Cara Mengatasi Penyakit Kuning Pada Tanaman Cabai

Penyakit kuning ialah gejala penyakit yang di sebabkan oleh salah satu virus tanaman yang mempunyai beberapa gejala sebelum tanaman cabai terserang virus penyakit kuning ini, sebenarnnya banyak sekali penyakit yang di alami oleh tanaman cabai dan cara penanganannya juga berbeda-beda ada juga yang sama.

Seorang petani tanaman cabai harus mengerti seluk beluk dari penyakit-penyakit yang di alami tanaman cabai sebelum proses penanaman tanaman cabai tersebut, supaya pada saat proses penanaman tanaman cabai berlangsung dan terjadi hal yang demikian petani sudah dapat melakukan penanganan, cara terbaik untuk mengobati penyakit pada tanaman cabai ialah dengan proses pencegahan supaya penyakit yang akan menyerang tanaman cabai dapat di cegah sedini mungkin serta tentunnya tidak menggangu proses pembudidayaan tanaman cabai.
 Cara Mengatasi Penyakit Kuning Pada Tanaman Cabai
Penyakit kuning pada tanaman cabai di sebabkan oleh adanya virus dari kelompok Genus Begomovirus, singkatan dari Bean golden mosaic virus, Famili Geminiviridae. Beberapa ciri gangguan penyakit kuning pada tanaman cabai di antarannya seperti dibawah ini.

Tanaman cabai yang terserang virus kuning menunjukkan gejala seperti daun tanaman cabai menguning cerah atau menguning pucat, daun tanaman cabai keriting dan daun kecil-kecil, tanaman cabai kerdil dan bunga rontok serta tanaman cabai tinggal ranting dan batang saja dan kemudian mati.

Penyakit kuning pada dasarnnya menyebar dari salah satu hama pengganggu tanaman cabai yaitu kutu putih atau kutu kebul (Bemisia tabaci) yang hinggap pada tanaman cabai, dari kutu putih tersebut yang menularkan virus penyakit kuning, Virus penyakit kuning memang tertanam pada kutu putih sehingga pada saat kutu putih telah hinggap pada tanaman cabai secara otomatis tanaman cabai akan langsung terserang penyakit kuning.

Ada beberapa cara pencegahan dan sekaligus dapat di jadikan penanganan penyakit kuning pada tanaman cabai, beberapa cara ini sebelumnnya telah dilakukan pengujian terlebih dahulu oleh beberapa petani lokal ada yang berhasil ada juga yang masih di serang oleh penyakit kuning ini.

Penanganan yang terlambat ialah salah satu faktor kegagalan dari penaganan penyakit kuning ini oleh karena itu penanganan yang tepat waktu sangat diperlukan dalam penagangan penyakit kuning ini, berikut ialah metode pengendalian penyakit kuning pada tanaman cabai.
 Cara Mengatasi Penyakit Kuning  Tanaman Cabai
Pengendalian penyakit kuning pada tanaman cabai meliputi pengolahan tanah dan pemupukan berimbang, penggunaan bibit tanaman cabai yang sehat, seperti pengerudungan persemaian dengan menggunakan kain kasa atau kelambu dan tempat persemaian yang terisolasi jauh dari lahan yang terserang penyakit.

Sanitasi lingkungan di sekitar pertanaman cabai termasuk menghilangkan gulma dan eradikasi tanaman cabai yang sakit sejak awal pertumbuhan dan mengatur waktu tanam supaya tidak bersamaan dengan tingginya populasi serangga penular, jarak tanam tanaman cabai yang tidak terlalu rapat serta pergiliran tanaman dengan tanaman yang bukan inang dari virus maupun serangga.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara mengatasi penyakit kuning pada tanaman cabai. Semoga cara ini dapat membantu Sahabat Inspirasi Berkebun dalam menangani penyakit kuning pada tanaman cabai milik Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan kiriman ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: inspirasi pertanian. com/ 2017/ 04/ gejala- dan- pengendalian- penyakit- kuning. html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel