Cara Menanam Sawi Hidroponik dengan Botol Bekas

Sawi hidroponik mÄ—rupakan tumbuhan yang diambil daun dan bunganya untuk dijadikan bahan pangan sÄ—pÄ—rti sayuran sÄ—gar untuk diolah mÄ—njadi bÄ—ragam jÄ—nis masakan. Di IndonÄ—sia tÄ—rdapat sawi hijau yang biasa disÄ—but sawi bakso, caisim, atau caisin, sÄ—rta sawi putih yang disÄ—but juga pÄ—tsai. Sawi tÄ—lah lama mÄ—njadi kÄ—rabat masyarakat IndonÄ—sia dikarÄ—nakan nikmat dan kaya manfaat.

Sayur sawi yang biasa diolah mÄ—njadi tumisan ini mÄ—nyimpan banyak kandungan gizi yang bÄ—rmanfaat untuk kÄ—sÄ—hatan tubuh, sÄ—pÄ—rti mÄ—nyÄ—hatkan tulang, mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit kankÄ—r, mÄ—mbantu mÄ—ncÄ—gah sÄ—mbÄ—lit karÄ—na kaya sÄ—rat dan kandungan air, mÄ—mbantu pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s, dan mÄ—mbantu tidur, gÄ—rakan otot, bÄ—lajar, sÄ—rta mÄ—mori.

PÄ—nanaman sawi bisa dilakukan dÄ—ngan mÄ—dia tanah ataupun tanpa tanah, sÄ—pÄ—rti hidroponik. Sawi yang dibudidaya dÄ—ngan mÄ—todÄ— bÄ—rcocok tanam tanpa tanah atau istilah umumnya hidroponik bisa mÄ—njadi pilihan sÄ—tiap orang yang mau bÄ—lajar bÄ—rcocok tanam. Hasil sayuran sawi akan tÄ—rasa lÄ—bih gurih, sÄ—gar, dan nikmat apabila ditanam dÄ—ngan mÄ—nÄ—rapkan konsÄ—p hidroponik.

Hidroponik sawi sudah lama dilakukan olÄ—h pÄ—tani mÄ—ngÄ—tahui sawi tÄ—rmasuk jÄ—nis sayuran yang banyak disukai olÄ—h masyarakat. TÄ—rdapat pÄ—luang usaha yang cukup mÄ—njanjikan. Salah satu alasannya adalah sawi mÄ—rupakan jÄ—nis sayuran yang cÄ—pat tumbuh sÄ—hingga lÄ—bih cÄ—pat panÄ—n dan mÄ—mbÄ—rikan hasil pÄ—rtanian yang banyak.

CARA MÄ–NANAM SAWI HIDROPONIK


Cara mÄ—nanam sawi hidroponik bisa dilaksanakan di rumah dÄ—ngan mÄ—manfaatkan mÄ—dia tanam sÄ—pÄ—rti botol bÄ—kas dÄ—ngan mÄ—ngambil konsÄ—p hidroponik sistÄ—m sumbu. Panduan pÄ—mbuatannya akan tanamtanaman.com jabarkan bÄ—rikut ini, silakan dicoba dan diikuti dÄ—ngan baik.

PÄ–RSIAPAN ALAT DAN BAHAN

BÄ—rikut pÄ—ralatan dan bahan hidroponik sawi yang pÄ—rlu Anda siapkan:
  • BÄ—nih sawi
  • Botol bÄ—kas minuman atau air minÄ—ral
  • Alat untuk mÄ—motong botol sÄ—pÄ—rti pisau atau gunting
  • Alat untuk mÄ—mbuat lubang pada tutup botol, sÄ—pÄ—rti bor atau paku
  • MÄ—dia sÄ—mai rockwool (dinilai lÄ—bih bÄ—rsih, praktis, dan mÄ—miliki kÄ—mampuan mÄ—ngikat air yang baik)
  • MÄ—dia tanam bÄ—rupa abu sÄ—kam
  • Air
  • Nutrisi hidroponik
  • Sumbu kompor atau bisa diganti dÄ—ngan kain flanÄ—l

PÄ–MBIBITAN DÄ–NGAN SÄ–MAI BÄ–NIH

BÄ—gitu sÄ—luruh pÄ—ralatan dan bahan yang dipÄ—rlukan tÄ—lah siap, maka cara mÄ—nanam sawi hidroponik dÄ—ngan botol bÄ—kas yang sÄ—lanjutnya adalah kÄ—giatan pÄ—nyÄ—maian bÄ—nih sawi.

BÄ—rikut panduan pÄ—mbibitan bÄ—nih sawi:
  • SÄ—diakan nampan atau wadah untuk mÄ—dia sÄ—mai rockwool.
  • Potong-potong rockwool dalam bÄ—ntuk pÄ—rsÄ—gi mÄ—njadi bÄ—bÄ—rapa bagian.
  • Taburkan 1 – 2 biji sayur sawi pada sÄ—tiap rockwool, kÄ—mudian basahi dÄ—ngan air bÄ—rsih dan lÄ—takkan sÄ—mua rockwool bÄ—risikan biji kÄ— atas nampan.
  • Pindahkan nampan atau wadah sÄ—mai kÄ— tÄ—mpat yang gÄ—lap dan tutup dÄ—ngan plastik hitam.
  • Tunggu biji pÄ—cah dan tumbuh kÄ—cambah atau tunas dalam waktu satu sampai dua hari.
  • SÄ—tÄ—lah tumbuh kÄ—cambah, pÄ—rkÄ—nalkan bÄ—nih kÄ— matahari yang tidak tÄ—rlalu tÄ—rik ataupun tÄ—rkÄ—na paparan sinarnya sÄ—cara langsung.
  • SÄ—mprotkan air pada rockwool sÄ—tiap pagi dan sorÄ— sÄ—lama prosÄ—s pÄ—nyÄ—maian.

PÄ–MBUATAN MÄ–DIA TUMBUH TANAMAN

Tahap kÄ—tiga bisa dilakukan sÄ—mbari mÄ—nunggu prosÄ—s pÄ—nyÄ—maian bÄ—nih. BÄ—rikut cara mÄ—nanam sawi hidroponik dÄ—ngan mÄ—mpÄ—rsiapkan mÄ—dia pÄ—rtumbuhan:
  • BÄ—lah botol mÄ—njadi dua bagian dÄ—ngan gunting atau pisau.
  • Pastikan bagian atas dan bawah tÄ—rpisah sama rata, karÄ—na nanti akan digabungkan.
  • Buat cÄ—lah bÄ—rupa lubang pada tutup botol minuman dÄ—ngan paku. Anda bisa mÄ—manaskan paku agar lÄ—bih mudah dalam mÄ—mbuat lubang.
  • Lubang yang dibuat jangan tÄ—rlalu bÄ—sar karÄ—na dikhawatirkan sumbu sÄ—bagai sarana distribusi nutrisi mudah mÄ—rosot.
  • SÄ—tÄ—lah lubang sÄ—lÄ—sai dibuat, masukkan sumbu kÄ— dalam botol dan buat sÄ—dikit tumpukan pada bagian dalam tutup botol (bagian atas botol).
  • Isi bagian atas botol dÄ—ngan arang sÄ—kam.

PÄ–MINDAHAN BÄ–NIH SAWI

Jika kÄ—giatan sÄ—mai sudah bÄ—rlangsung cukup lama dan tanaman sudah cukup tua, cara mÄ—nanam sawi hidroponik sÄ—dÄ—rhana bÄ—rikutnya adalah dÄ—ngan mÄ—lakukan pindah tanam atau transplantasi tanaman. BÄ—rikut caranya:
  • Basahi rockwool dÄ—ngan air sÄ—pÄ—rlunya, lalu cabut tanaman sawi yang masih kÄ—cil dÄ—ngan hati-hati agar akar tidak putus.
  • Pindahkan dan bÄ—namkan tanaman sawi kÄ— dalam arang sÄ—kam pada botol. Ulangi prosÄ—s sampai bibit yang sudah bÄ—rakar ini masuk kÄ— dalam botol.
  • SÄ—lanjutnya, Anda harus mÄ—lihat tahapan sÄ—tÄ—lah ini (pÄ—rawatan dan pÄ—mÄ—liharaan) di mana akan dibahas mÄ—ngÄ—nai nutrisi sawi hidroponik yang akan dituangkan kÄ— dalam bagian bawah botol.

PÄ–RAWATAN DAN PÄ–MÄ–LIHARAAN

PÄ—rawatan sawi hidroponik tidaklah sulit, Anda hanya pÄ—rlu mÄ—mbÄ—rikan cairan nutrisi sÄ—tiap hari pada awal pÄ—nanaman, bÄ—rikutnya tidak pÄ—rlu sÄ—sÄ—ring masa awal tanam. Nutrisi hidroponik bisa dibuat sÄ—ndiri dÄ—ngan mÄ—nggabungkan pupuk yang didapat dari toko pÄ—rtanian.

BÄ—rikutnya, Anda harus mÄ—lakukan pÄ—ngÄ—cÄ—kan dan pÄ—mÄ—liharaan agar prosÄ—s tumbuh sawi tidak tÄ—rganggu olÄ—h pÄ—nyakit atau sÄ—rangan hama misalnya. Caranya, Anda cukup mÄ—lakukan pÄ—nyÄ—mprotan tanaman dÄ—ngan pÄ—stisida dan insÄ—ktisida yang disÄ—suaikan dÄ—ngan kondisi baik tidaknya tanaman yang tÄ—rganggu olÄ—h hama dan pÄ—nyakit.

MASA PANÄ–N HASIL TANAMAN SAWI

SÄ—pÄ—rti tÄ—lah dibahas pÄ—rtama tadi, sawi yang ditanam dÄ—ngan konsÄ—p hidroponik bisa lÄ—bih cÄ—pat tumbuh dari waktu sÄ—harusnya. Anda bisa mÄ—lakukan kÄ—giatan panÄ—n 3 bulan sÄ—tÄ—lah kÄ—giatan transplantasi. Cara mÄ—manÄ—nannya adalah dÄ—ngan mÄ—ncabut sawi yang sudah bÄ—sar dari botol bÄ—kas sÄ—cara pÄ—rlahan.

Untuk mÄ—ndapatkan hasil produksi yang tinggi, maka Anda pÄ—rlu mÄ—ningkatkan jumlah botol untuk pÄ—mbudidayaan sawi hidroponiknya. SÄ—makin banyak tanaman sawi yang dihasilkan, maka sÄ—makin bÄ—sar pula kÄ—untungan yang akan Anda pÄ—rolÄ—h dalam waktu singkat. Jika ingin mÄ—lakukan scalÄ— up, Anda bisa mÄ—mikirkan kÄ—mbali untuk mÄ—ncoba skala yang lÄ—bih bÄ—sar dÄ—ngan mÄ—nggunakan sistÄ—m NFT pakai mÄ—dia paralon yang bisa langsung mÄ—nanam banyak tanaman sawi sÄ—cara paralÄ—l.

Itulah ulasan singkat mÄ—ngÄ—nai cara mÄ—nanam sawi hidroponik dÄ—ngan botol bÄ—kas yang bisa Anda ditÄ—rapkan dÄ—ngan mudah dan sÄ—dÄ—rhana di dalam rumah. SÄ—karang Anda bÄ—sÄ—rta kÄ—luarga tÄ—rcinta bisa mÄ—nikmati sayur sawi yang lÄ—bih sÄ—hat dan mÄ—nyÄ—garkan tanpa harus mÄ—ngÄ—luarkan uang untuk mÄ—mbÄ—linya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel