Lidah Kamu Berwarna Putih? Waspadalah, Ternyata Ini Dia Penyebabnya! Jangan disepelekan loh!

Apakah anda memiliki masalah dengan warna lidah anda atau lidah anda berwarna putih? Lidah yang berwarna putih itu dapat menandakan jika terdapat penyakit di dalam tubh anda, sedangkan lidah yang sehat dapat ditandai dengan lidah yang berwarna merah muda dan tertutup dengan nodul-nodul kecil yang dikenal dengan sebutan papilla.

Penyebab Lidah Putih

Lidah yang berwarna putih ini biasanya dapat terjadi karena bagian papilla yang terdapat pada lidah mengalami pertumbuhan yang terlalu berlebihan dan juga terjadi pembengkakan. Warna putih pada lidah tersebut biasanya muncul disebabkan oleh sisa-sisa makanan, sel kulit mati dan juga bakteri.

Walaupun lidah putih tersebut terlihat sangat mengkhawatirkan, tetapi gejala ini tidaklah berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya karena pada umumnya gejala ini hanya bersifat sementara. Namun ada juga beberapa jenis penyakit serius yang dapat ditandai dengan perubahan warna lidah, penyakit apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

1. Oral Lichen Planus

Oral lichen planus merupakan jenis penyakit yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang dapat ditandai dengan timbulnya garis-garis putih dan juga bercak putih pada area mulut serta lidah. Biasanya gejala ini dapat menimbulkan gejala seperti panas, perih, gusi bengkak dan juga timbul plak pada lapisan mulut yang disertai rasa nyeri. Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui, namun gejala ini hanya terjadi pada kasus berat saja. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan perawat kebersihan gigi dan mulut, kurangi asupan makanan yang dapat menyebabkan terjadinmya iritasi dan juga hentikan kebiasaan merokok.


2. Geographic Tongue

Geographic tongue merupakan suatu keadaan dimana papilla yang terdapat pada lidah menghilang dan tampak bagaikan sebuah pulau yang berwarna merah halus dengan pinggiran lidah berwarna putih. Penyebab dari keadaan ini masih belum dapat diketahui dengan pasti, namun kemungkinan masih ada hubungannya dengan faktor genetic. Hal ini dikarenakan, kondisi seperti ini merupakan jenis penyakit turunan atau psoriasis.  Walaupun kondisi ini tidak membahayakan kesehatan seperti infeksi dan kanker, namun anda akan merasa tidak nyaman dan terasa perih pada saat mengkonsumsi sesuatu. Jika kondisi ini tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Leukoplakia

Leukoplakia adalah salah satu kondisi yang ditandai dengan terjadinya pembentukan bercak putih pada area dalam mulut dan juga lidah, gejala ini biasanya dapat disebabkan oleh karena terlalu banyak kandungan protein keratin dan juga sel yang terdapat didalam mulut. Walaupun gejala ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun tanda bercak putih pada lidah tersebut tidak dapat dihilangkan hanya dengan menggunakan sikat atau alat pembersih lidah. Leukoplakia ini sering kali disebabkan oleh mereka yang sering merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol, jika kondisi ini dibiarkan saja selama bertahun-tahun dan tidak segera ditangani, maka dapat memicu resiko kanker.

4. Oral Thrush

Oral thrush atau juga dikenal dengan sebutan Candidiasis, kondisi ini dapat disebabkan oleh karena adanya pertumbuhan jamur Candida albicans yang terdapat pada lapisan bagian dalam mulut. Oral thrush ini dapat menimbulkan rasa nyeri , perih dan sensai terbakar. Biasanya oral thrush ini sering menyerang bayi dan juga orang tua. Pada orang dewasa biasanya dikarenakan sering konsumsi obat antibiotic, kekurang asupan zat besi, vitamin B, penurunan daya tahan tubuh dan juga bagi mereka yang menggunakan gigi palsu. Walaupun gejala ini tidak berbahaya dan dapat dikerok dengan menggunakan pembersih lidah, namun gejala ini dapat bertahan lama dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada mulut anda.

Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai penyebab lidah putih. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Bantu share ya ke teman-teman FB kamu, biar mereka tahu tentang info ini !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel