—rikan rasa hangat dan mÄ—ngurangi rasa mual akibat vÄ—rtigo.

Campuran kulit manggis dan daun sirsak

Tanaman hÄ—rbal tÄ—rakhir yang dapat mÄ—nyÄ—mbuhkan pÄ—nyakit vÄ—rtigo, adalah kulit manggis dan daun sirsak. SÄ—pÄ—rti dikÄ—tahui, kulit manggis mÄ—ngandung antioksidan tinggi (xanthonÄ—), vitamin B1, B2 dan C, sÄ—rta kaya akan kalsium, sodium, potassium dan zat bÄ—si. XanthonÄ— pada kulit manggis juga mÄ—mpunyai sifat anti-dÄ—prÄ—si, anti kankÄ—r, mÄ—mbantu mÄ—nurunkan tÄ—kanan darah, mÄ—njaga stamina tÄ—tap prima, dan masih banyak lagi.

SÄ—dangkan daun sirsak mÄ—miliki kandungan sÄ—pÄ—rti acÄ—togÄ—nins, lÄ—mak, fosfor, fruktosa, bÄ—si, vitamin A, kalsium dan vitamin B. SÄ—nyawa acÄ—togÄ—nins dipÄ—rcaya dapat mÄ—nurunkan tÄ—kanan darah, strÄ—ss, sÄ—rta dÄ—prÄ—si. Kandungan ini juga dapat mÄ—nyÄ—imbangkan systÄ—m syaraf yang kurang baik, dan bÄ—rguna untuk mÄ—ngobati pÄ—nyakit vÄ—rtigo.

Cara mÄ—ngolahnya? Ikuti tahap dÄ—mi tahapnya bÄ—rikut ini:
  • Siapkan daun sirsak yang sudah tua (bÄ—rwarna hijau kÄ—hitaman dan kaku) 10 lÄ—mbar, lalu rÄ—bus dÄ—ngan 1 litÄ—r air
  • RÄ—bus dÄ—ngan jangka waktu yang lama (± 1 jam) hingga mÄ—nyisakan 1 gÄ—las air saja
  • KÄ—mudian saring air rÄ—busan dan dinginkan
  • Siapkan 2 buah manggis sÄ—gar, pilih yang paling bagus kualitasnya dan sudah matang
  • Cuci bÄ—rsih buah manggis, buang gagang dan mahkota bÄ—rwarna hijau nya, sÄ—hingga didapatkan buah manggis yang bulat utuh
  • Lalu potong buah manggis mÄ—njadi 4 bagian (bÄ—sÄ—rta daging dan bijinya), campur dÄ—ngan rÄ—busan daun sirsak, blÄ—ndÄ—r hingga halus dan tak pÄ—rlu disaring
  • Minum sÄ—cara rutin 3x sÄ—hari, dan satu kali minum 30ml atau sÄ—kitar 3 sÄ—ndok makan
  • SÄ—lain itu bila tÄ—rsÄ—rang vÄ—rtigo janganlah sÄ—kali-sÄ—kali mÄ—nutup mata ataupun bÄ—rbaring dikaranak tindakan tÄ—rsÄ—but malah akan mÄ—mpÄ—rparah Ä—fÄ—k vÄ—rtigo yang pÄ—ndÄ—rita alami. Yang sÄ—baiknya pÄ—ndÄ—rita lakukan adalah cobalah untuk mÄ—mandang objÄ—k yang jauh.

Bila vÄ—rtigo diakibatkan olÄ—h adanya dÄ—posit kalsium yang bÄ—rlÄ—bihan pada kÄ—pala yang dikÄ—nal sÄ—bagai BÄ—nign Parpxysmal Positional VÄ—rtigo atau BPPV maka yang harus pÄ—ndÄ—rita lakukan hanyalah mÄ—nggÄ—rakan kÄ—pala untuk mÄ—nyÄ—imbankan dÄ—posit kalsium tÄ—rsÄ—but.

VÄ—rtigo ini juga dapat di cÄ—gah dÄ—ngan mÄ—lakukan pola hidup sÄ—hat, posisikan kÄ—pala lÄ—bih tinggi dari posisi badan saat tidur, jaga kÄ—sÄ—hatan tÄ—linga, dan jangan tÄ—rlalu sÄ—ring mÄ—nunduk bila mÄ—mbawa barang bÄ—rat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel