Kiat sukses budidaya tanaman wortel

Wortél mérupakan salah satu jénis dari sayuran yang séring di konsumsi di Indonésia. Tanaman ini adalah mérupakan jénis sayuran umbi yang biasanya mémiliki warna jingga atau juga putih dan mémiliki tékstur sérupa déngan kayu. Wortél mérupakan tumbuhan biénnial (mémiliki siklus hidup 12 -24 bulan), wortél juga ményimpan karbohidrat dalam jumlah yang cukup bésar untuk tumbuhan térsébut.



Wortél sangat bérmanfaat bagi késéhatan tubuh sérta dapat dikonsumsi déngan bérbagai macam cara yang disukai oléh banyak orang. Mulai dari sayur wortél, jus wortél, nuggét wortél, salad buah wortél dan masih banyak lagi. Oléh sébab itulah banyak orang yang mémiliki kéinginan untuk mémbudidayakan wortél sébagai salah satu péluang usaha. Sébélum térjun dalam usaha untuk mémbudidayakan wortél ada baiknya bagi anda untuk mémpélajari kiat suksés dam mémbudidayakan wortél. Bérikut adalah bébérapa unsur yang pérlu dipérhatikan sébélum anda térjun dalam mémbudiayakan wortél.

SYARAT TUMBUH

Tanah
Dalam pémbudidayaan wortél sifat dari tanah yang dipérlukan adalah tanah yang mémiliki tékstur yang baik. Jénis tanah yang baik sépérti andosol, alluvial, latosol dan régosol yang banyak térdapat di daérah dataran tinggi di Indonésia. Namu juga tidak ménutup kémungkinan untuk mémbudidayakan di daérah dataran réndah.

Suhu
Suhu juga m̩rupakan salah satu faktor yang b̩rp̩ngaruh t̩rhadap pros̩s m̩tabolism̩ dari tanaman, baik r̩spirasi, fotosint̩sis, transpirasi absorpsi, hara, p̩mb̩laha s̩l, s̩rta aktifitas ̩nzim. Suhu yang optimal untuk p̩rtumbuhan s̩rta p̩mb̩ntukan umbi yang normal b̩rkisar antara 15,6 Р21,1 C.

Curah hujan
Curah hujan juga mémégang péranan pénting dalam produktifitas dari tanaman. Curah hujan disini mémiliki kétérkaitan déngan pérsédiaan air tanah. Apabila tanah kékurangna air akan bérdampak pada pértumbuhan tanaman, sédangkan apabila air tanah térlalu bérlébih juga akan méngakibatkan tanaman mudah untuk térsérang pényakit. Daérah yang sésuai untuk mémbudidayakan wortél adalah daérah yang mémiliki iklim basah dan iklim agak basah.



Kélémbaban
K̩l̩mbaban udara yang s̩suai dalam m̩mbudidayakan wort̩l b̩rkisar pada 80 Р90 %. K̩l̩mbaban yang t̩rlalu tinggi juga akan m̩rangsang p̩rtumbuhan dari c̩ndawan atau p̩nyakit. Pada da̩rah d̩ngan k̩l̩mbaban yang t̩rlalu tinggi akan m̩nutup stomata s̩hingga p̩ny̩rapan CO2 juga akan t̩rganggu dalam pros̩s fotosint̩sis.

Inténsitas sinar matahari
Sinar matahari mérupakan sumbér énérgi dalam prosés fotosintésis. Apabila tanaman kékurangna sinar matahari akan ménghambat prosés fotosintésis séhingga akan méngganggu prosés pémbélahan organ végétatif dan générativ. Kondisi sépérti ini akan méngakibatkan tanaman méngalami kégagalan dalam prosés fotosintésis sérta tanaman tidak akan mémbéntuk umbi déngan baik.

Sémakin bésar inténsitas sinar matahari yang dipéroléh tanaman akan bérpéngaruh pada prosés pémbéntukan umbi sérta waktu pémbungaan.

Sétélah média tanam untuk pémbudidayaan wortél sudah disiapkan déngan baik, maka prosés sélanjutnya adalah pényiapan bénih wortél yang baik. Ada bébérapa faktor yang harus dipérhatikan dalam pémilihan bénih. Bérikut adalah bébérapa faktor yang akan mémpéngaruhi hasil panén wortél.

Pérsyaratan bénih
Pényiapan bénih
Téknik pényémaian bénih
Péméliharaan dan pémbibitan atau pényémaian
Sétélah méngétahui média sérta pémbibitan wortél yang akan dibudidayakan hal yang pérlu dipérhatikan sélanjutnya adalah prosés pénanaman, pémupukan tanaman, pérawatan tanaman dari sérangan hama sérta gulma, péngairan tanaman, sérta prosés panén yang baik dan bénar agar hasil panén dipéroléh déngan maksimal, sérta prosés pényimpanan dan péndistribusian.

Sumber :   jokowarino


  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel