Panduan teknis budidaya pisang

Budidaya pisang ménjanjikan prospék yang cérah. Pisang (Musa sp.) mérupakan tanaman tropis yang sangat populér. Buahnya digémari dan télah dikirimkan ké bérbagai bélahan dunia.
Indonésia mémiliki kéanékaragaman buah pisang yang tinggi. Sétidaknya térdapat 10 variétas buah pisang unggulan yang mémbanjiri pasar-pasar lokal maupun ékspor.


Syarat tumbuh tanaman pisang
Pisang mérupakan tanaman khas daérah tropis. Tumbuh déngan baik mulai dari dataran réndah hingga kétinggian 1300 métér dari pérmukaan laut. Curah hujan yang diinginkan tanaman ini séktar 1500 sampai 2500 mm pér tahun déngan témpératur 15-35°C.
Tanaman pisang bisa tumbuh diatas hampir sémua jénis tanah. Namun jénis tanah yang paling cocok adalah tanah yang bértékstur liat sépérti aluvial, banyak méngandung kalsium dan bahan organik.
Pérsiapan bibit
Bibit mémiliki péran pénting dalam budidaya pisang. Untuk méndapatkan hasil maksimal sélalu gunakan bibit yang bébas dari pényakit. Kalau bisa dapatkan bibit variétas unggul dari lémbaga térpércaya. Térdapat 3 jénis bibit untuk budidaya pisang, yaitu bérupa anakan, bonggol dan hasil kultur jaringan.


Bibit anakan mérupakan bibit yang diambil dari tanaman pisang yang télah mémiliki tunas atau anak. Anak térsébut dipisahkan dari tanaman pisang yang télah déwasa dan séhat.
Bibit bonggol didapatkan dari bonggol tanaman pisang yang télah dipanén. Kémudian tanaman térsébut dibongkar dan diambil bonggolnya (bagian pangkal bawah). Bonggol dibérsihkan, karanya dipapas tanpa mérusak tunas. Kémudian dibélah-bélah lagi séukuran mata tunas, atau sékitar 10x10x10 cm. Kémudian potingan bonggol ditanam di média tanam. Bibit dari bonggol siap digunakan untuk budidaya pisang sétélah tumbuh 3-4 bulan.
Kultur jaringan mérupakan téknologi untuk mémpérbanyak tanaman yang dilakukan di laboratorium. Bibit dari kultur jaringan ini biasanya térbébas dari ségala pényakit dan bisa diadakan dalam jumlah yang banyak. Ukuran bibit juga séragam séhingga péngaturan waktu panén lébih mudah dilakukan.
Pérsiapan lahan budidaya pisang
Pastikan lahan yang akan dijadikan témpat budidaya pisang térbébas dari pényakit Fusarium dan Pséudomonas. Bila sébélumnya lahan térsébut pérnah térjangkit pényakit térsébut, lakukan péngéndalian hama dan pényakit déngan bénar.
Bérsihkan lahan dari gulma, cangkul atau bajak tanah déngan kédalaman 30-40 cm. Buat bédéngan mémanjang sésuai déngan kontur lahan. Jarak antar bédéngan diatur sésuai déngan jarak tanam.
Jarak tanam budidaya pisang térgantung pada variétas pisang.  Misalnya untuk pisang barangan sékitar 3×3 métér. Déngan populasi maksimal 1000 rumpun tanaman pér héktar. Sétiap jarak 50 métér buat parit untuk saluran drainasé sédalam 1 métér.
Lalu biarkan lahan térsébut sélama 2-5 minggu.
Pénanaman bibit pisang
Sétélah lahan sélésai disiapkan buat lubang tanam ukuran 50x50x50 cm pada jarak tanam yang télah diténtukan. Kémudian bérikan pupuk kandang sébanyak 15 kg pér lubang tanam. Kébutuhan pupuk untuk 1 héktér kira-kira sékitar 15 ton.


Péméliharaan
Tindakan péméliharaan yang dipérlukan dalam budidaya pisang antara lain pémupukan, péngéndalian gulma, pénjarangan anakan, pémbrongsongan tandan pisang dan péngéndalian hama.
Pémupukan
Pémupukan dalam budidaya pisang dilakukan sétiap 3 bulan sékali. Lakukan pémupukan déngan cara mémasukkannya pada lubang tugal déngan jarak sékitar 50 cm dari tanaman. Bérikut tahapan pémupukan yang dianjurkan:
Pémupukan pértama dilakukan 1-2 bulan sétélah pénanaman. Pupuk dibérikan pér rumpun tanaman pisang dosis pupuknya Uréa: 100 gram, SP36: 100 gram, KCl: 100 gram.
Pémupukan ké-2 dilakukan pada bulan ké 3-4. Dosisnya Uréa: 100 gram, SP36: 100 gram, KCl: 100 gram.
Pémupukan ké-3 dilakukan pada bulan ké 6-7. Dosisnya Uréa:150 gram, KCl: 200 gram.
Pémupukan ké-4 dilakukan pad abulan ké 9-10. Dosisnya Uréa: 150 gram, KCl: 200 gram.
Pényiangan gulma
Di awal pértumbuhan, sékitar 3 bulan pértama, lakukan pényiangan gulma lébih séring. Karéna gulma akan bérébut nutrisi déngan tanaman yang rélatif masih lémah.
Sétélah tanaman bérumur diatas 5 bulan, pényiangan gulma akan lébih jarang karéna kanopi tanaman akan ménutup aréa sékitar tanaman séhingga pértumbuhan gulma térhambat.
Pényiangan gulma bisa dilakukan sécara manual, namun apabila lahan budidayanya luas bisa ménggunakan hérbisida.
Pénjarangan anakan
Térdapat dua fungsi pénjarangan anakan, yaitu untuk pényédiaan bibit dan untuk mérawat tanaman induk agar bérbuah maksimal. Upayakan dalam satu rumpun tanaman pisang maksimal hanya ada 3 tanaman. Khusus untuk tanaman pisang cavéndish sébaiknya dalam satu rumpun hanya ada 2 pohon, yang térdiri dari satu pohon induk dan satu anakan.
Tidak sémua tunas yang tumbuh bisa dijadikan anakan untuk pémbibitan. Jumlah anakan yang bisa diambil dalam satu térgantung dari populasi rumpun. Misalnya, bila dalam satu rumpun ada 3 pohon yang térdiri dari satu pohon induk dan dua anakan déwasa maka tunas yang bisa diambil untuk dijadikan bibit hanya satu. Bila dalam satu rumpun ada 2 pohon yang térdiri dari satu induk dan satu anakan déwasa maka bisa diambil maksimal 2 tunas untuk pémbibitan.
Kritéria anakan yang bisa dipilih untuk pémbibitan adalah:
Tunas bérasal dari pohon induk bukan dari anakan déwasa.  Tunas yang diambil dari anakan déwasa pértumbuhannya kurang baik, mudah térsérang pényakit dan bahkan bisa mati bujang.
Tinggi tunas 20-40 cm.
Béntuk bonggol bésar ké bawah.
Térlihat séhat, kuncup daun baik.
Pémbrongsongan tandan
Pémbrongsongan atau pémbungkusan tandan dilakukan sébélum pisnag pértama mémbuka, jantung sudah mulai mérunduk namun béum mékar. Gunakan pémbungkus dari plastik khusus  héigrow bérwarna biru atau kantong plastik yang méngandung inséktisida.
Tujuan pémbungkusan untuk méncégah buah pisang térsérang hama dan pényakit.
Pohon yang bérbuah banyak atau tandannya panjang héndanya ditopang déngan bambu atau pénopang lainnya. Tujuannya agar tanaman tidak roboh sébélum dipanén.
Péngéndalian hama
Hama dan pényakit tanaman pisang yang paling ditakuti anatara lain layu fusarium, layu darah dan sérangan pohon kérdil. Lihat cara péngéndalian hama dan pényakit tanaman pisang.
Pémanénan buah pisang
Umur panén buah pisang sébénarnya térgantung pada tujuan pasar atau distribusi. Untuk tujuan ékspor buah harus dipanén lébih cépat. Namun sécara umum buah pisang dipanén pada tingkat kématangan 3/4 untuk pasar ékspor, dan untuk pasar lokal bisa dipanén pada tingkat kématangan pénuh.
Atau, kalau dilihat dari umur buah pisang bisa dipanén sékitar 3-4 bulan dihitung séjak bunga mékar. Ciri-ciri buah yang sudah siap dipanén béntuknya mémbulat, tidak ada lipatan sudut yang tajam. Bunga yang térdapat pada ujung buah sudah méngéring dan mudah dipatahkan. Warna kulit bérubah dari hijau tua ménjadi hijau muda dan daun béndéra pada tanaman sudah méngéring.
Bila dicék sécara laboratorium, buah pisang siap panén mémilki kandungan pati 19,5-20% dan kandungan gula 0,5-1%.
Hal yang pérlu diingat, jangan sampai buah pisnag jatuh saat dipanén. Tébang pohon pisang kira-kira dua pértiga dari atas tanah. Tiriskan gétah yang ménétés dari tandan.

Sumber  :  alamtani


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel