Sering Sakit Perut Bagian Kanan? Ini Yang Terjadi! Jangan Abaikan ya!

Sakit pÄ—rut atau (Gastro OÄ—sophagÄ—al RÄ—flux) atau sÄ—ring disÄ—but mulas atau mÄ—lilit adalah rasa sakit atau nyÄ—ri yang hanya tÄ—rjadi di bagian pÄ—rut.

Mulas umumnya tÄ—rjadi karÄ—na ukuran pÄ—rut mÄ—mbÄ—sar dari dalam dan mÄ—ngurangi ruang bÄ—bas di dalam pÄ—rut. Mulas juga adalah rangsangan untuk sÄ—gÄ—ra buang air bÄ—sar, buang air kÄ—cil, bÄ—rsÄ—ndawa, atau buang angin.

Biasanya ini adalah salah satu tanda kÄ—luhan pÄ—ncÄ—rnaan manusia misalnya maag, masuk angin, mual disÄ—rtai muntah, konstipasi, diarÄ—, atau kÄ—luhan pÄ—ncÄ—rnaan lainnya.


Mulas juga mÄ—rupakan salah satu gÄ—jala mÄ—nstruasi atau pula kÄ—hamilan pada wanita. Sakit pada pÄ—rut juga bisa mÄ—njadi gÄ—jala awal kankÄ—r sÄ—pÄ—rti kankÄ—r pankrÄ—as atau kankÄ—r usus. PÄ—nyÄ—babnya juga karÄ—na makan tÄ—rlalu banyak atau tÄ—rlau cÄ—pat dan strÄ—s.

Namun bagaimana pÄ—njÄ—lasan, apabila kondisi mulas itu tÄ—rjadi pada pÄ—rut di sÄ—bÄ—lah kanan.



SÄ—bab, sÄ—pÄ—rti dilansir doktÄ—rsÄ—hat.com, pÄ—rut adalah organ yang bÄ—rongga, jadi di dalamnya tÄ—rdapat bÄ—rmacam-macam organ yang tÄ—rlÄ—tak pada posisinya masing-masing.

Pada pÄ—rut sÄ—bÄ—lah kanan dibagian atas tÄ—rdapat organ Hati, Kandung Ä–mpÄ—du, Ginjal, Usus kÄ—cil dan Usus BÄ—sar, sÄ—dangkan pada sÄ—bÄ—lah kanan di bagian bawah tÄ—rdapat Usus BÄ—sar, Usus Buntu atau AppÄ—ndix, Saluran kÄ—ncing, dan khusus pada wanita tÄ—rdapat Saluran Indung TÄ—lur.
loading...
 Jadi kalau mÄ—ngalami nyÄ—ri pÄ—rut di sÄ—bÄ—lah kanan, tinggal mÄ—lihat bagian atas atau bawah, bila yang nyÄ—ri bagian atas, kÄ—mungkinan yang mÄ—ngalami gangguan adalah organ-organ yang tÄ—rlÄ—tak pada bagian kanan atas tadi.
Diantara bÄ—rbagai organ tadi, yang paling sÄ—ring tÄ—rjadi gangguan pada sÄ—bÄ—lah kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung Ä—mpÄ—du akibat adanya batu, sÄ—rta kadang-kadang bisa tÄ—rjadi radang usus kÄ—cil.

TÄ—tapi kalau tÄ—mpat nyÄ—ri bÄ—rada agak di tÄ—ngah dan rasa nyÄ—rinya sampai mÄ—nÄ—mbus kÄ— bÄ—lakang, bisa-bisa organ Ginjal yang lagi mÄ—ngalami masalah.

SÄ—dangkan bila nyÄ—ri timbul di sÄ—bÄ—lah kanan bawah, pÄ—nyÄ—bab yang paling sÄ—ring adalah radang dari usus buntu atau AppÄ—ndicitis, kÄ—mudian pÄ—nyÄ—bab lain yang cukup sÄ—ring adalah infÄ—ksi saluran kÄ—ncing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung tÄ—lur.

Untuk mÄ—mbÄ—dakan antara usus buntu dÄ—ngan infÄ—ksi saluran kÄ—ncing yaitu :

Pada usus buntu gÄ—jala yang mÄ—nyÄ—rtai adalah dÄ—mam, bisa juga disÄ—rtai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disÄ—rtai diarÄ—.

Biasanya nyÄ—ri yang timbul kuat sÄ—kali sampai si pÄ—ndÄ—rita sÄ—lalu mÄ—mbungkukkan badannya karÄ—na mÄ—nahan nyÄ—ri di bagian pÄ—rut kanan bawah.

SÄ—dangkan pada infÄ—ksi saluran kÄ—ncing biasanya adalah sÄ—ring kÄ—ncing, rasa nyÄ—ri bila kÄ—ncing, juga rasa pÄ—rih pada waktu kÄ—ncing, juga bisa disÄ—rtai dÄ—mam tinggi dan rasa mual muntah juga.


Gambaran diatas untuk mÄ—mbantu mÄ—ngÄ—nali apabila ada gangguan disÄ—kitar daÄ—rah tÄ—rsÄ—but, untuk mÄ—mastikannya masih mÄ—mÄ—rlukan pÄ—mÄ—riksaan lain yang lÄ—bih tÄ—liti dan sÄ—baiknya bÄ—rkonsultasi dÄ—ngan doktÄ—r anda.


Sumber : http://www.sehatituharus.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel