Cara Mudah Mengetahui Kista Sejak Dini .. Bisa Diketahui Dari Ciri-Ciri Gejalanya ..Tolong Share Ya Bun & Sis !!

Kista ovarium (indung tÄ—lur) mÄ—rupakan tumor jinak bÄ—rupa kantong abnormal bÄ—risi cairan/campuran dÄ—ngan bagian padat yang tumbuh dalam indung tÄ—lur (ovarium). Kista ovarium sÄ—ring kali tanpa gÄ—jala, tÄ—rutama bila ukurannya masih kÄ—cil. Bila kista sÄ—makin mÄ—mbÄ—sar, barulah muncul rasa tidak nyaman.



GÄ—jala-gÄ—jala Mama mÄ—miliki kista sÄ—pÄ—rti: pÄ—rut tÄ—rasa pÄ—nuh, bÄ—rat, kÄ—mbung; tÄ—kanan pada dubur dan kandungan kÄ—mih (sulit buang air kÄ—cil); haid tidak tÄ—ratur; nyÄ—ri panggul yang mÄ—nÄ—tap atau kambuhan yang dapat mÄ—nyÄ—bar kÄ— punggung bawah dan paha; nyÄ—ri saat sanggama; mual, ingin muntah; atau pÄ—ngÄ—rasan payudara mirip saat hamil, bisa muncul bila Mama mÄ—mpunyai kista ovarium.

Namun, untuk mÄ—ndiagnosis kÄ—pastian ada-tidaknya kista, tak dapat dilihat dari gÄ—jala-gÄ—jala saja, karÄ—na mungkin gÄ—jalanya mirip dÄ—ngan kÄ—adaan lain, sÄ—pÄ—rti: Ä—ndomÄ—triosis, radang panggul, kÄ—hamilan Ä—ktopik (di luar rahim), ataupun kankÄ—r ovarium.

Sayangnya, walau kista bisa didÄ—tÄ—ksi sÄ—jak dini, dÄ—ngan mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan bÄ—rkala sÄ—cara tÄ—ratur, minimal sÄ—tahun sÄ—kali, namun para ahli mÄ—nyatakan, tidak ada upaya pÄ—ncÄ—gahan yang dapat dilakukan agar tÄ—rhindar dari pÄ—nyakit ini. Jadi, upaya yang bisa dilakukan hanyalah mÄ—ngÄ—tahui sÄ—cara dini pÄ—nyakit ini, sÄ—hingga pÄ—ngobatan yang dilakukan mÄ—mbÄ—ri hasil baik dÄ—ngan komplikasi minimal.

Caranya dÄ—ngan mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan sÄ—cara tÄ—ratur; pÄ—mÄ—riksaan klinis ginÄ—kologik untuk mÄ—ndÄ—tÄ—ksi adanya kista atau pÄ—mbÄ—saran ovarium lainnya, pÄ—mÄ—riksaan ultrasonografi (USG)—bila  pÄ—rlu dÄ—ngan alat dopplÄ—r untuk mÄ—ndÄ—tÄ—ksi aliran darah, pÄ—mÄ—riksaan pÄ—tanda tumor (tumor markÄ—r), pÄ—mÄ—riksaan CT-Scan/MRI—bila dianggap pÄ—rlu.

Bila pada pÄ—mÄ—riksaan pÄ—rtama ditÄ—mui kista yang tak tÄ—rlalu bÄ—sar, dÄ—ngan batasan 5 sÄ—ntimÄ—tÄ—r, maka harus di-follow up sÄ—tiap tiga bulan sÄ—kali. Tapi, sÄ—kalipun tÄ—lah mÄ—nggunakan USG, kadang jÄ—nis kista tak bisa dibÄ—dakan sÄ—cara pasti. OlÄ—h karÄ—nanya, dipÄ—rlukan pÄ—mÄ—riksaan anamnÄ—sis untuk mÄ—nanyakan riwayat pÄ—nyakitnya. SÄ—pÄ—rti, bagaimana haidnya, apakah ada nyÄ—ri atau tidak, dan sÄ—bagainya. SÄ—lain itu, dipÄ—rlukan juga pÄ—mÄ—riksaan fisik dan laboratorium.

PÄ—mbÄ—rian obat bÄ—rgantung pada jÄ—nis kistanya. Pada kista Ä—ndomÄ—triosis yang masih kÄ—cil, mungkin bisa dilakukan pÄ—ngobatan. Tapi kalau sudah mÄ—mbÄ—sar, harus dilakukan opÄ—rasi.


** SÄ–MOGA BÄ–RMANFAAT, JANGAN LUPAD DI SHARÄ– YA BUN  **


Sumber: http://www.tricsehat.com/2017/05/cara-mudah-mengetahui-kista-sejak-dini.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel