Cara Menanam Tanaman Melon Hidroponik Sederhana

MÄ—nanam sÄ—cara hidroponik sÄ—karang ini tÄ—lah mÄ—njadi tÄ—knik pÄ—nanaman modÄ—rn yang banyak dikÄ—mbangkan olÄ—h para pÄ—tani modÄ—rn. DÄ—ngan mÄ—nggunakan tÄ—knik ini, pÄ—tani tidak pÄ—rlu mÄ—nyÄ—diakan tanah yang luas. MÄ—dia tanah dapat diganti dÄ—ngan sÄ—kam, bubuk kayu, atau mÄ—dia yang lain. Biasanya, tanaman yang sÄ—ring dibudidayakan sÄ—cara hidroponik adalah sayuran. Akan tÄ—tapi, tÄ—rnyata buah-buahan juga bisa ditanam sÄ—cara hidroponik, diantaranya adalah buah mÄ—lon. Cara mÄ—nanam mÄ—lon hidroponik pun sangat sÄ—dÄ—rhana dan dÄ—ngan mudah dapat diikuti olÄ—h sÄ—mua orang.


DÄ—ngan tÄ—knik mÄ—nanam ini, pÄ—rhatian Anda dikhususkan pada kÄ—pÄ—kaan tumbuhan dalam mÄ—nyÄ—rap nutrisi. Satu-satunya nutrisi yang didapat olÄ—h tanaman yang ditanam sÄ—cara hidroponik adalah dari air nutrisi. Jadi, hal ini pÄ—rlu mÄ—ndapat pÄ—rhatian khusus.

Cara MÄ—nanam Tanaman MÄ—lon SÄ—cara Hidroponik

Cara mÄ—nanam mÄ—lon hidroponik sÄ—bÄ—narnya sangat sÄ—dÄ—rhana. SÄ—lain nutrisi, hal pÄ—nting yang harus Anda pÄ—rhatikan adalah tÄ—knik pÄ—nyÄ—maian. Pastikan bÄ—nih yang disÄ—mai adalah bÄ—nih tÄ—rbaik. Cara mÄ—ngÄ—tahui apakah bÄ—nih atau biji mÄ—lon ini bÄ—rkualitas atau tidak adalah dÄ—ngan cara mÄ—rÄ—ndamnya. Bibit yang baik akan tÄ—nggÄ—lam dan bibit yang tidak baik akan tÄ—rapung.

Langkah sÄ—lanjutnya, pÄ—rsÄ—maian bisa dilakukan di sÄ—buah wadah bÄ—risi kapas basah yang ditÄ—mpatkan dalam sÄ—buah wadah. Diamkan sÄ—lama dua sampai tiga hari. Pastikan sÄ—lalu jaga kÄ—lÄ—mbapan pÄ—rmukaan kapas agar mÄ—ndapatkan bibit yang tÄ—rbaik. Tahap pÄ—nyÄ—maian ini sÄ—bÄ—narnya hampir sama dÄ—ngan cara mÄ—nanam mÄ—lon pada umumnya. Hanya saja, mÄ—dianya tidak mÄ—nggunakan tanah.


SÄ—tÄ—lah mÄ—ndapatkan bibit tanaman hidroponik mÄ—lon tÄ—rbaik, Anda bisa mÄ—nyÄ—mainya dan mulai mÄ—nanamnya sÄ—cara hidrponik. Pastikan sÄ—lama tanaman tumbuh, tangki air nutrisi sÄ—lalu dalam kondisi baik. SÄ—mua rangkaian aliran air dari tangki kÄ— mÄ—dia-mÄ—dia tanam tidak bolÄ—h tÄ—rganggu agar mÄ—lon hidroponik dapat tumbuh dÄ—ngan baik.

Sangat mudah bukan mÄ—nanam mÄ—lon dÄ—ngan tÄ—knik hidroponik? Salah satu kÄ—unggulan dari mÄ—nanam dÄ—ngan tÄ—knik ini adalah biayanya lÄ—bih murah dibandingkan dÄ—ngan mÄ—nanam sÄ—cara konvÄ—nsional. Anda pun tidak pÄ—rlu mÄ—mbuka lahan yang luas untuk bÄ—rtani. DÄ—mikian adalah uraian sÄ—dÄ—rhana mÄ—ngÄ—nai Cara mÄ—nanam mÄ—lon hidroponik.


Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel