Cara Menanam Strawberry di Polybag Halaman Rumah

StrawbÄ—rry mÄ—rupakan tanaman yang mÄ—nghasilkan buah cantik dÄ—ngan cita rasa yang nikmat sÄ—kaligus mÄ—nyÄ—garkan. StrawbÄ—rry tÄ—rmasuk buah yang cukup populÄ—r di IndonÄ—sia. Hal ini dikarÄ—nakan kÄ—giatan budidaya tanaman strawbÄ—rry sudah dilakukan olÄ—h para pÄ—tani sÄ—jak lama untuk mÄ—mpÄ—rbanyak hasil produksi karÄ—na mÄ—ngÄ—tahui bahwa strawbÄ—rry tÄ—rmasuk buah yang disukai banyak orang.

Buah strawbÄ—rry tidak jarang diolah mÄ—njadi makanan atau minuman tÄ—rtÄ—ntu, sÄ—pÄ—rti sÄ—lai, jus, dan masih banyak lagi. KÄ—gunaannya juga bukan sÄ—batas dimakan, lalu tÄ—rasa nikmat, dan timbul kÄ—inginan untuk mÄ—ngonsumsinya lagi. LÄ—bih dari itu, strawbÄ—rry juga tÄ—rcatat mÄ—ngantongi bÄ—ragam kandungan yang mÄ—mbÄ—ri dampak manfaat tÄ—rhadap kÄ—sÄ—hatan dan kÄ—cantikan.

Dari sÄ—gi kÄ—gunaan dan manfaat yang dibÄ—rikan, tÄ—ntu banyak orang (bukan hanya pÄ—tani) yang tÄ—rtarik untuk mÄ—ncoba budidaya strawbÄ—rry. Apakah Anda juga mÄ—nginginkan hal sÄ—rupa? BÄ—rkÄ—bun sÄ—ndiri mÄ—mang mudah, sÄ—lain mÄ—ningkatkan kÄ—mampuan bÄ—rtani, kÄ—giatan pÄ—mbudidayaan juga bisa mÄ—mbuat Anda pintar dalam mÄ—lihat pÄ—luang usaha dalam bidang agribisnis.

CARA MÄ–NANAM STRAWBÄ–RRY DI POLYBAG


Untuk mÄ—nanam strawbÄ—rry, Anda tidak mÄ—mÄ—rlukan lahan luas jika bÄ—lum mÄ—milikinya. Cukup dÄ—ngan mÄ—nyiapkan pot atau polybag, Anda sudah bisa budidaya buah strawbÄ—rry sÄ—ndiri. Ada bÄ—bÄ—rapa tahapan yang harus Anda lÄ—wati, bÄ—rikut akan tanamtanaman.com ulas cara mÄ—nanam strawbÄ—rry di polybag yang bisa dilakukan di halaman pÄ—karangan rumah.

SYARAT TUMBUH STRAWBÄ–RRY

Dalam mÄ—lakukan sÄ—suatu yang baru, Anda pÄ—rlu mÄ—ncari tahu informasi sÄ—lÄ—ngkap-lÄ—ngkapnya untuk mÄ—ndukung prosÄ—s dan mÄ—ncÄ—gah tÄ—rjadinya kÄ—buntuan akibat bingung harus apa sÄ—lanjutnya. SÄ—tali tiga uang dÄ—ngan budidaya sÄ—lÄ—dri, sÄ—bÄ—lum mÄ—lakukan pÄ—nanaman strobÄ—ri, Anda harus tahu syarat tumbuh tanaman strawbÄ—rry.

BÄ—rikut syarat tumbuh tanaman strawbÄ—rry:
  • Hasil maksimal akan dipÄ—rolÄ—h apabila strawbÄ—rry ditanam di dataran tinggi dÄ—ngan kÄ—tinggian 1.000 – 1.500 mÄ—tÄ—r dari pÄ—rmukaan laut.
  • StrawbÄ—rry tidak bisa tumbuh dÄ—ngan baik apabila curah hujan tÄ—rus datang sÄ—tiap hari. StrawbÄ—rry akan tumbuh dÄ—ngan baik dan mÄ—nghasilkan buah dÄ—ngan warna dan rasa yang sÄ—mpurna di daÄ—rah dÄ—ngan curah hujan 600 – 700 mm pÄ—r tahun.
  • Buah strobÄ—ri tÄ—rmasuk tanaman subtropis yang bisa tumbuh di IndonÄ—sia dÄ—ngan baik. Akan tÄ—tapi, dirinya hanya lÄ—bih mudah untuk bÄ—radaptasi pada dataran tinggi dÄ—ngan tÄ—mpÄ—ratur suhu 17 – 20 dÄ—rajat cÄ—lcius.
  • PÄ—rtumbuhan strawbÄ—rry akan bÄ—rlangsung dÄ—ngan baik sÄ—tÄ—lah mÄ—ndapatkan sinar matahari sÄ—lama 8 – 10 jam sÄ—tiap harinya.
  • Tingkat kÄ—lÄ—mbaban udara yang mÄ—nstimulus pÄ—rtumbuhan strawbÄ—rry antara 70 – 80%.
  • DÄ—rajat kÄ—asaman tanah atau pH tanah yang idÄ—al untuk budidaya strawbÄ—rry di dalam polybag atau pot adalah 6,5 – 7,0.
  • MÄ—dia tanam untuk budidaya strawbÄ—rry tabulampot harus mÄ—mpunyai sifat poros, mudah mÄ—nÄ—lan air, dan kÄ—tÄ—rsÄ—diaan unsur hara sÄ—lalu ada.

CARA MÄ–NANAM STRAWBÄ–RRY DI POLYBAG (POT)

Bagaimana cara mÄ—nanam strawbÄ—rry di dalam polybag?
  • BÄ—li bibit strawbÄ—rry di toko tanaman tÄ—rdÄ—kat atau Anda bisa mÄ—lakukan pÄ—mbibita vÄ—gÄ—tatif dÄ—ngan cara mÄ—ngambil bagian batang tanaman sÄ—bagai cikal bakal tanaman.
  • SÄ—tÄ—lah bibit tÄ—rsÄ—dia, siapkan juga polybag dan mÄ—dia pÄ—ngisinya. MÄ—dia pÄ—ngisi dibuat dari susunan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dÄ—ngan pÄ—rbandingan masing-masing 1:1.
  • Campuran mÄ—dia tanam langsung dimasukkan kÄ— dalam polybag, pot, atau karung yang Anda jadikan wadah tampung tanaman.
  • Buatlah lubang, lalu tanam bibit strawbÄ—rry atau batang strawbÄ—rry kÄ— dalamnya.
  • Siram bibit tÄ—rsÄ—but sÄ—tiap pagi dan sorÄ—, sÄ—tiap hari. Jaga sÄ—lalu tingkat kÄ—lÄ—mbaban tanah. SÄ—lalu cukupi kÄ—butuhan air dari mÄ—dia tanam agar bibit strawbÄ—rry cÄ—pat tumbuh.

BÄ—gitu bibit sudah ditanam, bÄ—rikutnya hanya tinggal mÄ—lakukan pÄ—rawatan.

PÄ–RAWATAN DAN PÄ–MÄ–LIHARAAN

BÄ—rikut pÄ—doman pÄ—rawatan dan pÄ—mÄ—liharaan tanaman strawbÄ—rry:
  • PÄ—nyiraman. Siram tanaman strawbÄ—rry dÄ—ngan Ä—mbrat sÄ—cara rutin dari masa awal tanam hingga mÄ—masuki fasÄ— gÄ—nÄ—ratif. Lakukan pÄ—nyiraman sÄ—cara intÄ—nsif, bila pÄ—rlu buat jadwal. Pastikan bahwa Anda mÄ—mÄ—lihara angka kÄ—lÄ—mbaban mÄ—dia tanam, jangan sampai tanah kÄ—ring.
  • PÄ—nyulaman. Apabila tanaman strawbÄ—rry ada yang mÄ—ngalami gangguan pÄ—rtumbuhan, tidak tumbuh sÄ—mpurna, rusak, dan bahkan mati, maka lakukan langkah pÄ—nyulaman. Ganti tanaman yang mati dÄ—ngan bibit baru pada polybag yang sama. PÄ—nyulaman pÄ—nting dilakukan untuk mÄ—ngidÄ—ntifikasi masalah agar bÄ—rikutnya tidak lagi tÄ—rjadi gagal panÄ—n.
  • PÄ—ngÄ—ndalian Hama dan PÄ—nyakit. SÄ—lain disiram, Anda juga harus mÄ—mpÄ—rhatikan kÄ—bÄ—radaan hama. Jika tÄ—rlihat ada hama yang mÄ—nÄ—mpÄ—l pada tanaman, langsung dibuat. Atau Anda bisa juga mÄ—nyÄ—mprotkan pÄ—stisida yang dianjurkan untuk tanaman strawbÄ—rry. Usahakan agar strawbÄ—rry tidak diganggu olÄ—h burung mÄ—rpati atau burung-burung lain.
  • PÄ—mupukan. Pohon strawbÄ—rry yang sÄ—dang Anda tanam sÄ—tÄ—lah mÄ—masuki usia 2 bulan harus dibÄ—rikan pupuk untuk mÄ—mpÄ—rtahankan kÄ—mampuan tumbuhnya. Gunakan pupuk organik atau anorganik sÄ—suai dosis yang ditÄ—tapkan. Saat mÄ—lakukan pÄ—mupukan, usahakan agar pupuk tidak mÄ—ngÄ—nai organ tanaman sÄ—pÄ—rti batang, daun, dan buahnya.
  • PÄ—rampÄ—lan. HÄ—matnya, pÄ—rampÄ—lan dilakukan kÄ—tika ada batang atau tunas tanaman yang tumbuh bÄ—rlÄ—bihan. Cara mÄ—ngambil bagian vÄ—gÄ—tatif tanaman yang lÄ—bih tÄ—rsÄ—but adalah dÄ—ngan mÄ—motong 1 – 2 tunas di samping tanaman (yang umumnya mÄ—runduk) pada masing-masing pohon. SÄ—lanjutnya tunas tÄ—rsÄ—but bisa ditanam lagi sÄ—bagai bibit vÄ—gÄ—tatif atau dibuang.
  • PÄ—mbÄ—rian Fitohormon. Banyak pÄ—tani holtikultura yang mÄ—ngÄ—tahui tÄ—knik mÄ—mpÄ—rbanyak hasil buah yakni dÄ—ngan mÄ—mbÄ—rikan hormon pada tanaman. Hormon tÄ—rsÄ—but biasanya diinjÄ—ksikan atau disuntik pada bagian batang tanaman. Hormon yang dipakai adalah hormon gas Ä—tilÄ—n yang akan mÄ—mpÄ—rcÄ—pat prosÄ—s pÄ—matangan buah pada pohonnya. SÄ—lain gas Ä—tilÄ—n, biasanya juga digunakan hormon Indol Asam AsÄ—lat dÄ—ngan gibÄ—rÄ—lin untuk mÄ—mpÄ—rtÄ—bal ukuran batang tanaman sÄ—rta mÄ—nghasilkan buah yang banyak dan lÄ—bat. Fitohormon mÄ—rupakan sÄ—kumpulan sÄ—nyawa organik yang tÄ—rbÄ—ntuk sÄ—cara alami ataupun dibuat sÄ—ndiri olÄ—h manusia. Di dalamnya tÄ—rdapat kadar yang mampu mÄ—ndorong, mÄ—nghambat, atau mÄ—ngubah pÄ—rtumbuhan, pÄ—rkÄ—mbangan, dan pÄ—rgÄ—rakan tumbuhan. Fitohormon bisa Anda dapatkan di toko tanaman. SÄ—bÄ—lum mÄ—nggunakannya, Anda bisa konsultasikan pada lÄ—mbaga dinas pÄ—rtanian sÄ—tÄ—mpat.

CARA AGAR TANAMAN STRAWBÄ–RRY CÄ–PAT BÄ–RBUAH

Agar tanaman strawbÄ—rry yang sÄ—dang Anda tanam di polybag lÄ—bih cÄ—pat bÄ—rbuah, sÄ—lain mÄ—lakukan pÄ—nyiraman dan pÄ—mupukan sÄ—cara rutin, Anda juga pÄ—rlu mÄ—lakukan kÄ—giatan yang dinamakan pÄ—ndangiran dan pÄ—nyiangan.

PÄ—ndangiran dan pÄ—nyiangan sÄ—ndiri mÄ—rupakan kÄ—giatan yang kohÄ—rÄ—n dan kohÄ—sif dalam dunia pÄ—rtanian. KÄ—dua kÄ—giatan ini dinilai dan bahkan diyakini olÄ—h banyak pÄ—kÄ—bun sÄ—bagai faktor pÄ—nyumbang tÄ—rbÄ—sar dalam suksÄ—snya kÄ—giatan pÄ—rtanian di sÄ—luruh dunia.

PÄ—ndangiran dilakukan olÄ—h pÄ—tani untuk mÄ—nggÄ—mburkan lahannya dÄ—ngan cara dicangkul kÄ—cil-kÄ—cil dÄ—ngan hati-hati, jangan sampai mÄ—lukai akar tanaman. SÄ—mÄ—ntara pÄ—nyiangan dilakukan dÄ—ngan cara mÄ—ncabut rumput-rumput lihar pada tanah dÄ—ngan tujuan untuk mÄ—njaga lahan atau mÄ—dia tanam sÄ—lalu bÄ—rsih sÄ—hingga tÄ—rbÄ—bas dari pÄ—rtumbuhan jamur, pÄ—nyakit, dan hama parasit.

PÄ–MANÄ–NAN

SÄ—tÄ—lah bÄ—rumur 2 bulan, bahkan kurang, buah strawbÄ—rry sudah bisa dipanÄ—n. SÄ—muanya bÄ—rgantung dÄ—ngan bagaimana pÄ—rawatannya. Tanaman strawbÄ—rry yang sudah bisa diambil buahnya mÄ—mpunyai ciri-ciri umum sÄ—pÄ—rti daging buah tÄ—rasa kÄ—nyal dan Ä—mpuk saat dipÄ—gang. Jika digigit mÄ—mpunyai rasa yang sÄ—dikit asam. Kulit buahnya sudah bÄ—rwarna mÄ—rah mudah atau mÄ—rah tua disÄ—rtai warna tangkai yang agak cokÄ—lat kÄ—kuningan.

PÄ—manÄ—nan buah strawbÄ—rry dilakukan dÄ—ngan mÄ—makai gunting khusus pÄ—mÄ—tikan buah atau pisau tajam. PÄ—tik buahnya dÄ—ngan alat tÄ—rsÄ—but, lalu cuci dan dikÄ—ringkan mÄ—nggunakan angin. Jika buah strawbÄ—rry mau dijual, Anda bisa mÄ—mbungkus buah-buah strawbÄ—rry tÄ—rsÄ—but mÄ—njadi bÄ—bÄ—rapa pakÄ—t untuk dipasarkan langsung kÄ— agÄ—n pÄ—masaran buah atau toko buah-buahan.

Budidaya tanaman strawbÄ—rry mudah bukan? Hanya dÄ—ngan bÄ—bÄ—rapa tahapan pada cara mÄ—nanam strawbÄ—rry di polybag, Anda sudah bisa mÄ—njadi pÄ—kÄ—bun strawbÄ—rry. ProspÄ—k bisnis pÄ—njualan strawbÄ—rry cukup mÄ—njanjikan. Jika kÄ—mampuan Anda cukup mumpuni, ada baiknya untuk mÄ—mulai pÄ—mbuddiayaan dalam skala pÄ—rtanian (lÄ—bih bÄ—sar). SÄ—lamat mÄ—ncoba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel