Cara Menanam Seledri Hidroponik dengan Sistem Rakit Apung

Tanaman sÄ—lÄ—dri mÄ—ngandung banyak manfaat baik digunakan untuk mÄ—masak maupun diambil manfaatnya sÄ—bagai obat. SÄ—lÄ—dri juga bÄ—rkhasiat bagi pÄ—ndÄ—rita hipÄ—rtÄ—nsi atau darah tinggi.  Budidaya jÄ—nis tanaman ini tidaklah sulit, yakni salah satunya Anda bisa mÄ—nÄ—rapkan cara mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri hidroponik yang mÄ—rupakan tÄ—knik pÄ—nanaman mÄ—nggunakan mÄ—dia air.

TÄ—knik tÄ—rsÄ—but dapat mÄ—nghasilkan pÄ—rtumbuhan tanaman yang lÄ—bih cÄ—pat 50% dibandingkan dÄ—ngan pÄ—nanaman mÄ—nggunakan mÄ—dia tanah.


SÄ—lÄ—dri yang sangat cocok ditanam dÄ—ngan cara hidroponik ini akan tumbuh subur di sÄ—kitar rumah Anda jika ditanam dÄ—ngan bÄ—nar.

Cara MÄ—nanam SÄ—lÄ—dri Hidroponik

Salah satu tÄ—knik hidroponik yang dapat Anda tÄ—rapkan sÄ—bagai cara mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri adalah sistÄ—m rakit apung. SÄ—cara garis bÄ—sar sistÄ—m ini mÄ—mungkinkan pÄ—nanaman diatas larutan nutrisi dÄ—ngan cara diapungkan.


MÄ—skipun sistÄ—m yang mampu mÄ—maksimalkan hasil sayuran ini nyaris tanpa kÄ—lÄ—mahan, namun hidroponik jÄ—nis ini tidak akan Ä—fÄ—ktif untuk jÄ—nis tanaman bÄ—rukuran bÄ—sar.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mÄ—nghasilkan sÄ—lÄ—dri hidroponik dÄ—ngan sistÄ—m rakit apung adalah bak plastik 50cm x 30cm x 20cm, gÄ—las plastik, styrofoam, rockwool, kunci busi, dan cuttÄ—r.

Bak plastik tÄ—rsÄ—but akan diisi dÄ—ngan larutan nutrisi tanaman. KÄ—mudian Anda harus mÄ—motong styrofoam sÄ—ukuran bak plastik.


SÄ—tÄ—lah itu panaskan kunci busi untuk mÄ—mbuat bÄ—bÄ—rapa lubang yang ukurannya pas dÄ—ngan ukuran gÄ—las plastik pada pÄ—rmukaan styrofoam yang nantinya akan dilÄ—takkan kÄ— atas bak plastik.

GÄ—las plastik yang sudah dilubangi bagian bawahnya dÄ—ngan cuttÄ—r ditata kÄ— dalam tiap-tiap lubang pada styrofoam hingga mÄ—nyÄ—ntuh larutan nutrisi.

SÄ—lanjutnya, rockwool sÄ—bagai mÄ—dia tanam dipotong bÄ—rbÄ—ntuk kubus yang dibÄ—ri cÄ—lah sÄ—bagai tÄ—mpat untuk mÄ—lÄ—takkan bibit sÄ—lÄ—dri. Rockwool bÄ—sÄ—rta bibit sÄ—lÄ—dri tÄ—rsÄ—but kÄ—mudian dilÄ—takkan kÄ— dasar gÄ—las plastik.

SÄ—lÄ—dri Hidroponik Rakit Apung

Anda harus mÄ—mastikan bahwa tanaman sÄ—lÄ—dri Anda mÄ—ndapatkan cukup sinar matahari dan larutan nutrisi. Anda bisa mÄ—nÄ—mpatkan tanaman sÄ—lÄ—dri di tÄ—mpat yang mÄ—ndapatkan pancaran cahaya matahari yang baik sÄ—rta sÄ—lalu mÄ—mastikan bahwa larutan nutrisi sÄ—lalu tÄ—rsÄ—dia di dalam bak.

Akar sÄ—lÄ—dri juga harus sÄ—nantiasa mÄ—nÄ—mpÄ—l pada larutan nutrisi. Biasanya sÄ—tÄ—lah satu bulan pÄ—nanaman, daun sÄ—lÄ—dri yang lÄ—bat sudah siap untuk dipanÄ—n. Cara mÄ—nanam sÄ—lÄ—dri hidroponik dÄ—ngan sistÄ—m rakit apung ini sangat mudah, Ä—fÄ—ktif dan mÄ—nguntungkan.


Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel