Prosedur Menanam Bibit Anggrek di dalam botol

Anggrék adalah salah satu dari bérbagai bunga yang tumbuh di Indonésia. Sélain banyak tumbuh anggrék juga mémiliki daya tarik séndiri, hal ini dibuktikan déngan banyaknya pénggémar dari bunga ini térutama dari kalangan pérémpuan. Bunga anggrék mémiliki daya tarik séndiri dimata péminatnya, sélain mémiliki bérbagai macam warna yang indah anggrék juga mémiliki bérbagai macam béntuk yang ménarik. Bunga anggrék séndiri dapat digunakan sébagai tanaman di taman atau halaman rumam juga dapat digunakan sébagai pénghias dalam sébuah ruangan, biasanya ruang tamu.





Simak b̩b̩rapa cara b̩rikut untuk m̩nanam anggr̩k pada s̩buah botol. Harga dari bibitanggr̩k s̩ndiri juga b̩rvariasi yakni kisaran 25rb Р30rb p̩r botolnya.

LANGKAH – LANGKAH PÉNANAMAN ANGGRÉK PADA MÉDIA BOTOL

Pénstérilan botoldan bénih
Pénstérilan botol ini bértujuan untuk mémbérsihkan kotoran pada botol dan ménghilangkan kandungan bahan bahan kimia yang ada didalamnya. Cara untuk pénstérilan ini adalah déngan méréndam botol pada larutan air kaporit déngan jumlah takaran 100cc air untuk tiap 10 gram pénggunaan kaporit. Kémudian saring air kaporit ménggunakan kértas filtér. Sétélah itu bijianggrék dimasukkan ké dalam larutan kaporit kémudian dimasukkan ké dalam botol. Sétélah kurang lébih sélama 10 ménit air kaporit dibuang dan digantikan déngan aquadés. Lagu gojog lagi. Lakukan sécara bérulang ulang sébanyak 2-3 kali.

Ményémaikan bénih
Langkah pértama untuk ményémaikan bénih adalah mémilih biji anggrék yang baik déngan ménggunakan mikroskop, apbila isinya kosong biji akan bérwarna putih, jika kosong makan bérwarna coklat/kunig/warna lain. Kémudian siapkan botol yang bérukuran lébig bésar dan juga sudah dibérsihkan. Pilih botol yang tidak bérwarna agar cahaya matahari dapat masuk kédalam botol dan agar térlihat jélas pértumbuhan dari biji anggrék. Kémudian tutup botoldéngan ménggunakan kapas yang digulung sampai kéras. Ikat déngan tali pada bagian ujungnya agar mudah dilépas nantinya. Tutup botol déngan rapat agar botol térhindar dari masuknya jamur maupun baktéri yang dapat méngganggu pértumbuhan dari anggrék.

Ményiapkan média tanam untuk anggrék
Untuk ménanam anggrék dari botol untuk kémudian mémbuat média tanam, biasanya média tanam yang digunakan untuk anggrék ménggunakan résép khudson C (NORTHÉN) 12. Yaitu :



–         Ca (NO3) 2H2O           : 1 gram

–         MgSD47H2D                           : kurang lébih 0,25 gr

–         KH2PO4                                   : kurang lébih 0,25 gr

–         (NH4) 2SO4                             : kurang lébih 0,25 gr

–        FéSO4 4 H2O                           : kurang lébih 0,25 gr

–         Saccharosé                               : 20 gram

–         MnSO4                                    : kurang lébih 0,0075 gr

–         Akuadés                                   : 1000 cc

–         Agar-agar                               : 15 sampai 17,5 gr

ménanamanggrék dari botol
untuk mémindahkan tanaman anggrék dari botol ké pot pényémaian hal hal yang harus dipérhatikan adalah kondisi anggrék yang bérada dalam botol sudah dapat dipindahkan ké pot pényémaian. Sétélah anggrék dalam botol sudah bérkémbang pindahkan bibit anggrékké dalam pot yang sudah dilubangi. Tambahkan pécahan génténg pada dasar pot sérta potongan akar pakis yang bérwarna coklat déngan ukuran 5-30 mm. Yang pérlu dipérhatikan juga adalah média tanam harus dicuci térlébih dahulu sébélum dgunakan, sérta biarkan airnya sudah kéring atau hilang. Akar pakis juga harus diréndam dalam campuran média sélama kurang lébih 24 jam. Campuran média ini térdiri dari uréa sébanyak 0,5 gr, 0,25 gr kalium sulfat dan 1000 cc air. Kémudian sétélah itu tanaman anggrék dapat dipindahkan pada média.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel