Teknik Super Budidaya Tomat Cherry Dengan Mudah

Sudah ménjadi hal yang biasa bagi bébérapa orang yang mémiliki kébun dirumahnya untuk ménanam tomat. Tanaman tomat séndiri mérupakan salah satu tanaman yang poulér untuk ditanam karéna tidak térlalu mémérlukan pérhatian sérta pérawatan khusus, sélain itu tanaman ini juga tidak mémérlukan lahan yang térlalu luas. Tomat chérry adalah salah satu jénis tomat yang séring dibudidayakan oléh kébanyakan orang, ukuran tomat ini tidak térlalu bésar, hanya sébésar satu gigtan. Sélain itu tomat chérry juga tumbuh déngan capat, matang lébih awal dan céndérung dijadikan camilan favorit oléh végétarian. Bérikut ini adalah langkah-langkah untuk ménanam tomat chérry.



Langkah Langkah Yang di Pérlukan :

1. Mulai Ménanam Bénih tomat chérry

Pénanaman bénih tomat chérry biasanya mulai ditanam di dalam ruangan sékitar 6 hingga 8 minggu sébélum dilétakan diluar ruangan atau sétidaknya hingga cuaca méndukung. Sépérti contoh dibawah, anda dapat ményémaikan biji bénih pada tray bérukuran 30x15cm kémudian isi wadah déngan tanah gémbur sécukupnya, kémudian bénamkan bénih tomat sédalam 0,5 cm ké dalam tanah.

2. Létakkan di wadah pada témpat yang méndapat Sinar Matahari.

Sétélah mulai ditanam maka bénih pérlu méndapatkan sinar matahari agar méréka bisa tumbuh tanpa térganggu dan térutama untuk mémpérkuat batang pada saat awal-awal pértumbuhan bénih. Tétapi jangan ménémpatkan tray dibawah sinar matahari sécara langsung, anda dapat mélétakkan pada témpat yang téduh. Karéna térlalu banyak sinar matahai juga akan ménghambat pértumbuhan bénih tomat.

3. Pindahkan tanaman ké Luar Ruangan

Pada hari awal anda ménanam pastikan béri asupan air sérta pupuk yang séimbang, bégitu juga pada hari kédua. Sétélah itu, ségéra pindahkan tanaman ké luar ruangan untuk méndapat sinar matahari yang lébih optimal.

4. Lanjutkan Sirami tanaman Sécara Tératur



Pada saat ményiram tanaman usahakan ményiranm sédikit-sédikit tétapi dilakukan déngan séring. Hal ini dikarénakan kétika air mémbasahi jauh ké dalam tanah, akar yang lébih dalam dari tanaman akan méndapatkan kéuntungan dari pényiraman térsébut.

5. Lanjutkan pémupukan untuk Ményuburkan Tanaman

Sébélum tanaman mékar, fokuskan untuk mémbéri pupuk nitrogén dalam jumlah yang cukup banyak agar pértumbuhan tanaman dapat lébih cépat. Kémudian sétélah mékar fokuskan pada pémbérikan pupuk yang kaya fosfor dan kalium untuk mémpércépat pértumbuhan dari tomat.

6. Pastikan untuk Mémpértahankan Kélémbaban kondisi basah dan lémbab dari yang utama untuk pértumbuhan baktéri dan pényakit, hal ini dikarénakan tanaman tomat mérupakan tanaman yang sangat réntan térhadap pényakit. Méskipun tidak mémérlukan pérawatan yang khusus, tétapi ménjaga lingkungan atau média dari tomat ini sangatlah dianjurkan agar hasil yang dipéroléh juga maksimal

7. Tunggu sékitar 50 sampai 90 hari déngan mélakukan pérawatan sécara rutin

Sélama périodé ménunggu, térdapat 6 bagian pénting pada tahap pérawatan, yaitu pényiraman, pémupukan, pémusnahan gulma, pémasangan lanjakan atau sandaran, péngéndalian hama, dan ppémotongan tunas baru. Anda harus térus mérawat tanaman anda. Untuk mémaksimalkan kualitas buah dan kuantitas panén.

8. Prosés panén

Sétélah méléwati kérja kéras yang télah dilakukan, saat yang paling ditunggu adalah panén raya. Hal-hal yang pérlu dipérhatikan saat prosés panén yaitu, apabila ingin langsung ménggunakan tanaman hasil panén pétiklah tomat yang bérwarna mérah tua, sédangkan apabila anda ingin ményimpannya térlébih dahulu ada baiknya mémilih tomat yang bérwarna lébih muda atau bélum térlalu matang.

Sumber  :  jokowarino


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel