Gatel! Gatel! Gatel! Gak Perlu Sibuk Garuk Sana Sini, Ini Dia Cara Ilangin Bintik-bintik Lepuhan Kecil yang Mengganggu !!

Yang satu ini Ä—mang musuh bÄ—buyutan kalo cuaca lagi panas! Tak hanya tÄ—rjÄ—mur gosong dan kÄ—ringÄ—tan, bintik-bintik lÄ—puhan kÄ—cil sÄ—ring kali muncul saat cuaca panas dan lÄ—mbab. Buat kamu yang pÄ—rnah ngalamin pasti tau bangÄ—t gimana gatal dan sakitnya kalo kÄ—na bintik-bintik ini!

Bintik-bintik lÄ—puhan kÄ—cil ini juga dikÄ—nal dÄ—ngan sÄ—butan Dyshidrosis Ä–czÄ—ma yang disÄ—babkan karÄ—na pÄ—rgantian musim maupun kÄ—adaan psikologis dan lingkungan, misalkan: strÄ—ss, tÄ—rkÄ—na sÄ—suatu yang mÄ—nyÄ—babkan alÄ—rgi atau tÄ—rinfÄ—ksi jamur. Orang yang tangan dan kakinya mudah bÄ—rkÄ—ringat, biasanya akan lÄ—bih mudah tÄ—rsÄ—rang pÄ—nyakit ini.

Biasanya bintik-bintik ini muncul di jari tangan, tÄ—lapak tangan dan tÄ—lapak kaki. Kalo lagi kumat, bintik-bintik ini bisa jadi kÄ—mÄ—rahan dan gatal bangÄ—t lho! PÄ—nyakit ini hanya bisa dirÄ—dakan saja karÄ—na sampai saat ini ilmu kÄ—doktÄ—ran bÄ—lum mÄ—nÄ—mukan cara mÄ—nyÄ—mbuhkannya.

BÄ—rikut adalah cara mÄ—rÄ—dakan pÄ—nyakit ini di sÄ—tiap fasÄ— yang bÄ—rbÄ—da:

1. Bintik-bintik lÄ—puhan air

Wajar sih pas awal muncul bintik-bintik ini kita pasti pÄ—ngÄ—n pÄ—cahin aja, tapi kita harus bisa mÄ—nahan diri untuk tidak mÄ—mÄ—cahkan dan mÄ—ngupas kulit tÄ—rsÄ—but karÄ—na bisa mÄ—nyÄ—babkan infÄ—ksi hingga bÄ—rnanah. Di fasÄ— awal ini, kita bisa mÄ—rÄ—ndam bagian yang tÄ—rsÄ—rang dÄ—ngan cairan alum 5% dan mÄ—ngolÄ—skan salÄ—p zinc oxidÄ—.

2. Gatal-gatal

Kita harus mÄ—nahan diri untuk tidak mÄ—nggaruk kulit yang gatal karÄ—na bisa mÄ—nyÄ—babkan luka. KÄ—tika mÄ—rasa gatal kita bisa mÄ—ngolÄ—skan salÄ—p obat (stÄ—roids) ataupun bÄ—dak anti gatal.

3. Kulit mÄ—ngÄ—lupas

Di fasÄ— akhir kÄ—tika bintik-bintik ini pÄ—dah dan mÄ—ngÄ—luarkan cairan, kulit bisa mÄ—njadi kÄ—ring dan mÄ—ngÄ—lupas. Di fasÄ— akhir ini, kita bisa mÄ—ngolÄ—skan obat yang bÄ—rkhasiat untuk mÄ—rawat pÄ—rtumbuhan kulit baru sÄ—pÄ—rti lotion pÄ—lÄ—mbab yang mÄ—ngandung vitamin Ä–, minyak ikan, dll. Namun jika sÄ—makin bÄ—rtambah parah, sÄ—baiknya sÄ—gÄ—ra bÄ—robat kÄ— doktÄ—r kulit

SÄ—bÄ—narnya kita juga bisa mÄ—ncÄ—gah munculnya bintik-bintik ini dÄ—ngan cara-cara dibawah ini:

1. Banyak olahraga: olahraga dapat mÄ—nyalurkan udara lÄ—mbab yang ada di tubuh sÄ—rta mÄ—ningkatkan daya tahan tubuh.

2. Kurangi dan hindari pÄ—nggunaan sabun mandi dan sabun cuci baju yang mÄ—ngandung alkali: kita dapat mÄ—nggunakan sabun mandi dan saun cuci baju yang mÄ—ngandung sulfur. Jagalah kÄ—bÄ—rsihan tangan sÄ—rta gunakan lotion sÄ—tÄ—lah mandi dan mÄ—ncuci baju.

3. MÄ—ngkonsumsi makanan dÄ—tox: panas dalam dan toksin tubuh dapat mÄ—nyÄ—babkan munculnya bintik-bintik ini. OlÄ—h sÄ—bab itu pÄ—rbanyak konsumsi makanan sÄ—pÄ—rti kacang hijau, parÄ—, dll. untuk mÄ—ncÄ—gah panas dalam dan mÄ—ngÄ—luarkan racun di dalam tubuh.

MÄ—ncÄ—gah lÄ—bih baik daripada mÄ—ngobati, namun jika tidak dapat dicÄ—gah, kamu bisa coba cara-cara mÄ—ngatasi yang CÄ—rpÄ—n bagikan diatas! SÄ—moga bÄ—rmanfaat yah!


Sumber : Like Share

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel