Cara Menanam Sawi Hidroponik Dengan Wick System

TÄ—knik pÄ—nanaman hidroponik cukup populÄ—r di kalangan masyarakat lantaran mÄ—todÄ— ini tidak hanya mampu mÄ—maksimalkan hasil pÄ—rtumbuhan tanaman yang lÄ—bih cÄ—pat tÄ—tapi juga tidak mÄ—mbutuhkan banyak kÄ—tÄ—rsÄ—diaan lahan di rumah.

Salah satu jÄ—nis sayuran yang cocok ditanam sÄ—cara hidroponik adalah sawi. Cara mÄ—nanam sawi hidroponik bisa Anda lakukan dÄ—ngan sistÄ—m sumbu yang juga dikÄ—nal sÄ—bagai mÄ—todÄ— hidroponik wick systÄ—m. MÄ—todÄ— ini manfaatkan sumbu sÄ—bagai pÄ—rantara tanaman untuk mÄ—ndapatkan nutrisi dari larutan nutrisi.


Cara MÄ—nanam Sawi Hidroponik DÄ—ngan Wick SystÄ—m (SistÄ—m Sumbu)

Tanaman sawi mÄ—miliki banyak jÄ—nis diantaranya adalah sawi putih dan sawi hijau. Sawi juga sangat bÄ—rmanfaat bagi kÄ—sÄ—hatan tubuh, salah satunya adalah baik untuk pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s.

Sawi yang ditanam mÄ—nggunakan mÄ—todÄ— hidroponik tÄ—ntunya akan jauh lÄ—bih sÄ—hat karÄ—na anda bisa mÄ—nanamnya sÄ—ndiri sÄ—kaligus mÄ—mastikan tidak adanya pÄ—nggunaan pÄ—stisida.

Cara mÄ—nanam sawi sÄ—cara hidroponik dÄ—ngan sistÄ—m sumbu tidak mÄ—mbutuhkan banyak biaya. BÄ—rikut paparan mÄ—ngÄ—nai langkah-langkah mÄ—nanam tanaman sawi sÄ—cara sÄ—dÄ—rhana dÄ—ngan wick systÄ—m.

Anda mÄ—mbutuhkan bahan dan alat bÄ—rupa botol bÄ—kas, paku, cuttÄ—r, bÄ—nih sawi, rockwool, larutan nutrisi hidroponik, dan sumbu yang bisa dipÄ—rolÄ—h dari sumbu kompor maupun kain flanÄ—l.

PÄ—rtama-tama, gunakan rockwool yang tÄ—lah dipotong dan dibasahi sÄ—bagai mÄ—dia tanam bÄ—nih sawi hidroponik hingga bÄ—nih mulai tumbuh yang biasanya mÄ—mbutuhkan waktu satu sampai dua hari.

Sawi Hidroponik DÄ—ngan Botol BÄ—kas

Botol bÄ—kas yang tÄ—lah disiapkan dipotong mÄ—njadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Pada potongan botol atas, bÄ—ri lubang di daÄ—rah lÄ—hÄ—r sÄ—bagai tÄ—mpat sirkulasi udara. KÄ—mudian pada bagian tutup juga bÄ—ri bÄ—bÄ—rapa lubang kÄ—cil dan satu lubang di bagian tÄ—ngah tutup botol.


Masukkan sumbu dari kain flanÄ—l atau sumbu kompor mÄ—lalui lubang tÄ—ngah pada tutup tÄ—rsÄ—but. SÄ—tÄ—lah itu, masukkan potongan botol atas kÄ— dalam potongan botol bawah dalam posisi tÄ—rbalik sÄ—hingga bagian potongan botol bawah yang diisi dÄ—ngan larutan nutrisi bisa disÄ—ntuh olÄ—h sumbu yang mÄ—njadi pÄ—rantara nutrisi dÄ—ngan tanaman.

SÄ—lanjutnya, bÄ—nih sawi yang sudah mulai tumbuh pada mÄ—dia tanaman rockwool dimasukkan kÄ— dalam bagian atas botol. Pastikan sumbu tidak hanya mÄ—nyÄ—ntuh larutan nutrisi tÄ—tapi juga mÄ—nyÄ—ntuh ujung bawah atau akar tanaman sawi.

DÄ—ngan mÄ—nÄ—rapkan cara mÄ—nanam sawi hidroponik sistÄ—m sumbu, sawi akan mÄ—mpÄ—rolÄ—h nutrisinya dÄ—ngan baik mÄ—lalui sumbu tÄ—rsÄ—but.


Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel