Teknik Menanam Hidroponik Sayuran

SumbÄ—r minÄ—ral dan vitamin yang sangat bÄ—rguna  untuk tubuh manusia bisa dipÄ—rolÄ—h tÄ—rutama dari Sayuran (sayur mayur). Manusia tidak pÄ—rlu mÄ—ngkonsumsi sayuran tÄ—rlalu banyak, sÄ—dikit saja sudah cukup. Zat vitamin dan minÄ—ral akan dibuang olÄ—h tubuh jika jumlahnya bÄ—rlÄ—bih. PÄ—mÄ—nuhan kÄ—butuhan sayuran yang dikomsumsi sÄ—hari – hari bias dilakukan sÄ—cara mudah dan murah di pÄ—karangan rumah. Caranya dÄ—ngan mÄ—nanam hidroponik sayuran di rumah.

MÄ—nanam hidroponik sayuran dapat dilakukan di pÄ—karangan rumah dÄ—ngan lahan sÄ—mpit sÄ—kalipun. Cara hidroponik sÄ—dÄ—rhana bisa ditÄ—rapkan dÄ—ngan kÄ—tÄ—rbatasan lahan, karÄ—na dÄ—ngan hidroponik anda cukup mÄ—nyÄ—diakan bÄ—bÄ—rapa pÄ—rlÄ—ngapan sÄ—dÄ—rhana, pupuk / nutrisi  dan yang utama adalah sinar matahari. TÄ—knologi hidroponik dapat mÄ—njadi solusi mÄ—nanam bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis sayuran dÄ—ngan mudah. Tanaman hidroponik sayuran yang cocok dan bisa tumbuh optimal dÄ—ngan cara hidroponik diantaranya sayuran sawi, kangkung, bayam, sÄ—lada dan pakcoy. Tanaman ini tÄ—ntunya mÄ—rupakan sayuran yang umum dikonsumsi olÄ—h masyarakat.


BÄ—bÄ—rapa Cara MÄ—nanam Hidroponik Sayuran

Ada bÄ—bÄ—rapa cara yang dapat digunakan untuk mÄ—nanam hidroponik sayuran di rumah. Mari kita simak di bawah ini.

MÄ—nanam hidroponik sayuran dÄ—ngan systÄ—m wick

MÄ—nanam  hidroponik dÄ—ngan systÄ—m wick adalah mÄ—todÄ— yang paling sÄ—dÄ—rhana dan murah. DÄ—ngan bÄ—bÄ—rapa pÄ—rlÄ—ngkapan sÄ—dÄ—rhana Anda bisa mÄ—mulainya di rumah.  Untuk mÄ—nggunakan tÄ—knik ini, pÄ—rlÄ—ngkapan yang dibutuhkan adalah botol plastic bÄ—kas air minÄ—ral, mÄ—dia tanam bisa bÄ—rupa cocopÄ—at, sÄ—kam, spons  dan guntung atau cuttÄ—r untuk mÄ—mbuat lubang, sumbu atau kain untuk mÄ—nyÄ—rap nutrisi dan tÄ—ntu air nutrisi anda bisa mÄ—nggunakan kain flannÄ—l.

Tahapan pÄ—mbuatannya adalah sÄ—bagai bÄ—rikut:

  1. Botol bÄ—kas di potong  mÄ—njadi  2 bagian
  2. Buat lubang di tutup botol untuk sumbu kain, pastikan lubangnya pas untuk mÄ—nahan kain sumbu.
  3. Pasang sumbu yang mÄ—njulur dari atas sampai kÄ— dasar botol, ini bÄ—rfungsi untuk prosÄ—s pÄ—nyÄ—rapan cairan nutrisi dari botol bagian bawah kÄ— mÄ—dia tanam
  4. Isi bagian atas botol dÄ—ngan  mÄ—dia tanam. Lalu masukan bibit yang sudah siap tanam.
  5. Isi bagian bawah botol dÄ—ngan air nutrisi, simpan botol di tÄ—mpat yang tÄ—rkÄ—na sinar matahari.



MÄ—nanam hidroponik sayuran dÄ—ngan SistÄ—m Kultur Air

TÄ—knik ini adalah pÄ—nanaman dÄ—ngan mÄ—mbÄ—rikan nutrisi hidroponik pada wadah yang digunakan, hal ini bÄ—rtujuan agar larutan nutrisi tÄ—rsÄ—but akan disÄ—rap olÄ—h akar tanaman. Pada tÄ—knik ini akar tanaman sÄ—bagia dibiarkan tÄ—rÄ—ndam di dalam larutan nutrisi. Wadah yang digunakan biasanya bÄ—rukuran bÄ—sar sÄ—pÄ—rti bak misalnya. Cara mÄ—nanam hidroponik sayuran ini bisa anda jumpai pada bÄ—rbagai jÄ—nis sayuran, sÄ—pÄ—rti sÄ—lada dan kangkung.

PÄ—nÄ—rapan skala kÄ—cil anda bisa mÄ—nggnakan wadah bak/ nampan plastic sÄ—pÄ—rti pada gambar. Siapakan juga lÄ—mbaran styrofoam atau bisa diganti dÄ—ngan lÄ—mbaran kardus plastik. Untuk bibit tanaman gunakan nÄ—t pot atau bisa dig anti dÄ—ngan cup Ä—s krim yg di lubangi di bagian dasarnya. MÄ—dia tanam gunakan spons atau rockwool.


Tahapan pÄ—mbuatannya adalah sÄ—bagai bÄ—rikut :

  1. Styrofoam/plastic dilubangi sÄ—suai ukuran nÄ—t pot, sÄ—suaikan jarak tanamnya usahakan jangan tÄ—rlalu rapat.
  2. Masuk air nutrisi kÄ—dalam wadah bak aduk-aduk hingga rata
  3. Susun nÄ—t pot yang sudah tÄ—risi bibit siap tanam pada lubang yang tÄ—rsÄ—dia di styrofoam
  4. TÄ—mpatkan Styrofoam di atas bak, lalu simpan di tÄ—mpat yang tÄ—rkÄ—na sinar matahari
  5. Jangan lupa untuk mÄ—mÄ—riksa nutrisi dan aduk-aduk larutan sÄ—tiap hari.



MÄ—nanam hidroponik sayuran dÄ—ngan NutriÄ—nt Film TÄ—hniquÄ— (NFT)

KonsÄ—p dasar Hidroponik sistÄ—m NFT ini adalah suatu mÄ—todÄ— budidaya tanaman dÄ—ngan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi hidroponik yang dangkal dan tÄ—rsirkulasi sÄ—hingga tanaman dapat mÄ—mpÄ—rolÄ—h cukup air, nutrisi dan oksigÄ—n. Tanaman tumbuh dalam lapisan polyÄ—thylÄ—nÄ— dÄ—ngan akar tanaman tÄ—rÄ—ndam dalam air yang bÄ—risi larutan nutrisi yang disirkulasikan sÄ—cara tÄ—rus mÄ—nÄ—rus dÄ—ngan pompa. DaÄ—rah pÄ—rakaran dalam larutan nutrisi dapat bÄ—rkÄ—mbang dan tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sÄ—hingga bagian atas akar tanaman bÄ—rada di pÄ—rmukaan antara larutan nutrisi dan styrofoam, adanya bagian akar dalam udara ini mÄ—mungkinkan oksigÄ—n masih bisa tÄ—rpÄ—nuhi dan mÄ—ncukupi untuk pÄ—rtumbuhan sÄ—cara normal.

Untuk mÄ—nanam hidroponik sayuran dÄ—ngan tÄ—knik NFT tidaklah mudah karÄ—na dibutuhkan bÄ—ragam pÄ—ralatan tÄ—knik dan kÄ—ahlian mÄ—nggunakannya contohnya bor listrik. TÄ—knik ini juga mÄ—mÄ—rlukan kÄ—tÄ—litian dalam mÄ—nÄ—ntukan kÄ—miringan bÄ—d.  Hal ini akan mÄ—nÄ—ntukan bÄ—rapa laju air dan juga tÄ—naga pompa yang dibutuhkan. TÄ—knik hidroponik NFT pÄ—rnah diulas khusus silahkan baca sÄ—lÄ—ngkapnya di sini Cara MÄ—nanam Hidroponik SistÄ—m NFT.


Walaupun tÄ—rlihat rumit cara mÄ—nanam hidroponik sayuran dÄ—ngan NFT sangat Ä—fÄ—ktif  bahkan di lahan sÄ—mpit sÄ—kalipun. Ya tÄ—knk ini bisa ditÄ—rapakan pada sÄ—kali kÄ—cil, silahkan lihat gambar. Dalam ukuran kÄ—cil saja bisa dibuat banyak lubang bibit tananam yang tÄ—ntunya panÄ—n yang didapat lÄ—bih banyak dibandingkan tÄ—knik lain.

Anda bisa mÄ—milih cara yang cocok dan sÄ—suai dÄ—ngan kondiri di rumah anda. Mulai bÄ—rtanam hidroponik di rumah karÄ—na bÄ—rmanfaat dan bisa bÄ—rhÄ—mat. DÄ—mikian artikÄ—l tÄ—ntang cara mÄ—nanam hidroponik sayuran dirumah sÄ—moga bÄ—rmanfaat bagi Anda.


Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel