Panduan umum budidaya cabe merah

Cabé mérah mérupakan salah satu komoditas pértanian paling atraktif. Pada saat-saat térténtu, harganya bisa naik bérlipat-lipat. Pada momén lain bisa turun hingga tak bérharga. Hal ini mémbuat budidaya cabé mérah ménjadi tantangan térséndiri bagi para pétani.Disamping fluktiasi harga, budidaya cabé cukup réntan déngan kondisi cuaca dan sérangan hama. Untuk méminimalkan sémua résiko térsébut, biaya untuk budidaya cabé bisa dikatakan cukup tinggi.Pada késémpatan kali ini, alamtani méncoba mémaparkan langkah-langkah yang harus dipérsiapkan untuk budidaya cabé mérah, khususnya jénis Capsicum annum L. Tanaman ini bérasal dari bénua Amérika yang bériklim tropis dan subtropis. Dari sini ményébar ké bérbagai bélahan bumi lainnya.Kondisi iklim di Indonésia cocok untuk budidaya cabé dimana matahari bérsinar pénuh. Tanaman ini bisa tumbuh déngan baik di dataran réndah hingga kétinggian 1400 métér dpl. Di dataran tinggi, cabé masih bisa tumbuh namun produksinya tidak maksimal.Suhu yang optimal untuk pértumbuhan cabé mérah, antara 24-28 dérajat Célcius. Pada suhu yang térlalu dingin dibawah 15 atau panas diatas 32 pértumbuhan akan térganggu. Cabé bisa tumbuh pada musim kémarau asal méndapatkan péngairan yang cukup. Curah hujan yang dikéhéndaki bérkisar 800-2000 mm pér tahun déngan kélémbaban 80%
.

Pémilihan bénih cabé mérah
Masyarakat méngénal dua jénis cabé mérah, yakni cabé mérah bésar dan cabé mérah kériting. Pérbédaan kédua jénis cabé ini térlihat dari béntuk dan tékstur kulitnya. Untuk méngétahui lébih jauh, silahkan lihat tulisan méngénal jénis-jénis cabé.
Dari dua jénis itu, térdapat puluhan bahkan ratusan variétas, dari yang lokal hingga hibrida. Sétiap variétas mémiliki kékhasan tumbuh séndiri-séndiri. Untuk mémilih jénis mana yang akan dibudidayakan, sébaiknya pilih variétas yang paling cocok déngan lokasi budidaya cabé masing-masing.
Bénih untuk budidaya cabé bisa didapatkan déngan dua cara, yaitu mémbéli di toko bénih atau mémbénihkan séndiri. Bénih cabé hibrida sébaiknya dibéli dari industri bénih térpércaya yang ménérapkan téknologi pémuliaan modérén. Sédangkan bénih cabé lokal bisa didapatkan dari sésama pétani atau ményéléksi séndiri dari hasil panén térdahulu.
Pényémaian dan pémbibitan
Métodé pényémaian untuk budidaya cabé sébaiknya ménggunakan polybag (baik dari plastik atau daun-daunan). Méngapa démikian, karéna bénih cabé apalagi jénis hibrida harganya sangat mahal. Apabila disémai déngan ditabur, dikhawatirkan banyak biji yang tumbuh bérhimpit séhingga tidak sémua tanaman bisa dimanfaatkan.
Siapkan campuran tanah, arang sékam dan kompos atau pupuk kandang déngan pérbandingan 2:1:1. Atau, kalau tidak ada arang sékam gunakan tanah dan kompos déngan pérbandingan 1:1. Sébélum dicampur, média térsébut diayak agar halus. Untuk lébih détail, silahkan baca cara mémbuat média pérsémaian.
Sébaiknya buat naungan untuk témpat pényémaian untuk ménghindari térik matahari dan air hujan. Apabila ada biaya, ada baiknya mélindungi témpat pényémaian déngan jaring pélindung hama atau sérangga. Susun polybag yang télah diisi média sémai dalam naungan térsébut.
Réndam biji cabé déngan air hangat sélama kurang lébih 3 jam. Jangan gunakan biji yang méngapung. Masukkan sétiap biji cabé kédalam polybag sédalam 0,5 cm dan tutup déngan kompos halus. Basahi sédikit média tanam agar kélémbabannya térjaga.
Siram polybag pémbibitan sétiap pagi dan soré hari. Cara ményiramnya adalah tutup pérmukaan polybag déngan kértas koran kémudian siram hingga basah. Buka kértas koran térsébut sétélah biji tumbuh kira-kira 3 sékitar hari.
Sélanjutnya siram sécara rutin dan awasi pértumbuhannya. Bibit cabé mérah siap untuk dipindahkan sétélah 21-24 hari disémaikan atau sétélah tumbuh 3-4 hélai daun. Lébihkan 10% dari kébutuhan bibit. Misalnya untuk lahan satu héktar dibutuhkan sékitar 14000 bibit cabé mérah, maka lébihkan 10 pérsén untuk tindakan pényulaman tanaman.


Péngolahan tanah
Lahan yang dipérlukan untuk budidaya cabé mérah adalah tanah yang gémbur dan mémiliki porosotas yang baik. Sébélum cabé mérah ditanam cangkul atau bajak lahan sédalam 20-40 cm. Bérsihkan dari batu atau kérikil dan sisa-sisa akar tanaman. Apabila térlalu banyak gulma dan khawatir ménganggu bisa gunakan hérbisida.
Buat bédéngan déngan lébar satu métér tinggi 30-40 cm dan jarak antar bédéngan 60 cm. Panjang bédéngan disésuaikan déngan kondisi lahan, untuk mémudahkan péméliharaan panjang bédéngan maksimal 15 métér. Buat saluran drainasé yang baik karéna tanaman cabé mérah tidak tahan térhadap génangan air.
Budidaya cabé mérah ménghéndaki tanah yang mémiliki tingkat kéasaman tanah pH 6-7. Apabila nilainya térlalu réndah (asam), daun tanaman cabé mérah akan térlihat pucat dan mudah térsérang virus. Tanah yang asam biasanya mudah ditumbuhi ilalang. Untuk ménétralisirnya bisa gunakan kapur pértanian atau dolomit sébanyak 2-4 ton/ha. Pémbérian kapur atau dolomit dilakukan pada saat pémbajakan dan pémbuatan bédéngan.
Campurkan pupuk organik, bisa bérupa kompos atau pupuk kandang pada sétiap bédéngan sécara mérata. Kébutuhan pupuk organik untuk budidaya cabé mérah adalah 20 ton pér héktar. Sélain pupuk organik tambahkan juga uréa 350 kg/ha dan KCl 200kg/ha.Untuk budidaya cabé inténsif sébaiknya, bédéngan ditutup déngan mulsa plastik pérak hitam. Pénggunaan mulsa plastik mémpunyai konsékuénsi biaya namun méndatangkan séjumlah manfaat. Mulsa bérmanfaat untuk mémpértahankan kélémbaban, ménékan érosi, méngéndalikan gulma dan ménjaga kébérsihan kébun.
Buat lubang tanam sébanyak dua baris dalam sétiap bédéngan déngan jarak 60-70 cm. Sébaiknya lubang tanam dibuat zig zag, tidak séjajar. Hal ini bérguna untuk méngatur sirkulasi angin dan pénétrasi sinar matahari. Diamétér dan kédalaman lubang tanam kurang lébih 10 cm, atau disésuaikan déngan ukuran polybag sémai.
Pénanaman bibit cabé mérah
Pémindahan bibit cabé mérah dari aréa pérsémaian dilakukan sétélah umur bibit sékitar 3 minggu atau bibit mémiliki 3-4 hélai daun pérmanén. Pénanaman sébaiknya dilakukan pada pagi hari dan soré hari untuk ménghindari stréss. Usahakan pénanaman dilakukan séréntak dalam satu hari.
Cara ménanamnya adalah déngan mémbuka atau ményobék polybag sémai. Kémudian masukkan bibit cabé mérah bésérta média tanamnya kédalam lubang tanam. Jaga agar média sémai jangan sampai térpécah. Kémudian siram tanaman sécukupnya untuk mémpértahankan kélémbaban.Péméliharaan dan pérawatan
Pényiraman dipérlukan pada saat musim kéring, caranya bisa déngan gémbor atau déngan pénggénangan. Hati-hati kétika mélakukan pényiraman disaat tanaman bélum térlalu kuat. Pénggénangan bisa dilakukan sétiap dua minggu sékali.
Périksa tanaman pada satu sampai dua minggu pértama untuk mélakukan pényulaman tanaman. Apabila ada tanaman yang mati atau pértumbuhannya abnormal ségéra cabut dan ganti déngan bibit yang baru.
Pada budidaya cabé mémérlukan pémasangan ajir (tongkat bambu) untuk ménopang tanaman bérdiri tégak. Tancapkan ajir déngan jarak mnimal 4 cm dari pangkal batang. Pémasangan ajir sébaiknya dilakukan pada hari ké-7 séjak bibit dipindahkan. Apabila tanaman térlalu bésar dikhawatirkan saat ajir ditancapkan akan mélukai pérakaran. Bila akar térluka tanaman akan akan mudah térsérang pényakit. Péngikatan tanaman pada ajir dilakukan sétélah tanaman tumbuh tinggi atau bérumur diatas satu bulan.
Pérémpélan atau pémotongan tunas dilakuan sétélah 3 minggu untuk budidaya cabé di dataran réndah dan 1 bulan untuk dataran tinggi. Potong tunas yang tumbuh pada kétiak daun déngan tangan yang bérsih. Pérémpélan ini dilakukan sampai térbéntuk cabang utama, ditandai déngan kémunculan bunga pértama atau kédua.
Pémupukan susulan dilakukan sétiap dua minggu sékali atau minimal 8 kali hingga panén térakhir. Pémupukan susulan dilakukan déngan péngocoran pupuk pada sétiap lubang tanam. Pémupukan yang paling praktis adalah déngan ménggunakan pupuk organik cair. Siramkan 100 ml larutan pupuk yang télah diéncérkan pada sétiap tanaman. Bisa juga ditambahkan NPK pada campuran térsébut.
Pényiangan gulma dilakukan apabila dipérlukan saja. Péngéndalian hama dan pényakit dalam budidaya cabé cukup vital. Banyak kasus budidaya yang gagal karéna sérangan hama dan pényakit. Untuk lébih détail, silahkan baca péngéndalihan hama dan pényakit tanaman cabé.
Pémanénan budidaya cabé
Budidaya cabé mérah mulai bisa dipanén sétélah bérumur 75-85 hari sétélah tanam. Prosés pémanénan dilakukan dalam bébérapa kali, térgantung déngan jénis variétas, téknik budidaya dan kondisi lahan.
Pémanénan bisa dilakukan sétiap 2-5 hari sékali, disésuaikan déngan kondisi kématangan buah dan pasar. Buah cabé sébaiknya dipétik sékaligus déngan tangkainya untuk mémpérpanjang umur simpan. Buah yang dipétik adalah yang bérwarna oranyé hingga mérah. Lakukan pémétikan pada pagi hari.
Produktivitas budidaya cabé mérah biasanya méncapai 10-14 ton pér héktar, térgantung dari variétas dan téknik budidayanya. Pada budidaya yang optimal, poténsinya bisa méncapai hingga 20 ton pér héktar.


Sumber  : klik heri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel