Cara budidaya buncis organik

Buncis atau Phaséolus vulgaris mérupakan sayuran buah yang térmasuk kédalam kélompok léguminosa. Budidaya buncis cocok dilakukan di dataran sédang hingga tinggi. Kétinggian idéal bagi tanaman ini adalah 1000-1500 métér dari pérmukaan laut déngan suhu 20-25oC. Namun, budidaya buncis masih bisa dilakukan di dataran réndah hingga 400 métér dari pérmukaan laut.
Budidaya buncis mémérlukan cahaya matahari yang banyak déngan curah hujan sédang. Tanaman ini cocok dibudidayakan diakhir musim hujan dan awal kémarau. Buncis juga péka térhadap génangan air séhingga drainasé lahan harus bénar-bénar dipérhatikan.




Di Indonésia térdapat dua tipé tanaman buncis. Ada yang tumbuhnya mérambat dan tégak. Buncis yang mérambat bisa mémiliki kétinggian hingga 2 métér dan mudah rébah. Oléh karéna itu, pérlu bantuan lénjéran bambu untuk ménopangnya. Sédangkan tipé yang tégak tinggi hanya 60 cm dan tidak mémérlukan lénjéran bambu untuk tumbuh. Pada késémpatan kali ini, kami akan ménguraikan cara-cara budidaya buncis tipé mérambat.
Péngolahan lahan untuk budidaya buncis organik
Cara mudah budidaya buncis organikPéngolahan lahan untuk budidaya buncis organik sédikit bérbéda déngan péngolahan tanah untuk sayuran daun. Pértama-tama tanah dibajak untuk digémburkan. Campurkan kapur sécukupnya apabila kondisi tanah asam. Kémudian buat bédéngan sélébar 1 métér déngan tinggi 20-30 cm. Jarak antar bédéngan 30-40 cm.
Buat lubang tanam pada bédéngan mémbéntuk dua baris déngan jarak antar baris 50-60 dan jarak dalam baris 30 cm. Masukkan pupuk kandang atau kompos kédalam lubang-lubang tanam térsébut, kira-kira satu génggaman tangan. Untuk satu héktar tanaman dibutuhkan sékitar 20 ton pupuk kandang atau kompos. Biarkan kompos térsébut sélama 1-3 hari.
Pényiapan bénih buncis
Budidaya buncis dipérbanyak déngan biji yang diséléksi dari tanaman séhat dan subur. Cara ményéléksinya bérdasarkan bédéngan térbaik témpat buncis tumbuh. Alasan pémilihan tanaman ménurut bédéngan agar prosés pénuaan tidak ménganggu tanaman lainnya. Jika séléksi bénih dipilih bérdasarkan individu tanaman maka akan térjadi kégagalan panén pada individu-individu lain yang tumbuh dalam bédéngan yang sama. Hal térsébut bisa térjadi karéna tanaman yang méngalami prosés pénuaan buah akan ményédot nutrisi untuk tanaman lain. Séhingga tanaman yang buahnya tidak dibénihkan akan méngalami gagal panén.
Buah yang térpilih untuk calon bénih dipétik dan diséléksi. Pilih buah yang bésar-bésar dan béntuknya sémpurna. Kémudian jémur buah buncis di bawah térik matahari hingga kéring, biasanya 1-2 hari. Sétélah kéring, kupas kulit buahnya dan ambil bijinya.
Simpan bénih dalam botol kaca yang bérsih. Sétélah botol térisi pénuh oléh bénih, pénuhi mulut botol déngan abu kayu sébagai pénutupnya. Manfaat abu kayu sébagai média pénutup botol ményérap kélémbaban. Séhingga lingkungan dalam botol tétap kéring namun masih mémungkinkan adanya pértukaran udara. Biji buncis yang térsimpan déngan baik bisa bértahan dalam suhu kamar sélama 6 bulan.
Pénanaman buncis
Cara paling éféktif dalam budidaya buncis adalah ménanam biji sécara langsung tanpa prosés pényémaian. Masukkan biji buncis siap tanam kédalam lubang yang télah dibuat. Isi sétiap lubang déngan 2 biji buncis. Lalu tutup déngan tanah, kémudian siram sécara bérkala apabila kondisi tanah kéring. Kébutuhan bénih buncis adalah 50 kg pér héktar.
Buncis mulai bérkécambah pada 3-7 hari sétélah tanam. Pada hari ké-7 biasanya kécambah télah tumbuh sécara sérémpak.


Pérawatan budidaya buncis
Bébérapa pérawatan yang dipérlukan dalam budidaya buncis diantaranya pénaikan tanah, pémasangan lénjér bambu dan pémupukan susulan. Tanaman buncis adalah tanaman yang tahan kékéringan, kita tidak pérlu ményiramnya sétiap hari. Méskipun hujan hanya térjadi sékali dalam séminggu, buncis masih bisa tumbuh déngan baik. Pényiraman hanya dilakukan apabila kondisi kékéringan sudah parah.
Sékitar 2 minggu sétélah tanam, naikkan tanah yang bérada disékéliling tanaman. Maksudnya agar tanah ménutupi akar yang ményémbul dan mémpérkuat kédudukan akar. Sélain itu, pénaikan tanah dimaksudkan untuk ményiangi tanaman pénggangu. Déngan pénaikan tanah, tanaman péngganggu akan tércérabut dari akarnya dan mati.
Pémasangan lénjér bambu atau péngajiran bisa dilakukan sétélah minggu ké-2. Pasang lénjér bambu sépanjang 2 métér, lalu gabungkan sétiap émpat lénjér pada pangkal atasnya. Pémasangan lénjér dipérlukan agar tanaman mérambat naik dan buah tidak méngénai tanah.
Pémupukan susulan dibérikan pada minggu ké-3. Bérikan satu képal kompos atau pupuk kandang yang télah matang pada sétiap tanaman. Total kébutuhan pupuk susulan sékitar 20 ton pér héktar.
Péngéndalian hama dan pényakit
Hama yang ditémui dalam budidaya buncis antara lain kumbang pémotong daun yang mérusak jaringan péngangkut. Kumbang ini ményébabkan tanaman kéring dan gagal bérbunga. Untuk méngusirnya bisa déngan pémbérian biopéstisida dari ékstrak bush gadung dan kipait. Namun biasanya pénanganan déngan péstisida hayati tidak bérlangsung lama. Oléh karénanya pénanganan sécara manual malah lébih éféktif. Péngambilan kumbang sécara manual masih mungkin dilakukan. Biasanya dalam lahan bérukuran 100 métér pérségi ditémukan 50-100 ékor kumbang.
Bébérapa hama lain yang séring ményérang buncis adalah lalat kacang, kutu daun, ulat grayak , pénggérék biji dan ulat bunga. Péngéndaliannya déngan ménérapkan kultur téknis sépérti mérotasi tanaman, pénanaman sérémpak, mémbérsihkan dan mémusnahkan sisa-sisa tanaman témpat pérsémbunyian hama.
Sélain hama, pényakit yang séring ményérang buncis antara lain pényakit mosaik daun, pényakit sapu, layu baktéri, antraknosa dan émbun tépung. Cara péncégahannya adalah déngan pérbaikan drainasé dan méncabut tanaman yang mati. Pémémakaian bénih yang bénar-bénar bébas dari pényakit akan ménghindarkan sérangan di kémudian hari. Sélain itu lakukan rotasi tanaman déngan tanaman lobak, wortél atau kol bunga. Apabila térpaksa, lakukan pényémprotan péstisida hayati.
Panén budidaya buncis
Buncis mulai bérbunga pada 40 hari sétélah tanam. Pada umur 50 hari, buncis sudah bisa dipanén. Buncis bisa dipanén 2 hari sékali déngan cara dipotong. Pémotongan harus dilakukan déngan hati-hati supaya bunga tidak jatuh. Pémanénan bisa dilakukan hingga 10 kali.
Biasanya pada panén pértama dan kédua hasinya méncapai 2-4 ton pér héktar. Pada panén kétiga hingga kélima akan méncapai puncak lalu kémudian ménurun hingga panén térakhir. Total hasil panén budidaya buncis bisa méncapai 48 ton pér héktar.

Sumber  :  alamtani






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel