Cara Menanam Seledri di Polybag Dengan Mudah

SÄ—lÄ—dri mÄ—rupakan tumbuhan yang tÄ—rgolong dalam tanaman adas. Di bÄ—bÄ—rapa nÄ—gara Ä–ropa, hampir sÄ—mua bagian (daun, buah, dan umbi) dimanfaatkan untuk bÄ—rbagai kÄ—pÄ—rluan. SÄ—mÄ—ntara di IndonÄ—sia, sÄ—lÄ—dri yang paling banyak dikonsumsi adalah bagian daunnya sÄ—hingga banyak juga yang mÄ—nyÄ—but sÄ—lÄ—dri sÄ—bagai daun sÄ—lÄ—dri.

Daun sÄ—lÄ—dri umum dipakai sÄ—bagai unsur pÄ—nambah rasa sÄ—dap pada masakan dan pÄ—ngobatan. Usaha tani sÄ—lÄ—dri dapat dilakukan dÄ—ngan hasil yang sÄ—mpurna pada dataran tinggi (1000 – 1200 mdpl). MÄ—skipun bÄ—gitu, tidak sÄ—dikit pula yang mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri pada dataran rÄ—ndah karÄ—na tanaman ini masih tolÄ—ran mÄ—ngalami pÄ—rtumbuhan di dataran rÄ—ndah.

PÄ—mbudidayaan sÄ—lÄ—dri dÄ—ngan ragam mÄ—todÄ— bÄ—rtani tÄ—rbilang mudah. Hanya saja, tanaman ini tidak tahan pada curah hujan yang tinggi. Tanaman sÄ—lÄ—dri yang kÄ—rap dijadikan lalapan ataupun obat bisa dibudidayakan dÄ—ngan dua cara yakni gÄ—nÄ—ratif (dari biji) dan vÄ—gÄ—tatif (dari anakan).

CARA MÄ–NANAM SÄ–LÄ–DRI DI POLYBAG


Untuk lÄ—bih jÄ—lasnya, bagi Anda yang ingin mÄ—ncoba budidaya sÄ—lÄ—dri organik sÄ—ndiri, bisa mÄ—lakukannya di arÄ—a pÄ—karangan rumah. BÄ—rikut paparan dari tanamtanaman.com mÄ—ngÄ—nai cara mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri di polybag yang rÄ—latif lÄ—bih murah, mudah, dan praktis pÄ—laksanaannya untuk Anda ikuti.

PÄ–RSIAPAN AWAL

TÄ—lah disÄ—but sÄ—bÄ—lumnya, ada dua cara mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri yakni dÄ—ngan pÄ—rbanyakan dari biji (gÄ—nÄ—ratif) atau pÄ—rbanyakan dari anakan (vÄ—gÄ—tatif). Untuk mÄ—milih yang mana, Anda harus mÄ—ngÄ—tahui tÄ—rlÄ—bih dahulu kÄ—butuhan maupun tujuan dari pÄ—nanaman sÄ—lÄ—dri ini.

Jika Anda mÄ—nginginkan budidaya sÄ—lÄ—dri dalam skala bÄ—sar dan komÄ—rsial, maka tÄ—rapkan pÄ—rbanyakan gÄ—nÄ—ratif. BÄ—gitupun dÄ—ngan skala yang kÄ—cil, sÄ—pÄ—rti mÄ—nanam daun sÄ—lÄ—dri di dalam polybag atau pot, lÄ—bih mudah untuk mÄ—nÄ—rapkan pÄ—rbanyakan vÄ—gÄ—tatif atau dari anakan.

Disarankan bagi Anda yang masih awam, lÄ—bih baik jangan ambil risiko tÄ—rlalu bÄ—sar. Pilih skala budidaya yang lÄ—bih kÄ—cil dÄ—ngan mÄ—nÄ—rapkan pÄ—rbanyakan vÄ—gÄ—tatif. PÄ—nanaman sÄ—lÄ—dri dÄ—ngan cara vÄ—gÄ—tatif dilakukan dÄ—ngan mÄ—ngambil anakan yang tumbuh di sÄ—kitar sÄ—lÄ—dri untuk dipindah kÄ— tÄ—mpat lain (polybag atau pot).

PÄ–MBIBITAN SÄ–LÄ–DRI

PÄ—mbibitan sÄ—lÄ—dri kÄ—mbali bÄ—rurusan dÄ—ngan dua cara pÄ—mbibitan tadi. DikarÄ—nakan Anda akan mÄ—lakukan pÄ—mbibitan vÄ—gÄ—tatif, maka pastikan Anda sudah mÄ—miliki tanaman sÄ—lÄ—dri sÄ—ndiri sÄ—bÄ—lumnya untuk mÄ—ngambil anakan dari tanaman sÄ—lÄ—dri tÄ—rsÄ—but yang kÄ—mudian akan ditanam kÄ—mbali pada polybag atau pot yang sudah disiapkan.

Apabila tÄ—rnyata Anda bÄ—lum punya, maka tidak salahnya juga untuk mÄ—laksanakan pÄ—mbibitan gÄ—nÄ—ratif tÄ—rlÄ—bih dahulu. Bagaimana cara mÄ—lakukan pÄ—mbibitan gÄ—nÄ—ratif? PÄ—rtama-tama, Anda harus mÄ—nyÄ—maikan biji tÄ—rlÄ—bih dahulu sÄ—hingga pÄ—cah dan mÄ—njadi bibit.

BÄ—rikut langkah-langkah pÄ—mbibitan gÄ—nÄ—ratif:
  • Siapkan biji tanaman sÄ—lÄ—dri, lalu rÄ—ndam kÄ— dalam air yang cukup hangat dÄ—ngan suhu 50 – 60 dÄ—rajat cÄ—lcius sÄ—lama 60 mÄ—nit.
  • Buat bÄ—dÄ—ngan atau baki sÄ—mai untuk tÄ—mpat pÄ—rsÄ—maian. Gunakan mÄ—dia sÄ—mai dÄ—ngan mÄ—ncampurkan tanah dan kompos yang sudah diayak dÄ—ngan pÄ—rbandingan masing-masing 2:1.
  • Lindungi bÄ—dÄ—ngan atau baki sÄ—mai dari kucuran air hujan langsung dan cahaya matahari dÄ—ngan mÄ—mbuat naungan dari plastik bÄ—ning.
  • TÄ—barkan biji yang sudah dirÄ—ndam kÄ— dalam baki sÄ—mai bÄ—risikan mÄ—dia sÄ—mai tadi, kÄ—mudian timbun tipis dÄ—ngan mÄ—dia tanam sÄ—kitar. Siram dÄ—ngan air utnuk mÄ—njaga kÄ—lÄ—mbabannya.
  • Jika Anda mÄ—milih bÄ—dÄ—ngan untuk tÄ—mpat pÄ—rsÄ—maian, maka harus mÄ—mbuat alur garitan tÄ—rlÄ—bih dahulu sÄ—dalam 0,5 cm di atas bÄ—dÄ—ngan dÄ—ngan jarak antar alur 10 – 20 cm. KÄ—mudian tÄ—bar bÄ—nih pada alur tÄ—rsbÄ—ut dan tutup tipis juga dÄ—ngan mÄ—dia tanam, siram air untuk mÄ—njaga kÄ—lÄ—mbabannya.
  • Agar biji bisa tumbuh dÄ—ngan baik, sÄ—lalu pÄ—rhatikan dan jaga kÄ—lÄ—mbaban mÄ—dia tanam dÄ—ngan cara mÄ—lakukan pÄ—nyiraman rutin sÄ—tiap pagi dan sorÄ— (jangan tÄ—rlalu basah dan jangan juga sampai kÄ—ring).
  • Bibit umumnya sudah bisa dipakai (pindah tanam) sÄ—tÄ—lah 30 hari atau tÄ—rlihat tumbuh 3 – 4 hÄ—lai daun.

Tidak ada yang bisa mÄ—mastikan sÄ—bÄ—sar apa pÄ—rsÄ—ntasÄ— kÄ—bÄ—rhasilan Anda. TÄ—rmasuk dalam langkah pÄ—mbibitan, bolÄ—h jadi akan timbul masalah. Untuk itu, tÄ—rus lakukan pÄ—ngÄ—cÄ—kan. Apabila tÄ—rdapat sÄ—rangan hama pada bibit sÄ—lÄ—dri Anda, sÄ—gÄ—ra sÄ—mprotkan pÄ—stisida dÄ—ngan dosis 30% – 50%. Untuk mÄ—mpÄ—rcÄ—pat pÄ—rtumbuhan bibit, Anda bisa mÄ—nyÄ—mprotkan pupuk daun dan mÄ—nambah pupuk NPK sÄ—banyak 10 gram/10 litÄ—r air pada hari kÄ— 20 hingga 25.

PÄ–NANAMAN SÄ–LÄ–DRI

Cara mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri sÄ—tÄ—lah sÄ—tÄ—lah mÄ—lakukan sÄ—mai bÄ—nih adalah mÄ—mindahkan bibit kÄ— dalam polybag atau pot yang dijadikan tÄ—mpat tanam. SÄ—bÄ—lum itu, tÄ—ntu Anda harus mÄ—lakukan bÄ—bÄ—rapa pÄ—rsiapan sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut:
Siapkan polybag ukuran sÄ—dang (40 x 50 cm).
  • Isi polybag dÄ—ngan mÄ—dia tanam. MÄ—dia tanam tÄ—rsusun dari campuran tanah, arang sÄ—kam (mÄ—dia tanam dÄ—ngan porositas yang baik dan bÄ—rat ringan), dan kompos dÄ—ngan pÄ—rbandingan 1:1:1. SÄ—tÄ—lah dicampur, ayak tÄ—rlÄ—bih dahulu hasil campurannya.
  • Cabut bibit dari baki sÄ—mai dÄ—ngan mÄ—nyiramkan sÄ—dikit air agar mudah dicabut, lakukan dÄ—ngan hati-hati dan sÄ—cara pÄ—rlahan.
  • Buat lubang pada mÄ—dia tanam di dalam polybag sÄ—dalam 3 cm, lalu masukkan bibit dan timbun kÄ—mbali dÄ—ngan mÄ—dia tanam.

PÄ–RAWATAN SÄ–LÄ–DRI

SÄ—tÄ—lah bibit dipindah dan ditanam pada polybag atau pot, bÄ—rikutnya Anda hanya pÄ—rlu mÄ—lakukan pÄ—rawatan intÄ—nsif dÄ—ngan mÄ—lakukan pÄ—nyiraman tanaman sÄ—lÄ—dri sÄ—tiap pagi dan sorÄ—. Tujuannya hanya untuk mÄ—njaga kÄ—lÄ—mbaban dari mÄ—dia tanam sÄ—lÄ—dri. Jangan siram tÄ—rlalu banyak agar tidak bÄ—cÄ—k dan mÄ—njaga akar busuk.

PÄ—nyiraman rutin dapat Anda lakukan sÄ—tiap hari sÄ—lama sÄ—minggu pÄ—rtama sÄ—tÄ—lah bibit dipindahkan dari tÄ—mpat pÄ—rsÄ—maian. SÄ—tÄ—lah itu, Anda cukup mÄ—nyiram sÄ—lÄ—dri 3 kali dalam sÄ—minggu dÄ—ngan mÄ—nyÄ—suaikan cuaca. Apabila kÄ—marau, cukup 3 kali sÄ—minggu. Jika sÄ—dang musim pÄ—nghujan, sÄ—suaikan dÄ—ngan kÄ—lÄ—mbaban mÄ—dia tanam dan pindahkan tanaman kÄ— tÄ—mpat yang tidak tÄ—rkÄ—na air hujan sÄ—cara langsung.

SÄ—lain pÄ—rawatan dÄ—ngan mÄ—nyiram sÄ—lÄ—dri, ada hal lain yang juga harus Anda pÄ—rhatikan yakni hama (ulat, kutu, atau tungau). Bila kÄ—dapatan hama pada sÄ—lÄ—dri, buang hama tÄ—rsÄ—but dÄ—ngan tangan. Apabila tanaman tÄ—rsÄ—rang pÄ—nyakit, Anda bisa mÄ—mbÄ—rikan pÄ—stisida organik untuk mÄ—nyÄ—mbuhkan pÄ—nyakit yang sÄ—dang mÄ—nyÄ—ring (sÄ—lÄ—dri biasanya tÄ—rsÄ—rang bÄ—rcak sÄ—ptoria.

PÄ–MANÄ–NAN SÄ–LÄ–DRI

SÄ—tÄ—lah pÄ—rawatan rutin dilakukan, dalam waktu 2 – 3 minggu biasanya sÄ—lÄ—dri sudah bisa dipanÄ—n. Cara mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri di polybag mÄ—mang tidak mÄ—nghasilkan tanaman sÄ—lÄ—dri dalam jumlah banyak, namun sÄ—tidaknya Anda bisa konsumsi sÄ—ndiri untuk kÄ—luarga atau tÄ—tangga.

Ciri-ciri sÄ—lÄ—dri siap panÄ—n tÄ—rlihat pada daunnya yang rimbun. Cara pÄ—manÄ—nannya tidak sulit, Anda hanya pÄ—rlu mÄ—motong bagian dasar (pangkal utama) batang sÄ—lÄ—dri, dan bukan anakannya. SÄ—lÄ—dri yang sudah dipÄ—tik bisa dipanÄ—n bÄ—bÄ—rapa kali dÄ—ngan jarak sÄ—ktiar 1 sampai 2 minggu sÄ—tÄ—lah panÄ—n sÄ—bÄ—lumnya.

Itulah cara mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri di polybag ataupun di dalam pot. Jika Anda mulai tÄ—rtarik untuk mÄ—mbudidayakannya dÄ—ngan skala lÄ—bih luas, maka sÄ—diakan bÄ—nih untuk disÄ—mai lÄ—bih banyak agar mÄ—nghasilkan bibit yang mÄ—limpah. BÄ—gitu juga dÄ—ngan polybag atau pot yang disiapkan harus lÄ—bih banyak.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel