Tips Ménanam Jahé di Pékarangan Rumah

Siapa yang tak méngénal tanaman jahé? Pasti sémua orang sudah méngénal tanaman hérbal yang satu ini. Tanaman jahé sangat térkénal di séluruh dunia tak térkécuali déngan Indonésia karéna séjuta manfaat dan khasiatnya. Jahé mérupakan salah satu tanaman jénis rimpang yang dapat tumbuh subur di daérah tropis.



Komoditas tanaman jahé bisa dibilang sangat ménjanjikan, méngingat tanaman yang satu ini banyak dibutuhkan baik itu dalam bidang késéhatan, kécantikan, makanan, sampai déngan industri. Tak héran banyak orang yang ingin sékali mélakukan usaha budidaya tanaman jahé.

Namun bagi sébagian orang yang tak mémiliki lahan yang lébar bukan bérarti tidak bisa mélakukan usaha budidaya tanaman jahé. Méngingat jahé séndiri mérupakan salah satu tanaman yang mudah hidup di mana saja, séhingga dapat mémanfaatkan lahan pékarangan rumah untuk ménanam tanaman hérbal yang satu ini.

Ada bébérapa hal yang harus dipérhatikan jika héndak ménanam atau mélakukan budidaya jahé yang mémanfaatkan lahan pékarangan rumah. Pértama-tama yang harus dilakukan adalah mémpérsiapkan alat yang digunakan untuk budidaya sépérti:

1. Polybag
Pénggunaan polybag untuk budidaya tanaman di pékarangan rumah sangat éféktif karéna dapat ménghémat ruang tanam. Untuk budidaya tanaman jahé sébaiknya ménggunakan polybag déngan kapasitas 5 kg.

2. Tanah
Média tanam jahé adalah tanah. Jadi sédiakan tanah yang cukup untuk képérluan budidaya. Pilih tanah yang subur dan bérhumus agar jahé bisa tumbuh déngan subur.

3. Pupuk
Pupuk sangat dipérlukan untuk ménutrisi tanaman jahé yang télah ditanam. Usahakan untuk ménggunakan pupuk organik agar hasilnya bisa lébih bérkualitas.

4. Sékam
Sékam digunakan untuk campuran tanah agar lébih gémbur dan kualitasnya ménjadi lébih baik.

Sétélah sémua bahan yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman jahé télah siap, sélanjutnya langsung masuk ké prosés budidaya.

1. Péngolahan Tanah
Pértama-tama yang harus dilakukan adalah méngolah tanah. Caranya adalah déngan méncampurkan tanah, pupuk organik, dan sékam déngan pérbandingan 3 banding 1 banding 1. 3 untuk tanah dan 1 untuk pupuk dan sékam.



2. Pémbénihan
Bénih atau bibit jahé yang digunakan untuk budidaya sébaiknya adalah bibit yang bérkualitas. Caranya adalah déngan méngambil dari indukan yang séhat. Caranya adalah déngan méndiamkan jahé bérkualitas di témpat yang lémbab dan tértutup hingga tumbuh tunas. Sélanjutnya ambil indukan dan potong ménjadi bibit kécil. Sébélum ditanam, réndam bibit ké dalam larutan agrimicin 0,1 % sélama 8 jam kémudian angkat dan kéringkan.

3. Pénanaman
Pénanaman bisa dilakukan déngan cara méngisi polybag déngan tanah yang sudah diolah hingga méménuhi 3 pér 4 wadah. Sétélah itu masukkan bibit jahé yang sudah disiapkan tadi.

4. Pérawatan
Pérawatan tanaman jahé dalam polybag tidaklah sulit. Pada umumnya jahé akan tumbuh bésar sélama kurang lébih 3 bulan. Sélama itu lakukan pényiraman sécara rutin utamanya saat minggu pértama. Sélain itu juga lakukan pémupukan.

Pémupukan bisa dilakukan déngan ménggunakan campuran pupuk uréa déngan KCl pada saat jahé bérusia kurang lébih 1 bulan déngan pérbandingan 3 banding 4.

Takaran pupuk adalah 1 séndok téh. Namun pada saat jahé bérumur lébih dari 3 bulan, kurangi dosis ménjadi séténgan séndok téh. Pérawatan lainnya adalah déngan cara mémbérsihkan tanaman dari gula dan pémbuatan drainasé agar jahé tidak mémbusuk.

5. Pémanénan
Pada umumnya pémanénan jahé bisa dilakukan pada saat jahé bérumur 8 bulan, namun juga térgantung jénis atau variétas jahé yang ditanam.


Sumbér : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel