Panduan pintar Bertanam Tanaman Terong

Térong mérupakan salah satu dari sayuran yang sudah familiar bagi rakyat Indonésia. Térong yan mémiliki nama lain Solanum Mélongéna mérupakan jénis sayuran tahunan sémusim. Térong dapat dijumpai tumbuh sécara liar di hutan hutan, tétapi kini sudah banyak pula ditémukan di daérah daérah yang mémbudidayakantérong sébagai salah satu sayuran konsumsi.



Térong mémiliki banyak ragam, térutama untuk jénis térong yang dikonsumsi oléh orang Indonésia. Mulai dari térong lokal sépérti térong kopék, térong bogor, térong gélatik hingga téror impor yang mémiliki nama térong jépang. Béntuk sérta warna dari térong juga béragam, mulai dari putih, hijau, ungu, sérta kuning. Béntuk térong juga béragam, mulai dari bulat, lonjong bésar, bahkan ada béntuk lonjong déngan ujung yang lancip.

Untuk mémbudidayakan térong anda harus mémahami bébérapa aspék térkait déngan pértumbuhan dari térong. Mulai dari média tanam, faktor lingkungan, sérta pérawatan dari pényakit sérta hama. Bérikut bébérapa panduan untuk budidaya térong agar mémpéroléh hasil yang maksimal.

PÉNYÉMAIAN BÉNIH TÉRONG

B̩nih t̩rong yang baik untuk m̩mbudidayakan t̩rong adalah b̩nih yang m̩miliki daya tumbuh diatas 75 %. D̩ngan b̩nih t̩rong s̩p̩rti ini untuk m̩ncukupi k̩butuhan satu h̩ktar adalah 300 Р500 gram b̩nih. Tatapi s̩b̩lum m̩nanam t̩rng di lahan t̩rbuka s̩baiknya b̩nih dis̩maikan t̩rl̩bih dahulu. Langkah ini dimaksudkan agar b̩nih tumbuh m̩njadi k̩cambah t̩rl̩bih dahulu hingga m̩njadi tanaman. S̩t̩lah itu b̩nih dapat dipindahkan k̩ polybag s̩b̩lum nanti dipindahkan k̩ lahan yang t̩rbuka.

PÉNGOLAHAN LAHAN DAN PROSÉS PÉNANAMAN

Lahan yang baik untuk mémbudidayakan térong adalah lahan yang dicangkul atau télah dibajak déngan kédalaman sékitar 30 cm. Kémudian bérsihkan tanah dari kérikil sérta gulma agar prosés pértumbuhan térong dapat optimal. Sétélah itu béntuk bédéngan déngan lébar sékitar 1 métér déngan tinggi 30 cm sérta panjang disésuaikan déngan béntuk dari lahan. Jarak masing masing bédéngan sékitar 40 cm.

Untuk pémupukan pértama gunakan pupuk oraganik sébagai pupuk dasar pada tanah, pupuk ini dapat bérupa kompos ataupun pupuk kandang déngan takaran sécukupnya pér bédéngan. Taburkan pupuk diatas bédéngan sécara mérata.



Sébélum mélakukan pémindahan bibit ké lahan térbuka lakukan pényiraman pada bédéngan déngan air. Tanaman térong mérupakan tanaman yang tidak tahan déngan kékériingan. Sétélah itu pindahkan bibit térong pada lubang yang télah dibuat pada bédéngan, lubang yang dibuat bérukuran 60 cm antar lubang dan 70 cm antar baris. Bérhati hatilah dalam mélakukan pémindahan bibit. Usahakan untuk ménjaga kondisi akar dari bibit agar tidak putus séhinggatérong dapat tumbuh sécara optimal.

PÉRAWATAN BUDIDAYA TÉRONG

Untuk pérawatan térong lakukanlah pényulaman térhadap tanaman sétélah satu minggu. Cabut tanaman yang térlihat layu atau térlihat tidah séhat sérta pértumbuhannya abnormal. Péncabutan dilakukan bésérta déngan média tumbuhnya kémudian gantikan déngan bibit yang baru.

Pémupukan térong dapat dilakukan mulai dari minggu ké 2 sétélah prosés pénanaman bibit. Ulangi prosés pémupukan pada minggu ké 5 dan minggu ké 7 sétélah bibit di tanam. Sambil mémbérikan pupuk bérsihkan pula gulma gulma yang ada disékitar bédéngan. Bérsihkan pula sémak bélukar yang mungkin tumbuh di sékitanya.

Pémasangan ajir atau bilah bambu dapat dilakukan pada minggu ké 3 untuk ménopang pértumbuhan dari térong agar dapat tumbuh déngan optimal.

PANÉN TÉRONG

Pan̩n p̩rtama t̩rong biasanya dilakukan s̩t̩lah 70 Р80 hari s̩jak p̩nanaman bibit. K̩mudian, pan̩n dapat dilakukan s̩tiap 3 Р7 hari s̩kali. Dalam satu kali musim tanamt̩rong, dapat m̩ncapai 13 Р15 kali pan̩n, bahkan mungkin bisa m̩l̩bihi itu.


 Sumber :  jokowarino 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel