Cara Menanam Padi di Pot

Pada saat ini banyak dari kalangan kita yang mencoba keberuntungan dengan menanam padi dengan cara menggunakan pot, pertanyaan dari cara ini apakanh hasil tanaman akan maksimal? Jawabannya adalah tentu hasilya akan maksimal namun satu hal yang perlu di perhatikan, bahwa setiap tanaman memerlukan kebutuhan yang harus di cukupi, walaupun medianya menggunakan media pot namun jika kebutuhan tanaman padi telah terpenuhi otomatis hasil yang di peroleh akan maksimal juga.

Pada tulisan kali ini kami akan mencoba membagi bagaimana cara menanam pada di pot dengan hasil maksimal. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan tahapan-tahapan yang akan kami jelaskan dibawah ini.
Cara Menanam Padi di Pot dengan Hasil Maksimal
Pertama pilih benih padi yang bagus, untuk jenis padi terserah Sahabat Inspirasi Berkebun. Cara memilih benih padi yang bagus secara praktis yaitu dengan cara memasukan benih padi kedalam gelas berisi air garam, garamnya secukupnya saja. Benih padi yang mengapung ialah benih yang kurang baik sedangkan benih padi yang tenggelam ialah benih yang baik.

Kedua rendam terlebih dahulu benih-benih padi tersebut kedalam air tawar selama 1 hari, hal tersebut bertujuan untuk melunakkan kulit biji benih padi.

Ketiga cari wadah, dapat berupa pipiti atau besek bambu. Setelah wadah didapatkan masukan tanah dengan campuran kompos ke dalam wadi tadi, dengan perbandingan 1:2 aduk-aduk hingga rata, basahi dengan MOL yang sudah diencerkan. MOL-nya 1 bagian saja dan airnya 15 bagian. Jadi total perbandingan tanah, kompos, MOL dan air adalah 1:2:1:15.

Keempat tebarkan benih-benih padi yang suda direndam tadi ke permukaan tanah kompos dalam wadah. Biarkan benih-benih padi ini tumbuh. Hari ke2 dan hari ke3 akan terlihat akar kecambah mulai bermunculan, warnanya putih. Hari ke6 dan hari ke7 mulai akan tumbuh menjadi bibit padi dengan daun dua lembar kecil-kecil.

Baca Juga: Teknik Minapadi Memberikan Keuntungan Hingga 150%

Kelima siapkan pot ukuran besar atau ember bekas berukuran besar. Isikan penuh kedalam pot tersebut campuran tanah dan kompos, siram dengan MOL seperti langkah ke3. Cukup becek-becek kering saja atau macak-macak. Jangan sampai basah serta air menggenang.

Keenam pada hari ke8, pilih salah satu bibit terbaik, satu saja, ambil secara hati-hati dengan pinset agar akar-akarnya bibit tidak terpotong, kemudian pindahkan bibit terbaik ke pot yang sudah Sahabat Inspirasi Berkebun siapkan. Cara menanam bibit padi dalam pot ini tidak ditanam dalam-dalam kedalam tanahnya, namun cukup ditaruh dipermukaannya secara hati-hati. Sisa bibit padi yang lain dalam wadah dapat ditanam dalam pot-pot lain.
Cara Menanam Padi di Pot
Ketujuh tiap hari tanaman padi dirawat. Jika ada rumput liar harus segera dicabut. Tiap tiga hari sekali sirami tanaman padi dengan MOL yang sudah diencerkan, jangan terlalu becek. Tanah diaduk secara pelan-pelan supaya udara dapat masuk. Hati-hati pada saat mengaduk tanah, jaga jangan sampai alat aduk mengenai akar padi muda ini.

Kedelapan lakukan perawatan pada tanaman padi dengan cara yang sama. Jika cara perawatan tanaman padi benar, maka bibit padi yang asalnya hanya satu, telah beranak pinak menjadi sekitar 100 batang padi yang masing-masing penuh dengan bulir padi. Dalam waktu 3 bulan hingga 4 bulan bulir-bulir padi dapat dipanen, tergantung dari jenis padinya.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menanam pada di pot dengan hasil maksimal. Kami berharap Sahabat Inspirasi Berkebun dapat mencoba teknik sederhana ini dirumah. Silahkan bagikan bagikan kiriman ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: inspirasipertanian. com/ 2016 /09/ belajar-d asar-c ara-m enanam-padi -di. html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel