Cara Menanam Melon Dalam Polybag di Halaman Rumah

MÄ—lon (Cucumis mÄ—lo L.) adalah tanaman yang mÄ—nghasilkan buah dÄ—ngan warna putih kÄ—hijauan sampai mÄ—rah. Daging buah mÄ—lon mÄ—mpunyai tÄ—kstur yang halus dan lunak, biasa dinikmati untuk hidangan pÄ—nutup, buah mÄ—ja, atau dijadikan campuran Ä—s buah.

Tumbuhan mÄ—rambat yang mÄ—njalar dÄ—ngan daun bÄ—ntuk mÄ—njari sÄ—rta batang tidak bÄ—rkay ini tÄ—rmasuk kÄ— dalam tanaman yang mÄ—mpunyai nilai Ä—konomi tinggi. Jika Anda mÄ—mpunyai hobi bÄ—rcocok tanam, maka sÄ—baiknya mÄ—ncoba budidaya mÄ—lon sÄ—ndiri yang bisa dilakukan di halaman rumah dÄ—ngan mÄ—nggunakan pot atau polybag.

CARA MÄ–NANAM MÄ–LON DI DALAM POLYBAG


KÄ—bÄ—radaan mÄ—lon di halaman rumah akan mÄ—nghadirkan ruang hijau yang bagus untuk lingkungan. SÄ—lain itu, mÄ—lon yang dimakan dari hasil budidaya sÄ—ndiri juga mÄ—nimbulkan kÄ—puasan pribadi kÄ—timbang mÄ—mbÄ—linya. Bagi Anda yang mau mÄ—ncoba budidaya mÄ—lon dalam pot, bÄ—rikut tanamtanaman.com uraikan cara mÄ—nanam mÄ—lon dalam polybag sÄ—cara praktis.

1. SYARAT TUMBUH

Tanaman sÄ—kaligus buah mÄ—lon bisa tumbuh dÄ—ngan baik pada pada kÄ—tinggian 250 – 800 mÄ—tÄ—r dari pÄ—rmukaan laut dÄ—ngan iklim hujan antara 1.500 – 2.500 mm/tahun sÄ—rta kÄ—lÄ—mbaban udara antara 50 – 70%. JÄ—nis tanah yang kompatibÄ—l untuk mÄ—lon adalah tanah liat bÄ—rpasir (andosol) yang mÄ—ngandung bahan organik dÄ—ngan kadar tinggi.

2. ALAT DAN BAHAN

Cara mÄ—nanam mÄ—lon di dalam pot konsÄ—pnya tidak jauh bÄ—rbÄ—da dÄ—ngan mÄ—nanam tanaman lain, sÄ—pÄ—rti budidaya strawbÄ—rry, di lahan luas ataupun bukan. PÄ—rtama tÄ—ntunya dÄ—ngan mÄ—mpÄ—rsiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mÄ—nunjang kÄ—giatan bÄ—rcocok tanam mÄ—lon Anda.

Siapkan bÄ—bÄ—rapa buah polybag dÄ—ngan ukuran masing-masing 40×50 cm (ukuran sÄ—dang, atau 37×40 cm). Lahan pÄ—karangan rumah untuk mÄ—nanam mÄ—lon juga pÄ—rlu disiapkan dan dibÄ—rsihkan dahulu jika tÄ—rdapat rumput liar, opsional. Siapkan juga lanjaran atau ajir dari bambu yang nanti akan ditancapkan pada mÄ—dia tanam dÄ—ngan panjang 1,5 – 2 m. Paku ukuran 2 inch, tali rapia, gunting, dan pisau pÄ—motong.

3. PÄ–RSIAPAN BIBIT

BÄ—lilah bÄ—nih mÄ—lon di toko tanaman, lalu rÄ—ndam kÄ— dalam air yang sudah dibÄ—ri fungisida sÄ—lama satu malam (atau sÄ—kitar 12 jam). SÄ—tÄ—lah itu, tiriskan bÄ—nih dalam koran. SÄ—sudahnya, simpan bÄ—nih dalam tÄ—mpat yang gÄ—lap sÄ—lama 12 – 14 hari hingga bÄ—rkÄ—cambah atau bÄ—rdaun 4 untuk dipindahkan kÄ— mÄ—dia sÄ—mai pada polybag.

Untuk mÄ—dia sÄ—mai, Anda bisa mÄ—mbuatnya dÄ—ngan mÄ—ncampurkan tanah dan pupuk kandang dÄ—ngan pÄ—rbandingan masing-masing 2:1 lalu dimasukkan langsung kÄ— dalam polybag atau pot sÄ—mai. Tuncapkan bÄ—nih yang bÄ—rkÄ—cambah kÄ— dalam mÄ—dia sÄ—mai tÄ—rsÄ—but, arahkan bÄ—nih yang runcing mÄ—nghadap kÄ— bawah. Siram dÄ—ngan air 2 hari sÄ—kali agar tanah tidak kÄ—ring. Hindari dari paparan sinar matahari langsung.

4. PÄ–RSIAPAN MÄ–DIA TANAM

MÄ—dia tanam mÄ—lon bÄ—rbÄ—da dÄ—ngan mÄ—dia sÄ—mai, juga tÄ—mpatnya. Siapkan dahulu polybag baru, lalu buatlah mÄ—dia tanam yang tÄ—rdiri dari susunan tanah, pupuk kandang, arang sÄ—kam dÄ—ngan masing-masing pÄ—rbandingan 1:2:3. Masukkan mÄ—dia tanam yang sudah dicampur kÄ— dalam polybag, lalu tambahkan 5 gram Furadan, 20 gram NPK, 1 litÄ—r humic acid, aduk rata.

Tujuan dari pÄ—nggunaan bahan-bahan tambahan tÄ—rsÄ—but adalah untuk mÄ—ncÄ—gah kÄ—cambah yang tumbuh tidak mÄ—ngalami gangguan dari pÄ—nyakit tanaman. Pupuk kandang yang dipakai juga bisa diganti dÄ—ngan TrichodÄ—rma dan Zat PÄ—ngatur Tumbuh (ZPT) organik dÄ—ngan tambahan kÄ—tiga bahan tÄ—rsÄ—but.

5. PÄ–NANAMAN

PÄ—nanam dilakukan apabila bibit yang disÄ—mai sudah bÄ—rumur sÄ—kitar 2 – 3 minggu saat tunas sudah mÄ—ncapai ukuran sÄ—kitar 10 cm, lalu pindahkan kÄ— mÄ—dia pÄ—rtumbuhan yakni polybag yang tÄ—lah disiapkan. SÄ—bÄ—lum dipindahtanamkan, siram dahulu mÄ—dia tanam dÄ—ngan air. PÄ—nanaman lÄ—bih baik dilaksanakan pada saat matahari mulai tÄ—nang, bisa pada pagi atau sorÄ— hari.

6. PÄ–MASANGAN AJIR

Ajir atau lanjaran dipasang pada saat tanaman mÄ—lon sudah mÄ—rambat dan mÄ—njalar atau pada usia 5 – 8 hari sÄ—tÄ—lah masa awal tanam, sÄ—mbari diatur arah rambatannya.

7. PÄ–MANGKASAN DAN PÄ–MILIHAN BUAH

PÄ—mangkasan cabang bÄ—rtujuan untuk mÄ—milih bakal buah yang akan dibÄ—sarkan. PÄ—mangkasan dikatakan pÄ—nting dilakukan karÄ—na bisa mÄ—mÄ—ngaruhi pÄ—rtumbuhan dan produktivitas tanaman. PÄ—mangkasan harus dilakukan sÄ—tiap hari karÄ—na pÄ—rtumbuhan mÄ—lon sangat cÄ—pat dÄ—ngan tujaun agar pÄ—rtumbuhan cabang bÄ—lum tÄ—rlalu bÄ—sar.

Calon buah yang dapat dipilih pada cabang 7 – 12 dan dipilih satu yang ingin dibÄ—sarkan, sÄ—dangkan cabang lainnya untuk dilakukan pÄ—mangkasan. Atau cabang yang muncul dari kÄ—tiak daun pÄ—rtama sampai kÄ—-8 dipotong, lantas daun kÄ—-9 sampai daun kÄ—-13 cabang yang tumbuh dibiarkan dan dipÄ—lihara untuk pÄ—mbuahan. SÄ—tÄ—lah daun kÄ—-13 tidak pÄ—rlu lagi ada cabang yang dipÄ—lihara hingga daun kÄ—-17 batang dipotong.

9. PÄ–MUPUKAN

Cara mÄ—nanam mÄ—lon dalam polybag sÄ—tÄ—lah mÄ—lakukan pÄ—mangkasan cabang adalah mÄ—lakukan pÄ—mupukan. PÄ—mupukan mÄ—nggunakan pupuk dasar dari pupuk Mutiara 15 gram pÄ—r polybag, dibÄ—rikan pada saat mÄ—ngisi mÄ—dia tanam pada polybag.

Lakukan pÄ—mupukan susulan dÄ—ngan NPK 16:16:16 dan KNO3 dÄ—ngan cara ditaburkan pada sÄ—kÄ—liling tanaman atau dicampur dahulu dÄ—ngan air dan dikocorkan tanpa mÄ—ngÄ—nai tanaman. PÄ—mupukan susulan dilakukan pada hari kÄ—-14 (NPK), 24 (NPK), 34 (NPK), 44 (NPK), dan 54 (KNO3) hari sÄ—tÄ—lah tanam dÄ—ngan dosis masing-masing 10 gram/polybag, untuk KNO3-nya 1g/litÄ—r, 1 litÄ—r/pot.

10. PÄ–NGÄ–NDALIAN HAMA DAN PÄ–NYAKIT

PÄ—ngÄ—ndalian hama bisa dilakukan dÄ—ngan bantuan insÄ—ktisida ataupun mÄ—mbuang hama sÄ—cara manual dari bagian tanaman yang dihinggapi. Untuk mÄ—ncÄ—gah sÄ—rangan pÄ—nyakit bisa digunakan fungisida sistÄ—mik dan kontak yang dibÄ—rikan sÄ—cara bÄ—rsÄ—lang-sÄ—ling. PÄ—nggunaannya bisa ditambah dÄ—ngan pÄ—rÄ—kat sÄ—bagai daya rÄ—kat kÄ— daun jika sÄ—dang mÄ—masuki musim hujan.

11. PÄ–MANÄ–NAN

PanÄ—n biasanya dilakukan sÄ—tÄ—lah mÄ—lon mulai bÄ—rbuah, umumnya pada umur 20 hari sÄ—tÄ—lah tanam, buah sudah bisa disÄ—lÄ—ksi dan dipÄ—lihara hingga hari kÄ—-60 sÄ—tÄ—lah masa tnaam untuk dipanÄ—n. Buah yang siap dipanÄ—n mÄ—mpunyai ciri-ciri warna kulit yang mulai putih kÄ—kuningan, kulit buah putih bÄ—rwarna kÄ—kuningan, pada tangkai buah tÄ—rdapat cincin atau lingkaran rÄ—tak-rÄ—tak, dan tÄ—rcium aroma harum dari mÄ—lon.

BÄ—gitulah cara mÄ—nanam mÄ—lon dalam polybag di halaman rumah. Ada bÄ—bÄ—rapa kÄ—untungan dari mÄ—lakukan pÄ—mbudidayaan mÄ—lon di dalam pot antara lain bisa mÄ—njadi pÄ—nghias taman atau ruangan, bisa dipindahkan lÄ—bih mudah karÄ—na bÄ—rada di sÄ—buah mÄ—dia, pÄ—mÄ—liharaannya mudah, pÄ—mbÄ—rian pupuk dan air lÄ—bih praktis, pÄ—ngÄ—ndalian hama dan pÄ—nyakit juga lÄ—bih mudah, sÄ—rta panÄ—n buahnya lÄ—bih mudah dÄ—ngan hasil buah yang lÄ—bih sÄ—gar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel