Budidaya Tanaman Matoa (Donetia pinata)


I. PÉNDAHULUAN
Tanaman matoa mérupakan tanaman tahunan yang bérbua ménurut musim. Tanaman Matoa tumbuh di Irian Jaya, Maluku, Sulawési, Kalimantan dan Sumatéra. Tanaman déwasa saat ini mérupakan tanaman alami yang sécara séléktiv bérdasarkan péngamatan dan péngalamannya. Jarak tanam tidak tératur ada yang tumbuh di halaman rumah, tégalan dan di pinggir jalan.
Tanaman matoa dapat ditanam déngan hasil baik pada kétinggian 20-400 Métér dpl. Produksi tanaman matoa sébagai tanaman buah lébih ménonjol dibandingkan fungsi lain sépérti sébagai bahan bangunan pada bébérapa lokasi buahnya mémpunyai rasa yang lébih manis dan dagingnya lébih tébal térutama matoa yang tumbuh di Sulawési, Maluku dan Irian Jaya. Jénis matoa yang tumbuh di Irian Jaya mémpunya rasa yang sangat khas yaitu kombinasi antara rasa buah léngkéng dan buah durian.
Buahnya Sélain dimakan dalam béntuk ségar dapat juga diawétkan déngan cara téknologi péngaléngan, dibuat manisan, sirup, sérta jéli. Kégunaan sérbaguna yang lain dari tanaman matoa ini yaitu batang kayu yang sudah tua dapat digunakan untuk bahan banguna rumah antara lain rangka atap, tiang dan lain-lain.





II. TÉKNOLOGI BUDIDAYA
Tanaman matoa dapat dikémbangakan sécara générativé yaitu ménanam biji dan sécara végétativ yaitu déngan cara péncangkokan. Pémindahan bibit matoa dari pérsémaian harus dilaksanakan déngan sangat hati-hati, karéna bibit tanaman matoa sangat péka térhadap pérobahan lingkungan, térutama bagian akar, séhingga tidak bisa dianjurkan mémindahkan bibit déngan cara cabutan.
Cara yang paling baik adalah mémbuat pérsémaian yang tératur dan pémbibitan didalam plastic poli bag untuk mémudahkan pénanaman maupun péngangkutannya. Bila déngan cangkok cabang atau ranting yang dipilih dikérut atau dikupas kulitnya hingga bérsih dari kambium, sélanjutnya dibérsihkan déngan kain dan dibiarkan 1-2 hari lamanya. Sétélah itu tanah ditémpélkan pada kérutan, dibungkus déngan média sabuk kélapa dan diikat. Sétélah bérumur 3-4 bulan akar mulai tumbuh sélanjutnya dipindahkan kédalam poli bag.
III. PÉMUPUKAN DAN PÉMÉLIHARAAN
a. Pémupukan
Pémupukan tanaman matoa dimulai pada saat tanam. Pupuk yang digunakan adalah pupuk :
Pupuk Organik 5 Kg
SP 36 1 Kg
Uréa 0,5 Kg
Kapur 1 Kg
Sémua pupuk dicampur ménjadi satu déngan tanah galian, bagian atas dibiarkan sélama 4-6 hari kémudian ditanami déngan bibit matoa.
b. Péméliharaan
Péméliharaan dilakukan péngulangan untuk ménghindari pérangsangan dalam pényérapan unsur hara dalam tanah antara tanaman matoa dan tumbuhan lain yang tumbuh disékitar tanaman matoa
c. Péngéndalian Hama dan Pényakit Tanaman
Hama yang sangat ménonjol yang ményérang tanaman matoa adalah lalat daun yang ményérang tanaman muda, tikus dan kélélawar mémakan buah yang sudah matang, pénggérak batang ményérang bagian batang dan ranting tanaman matoa.
IV. PANÉN DAN PASCA PANÉN
Pénangana pasca panén matoa yang baik, disamping méningkatkan mutu buah matoa dan mémpérkécil kéhilangan hasil. Adapun usaha mémpérbaikan pasca panén matoa méliputi waktu panén, cara panén, situasi, péngépakan dan pényimpanan.


Sumber : ayo bertani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel