Cara Membuat Okulasi Pada Tanaman Buah

Banyak cara untuk memperoleh tanaman buah agar cepat berbuah, manis dan mutu buahnya baik sesuai dengan tanaman induknya. Untuk mewujudkan keinginan tersebut Sahabat Inspirasi Berkebun bisa menggunakan cara cangkok, tempel pucuk (sambung pucuk), okulasi dan sambung sisip. 

Hal yang terpenting dalam okulasi ialah tersedianya batang bawah tanaman baik dari biji yang disemai maupun biji yg tumbuh tanpa di semai. Tersedianya pohon induk sebagai mata tunas yang telah diketahui kwalitas produksi buahnya. 

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat okulasi pada tanaman buah. Silahkan Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan langkah-langkah yang kami jelaskan dibawah ini.

Bahan-bahan dan Alat-alat yang dibutuhkan Untuk Okulasi:
Tanaman yang berasal dari biji yang telah tumbuh dan berbatang dengan diameter sebesar jari tangan.
Mata tunas atau batang atas dari tanaman yang sudah pernah berbuah. 
Tali atau karet 
Pisau 

Cara Melakukan Okulasi Pada Tanaman Buah: 
Pertama kupas kulit batang tanaman atau sayat dengan lebar kurang lebih 1,5 cm dan panjang kurang lebih 2 cm hingga 3 cm. Keluarkan kulit batang tanaman yang telah disayat tadi.

Kedua siapkan mata tunas dari pohon yang baik yaitu kulit tanaman mulus dan bahan mata tunas harus sudah terjatuh daunnya. Sayat tanaman dengan ukuran sama besar dengan ukuran batang bawah. 

Ketiga tempelkan kulit batang atas ke kulit batang bawah yang sudah dibuka. Selanjutnya ikat dengan tali atau karet untuk melekatkan mata tunas. 

Keempat setelah kurang lebih tiga minggu buka ikatan tali atau karet tadi, apabila kulit tempelan tadi menempel dengan baik dan masih segar dan tidak kering, maka potong batangnya kurang lebih 10 cm dari tempelan tadi.
Cara Membuat Okulasi Pada Tanaman Buah
Pemotongan batang atasnya berfungsi untuk merangsang tumbuhnya tunas baru dan tumbuhnya mata tunas tempelan tersebut. Jika ada tunas yang tumbuh diatas mata tempelan harap di buang, karena tunas tersebut adalah aslinya dari batang bawah. Apabila tumbuh tunas pada mata tunas tandanya okulasi Sahabat Inspirasi Berkebun berhasil. 

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara membuat okulasi pada tanaman buah. Semoga Sahabat Inspirasi Berkebun dapat mencobanya dirumah untuk menambah koleksi tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: Suaib Dki (https:// www. Facebook .com/ suaib. dki)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel