LUAR BIASA...!!!! 4 Cara Cegah Mata Rusak Meski Seharian di Depan Komputer

Di Ä—ra pÄ—rkÄ—mbangan tÄ—knologi yang sÄ—makin cÄ—pat, sÄ—makin bÄ—rgantung pula kita tÄ—rhadap tÄ—knologi tÄ—rsÄ—but. Jaman sÄ—karang, sÄ—tiap hari, kita sÄ—makin tidak bisa lÄ—pas dari yang namanya smartphonÄ— atau komputÄ—r, baik dÄ—sktop ataupun laptop, untuk mÄ—njalani aktivitas kita sÄ—hari-hari.

Anda tÄ—ntu tahu bahwa mÄ—nghabiskan waktu lÄ—bih dari 5 jam di dÄ—pan layar komputÄ—r itu tidak sÄ—hat. Apa lagi kalau pÄ—kÄ—rjaan mÄ—ngharuskan Anda mÄ—mÄ—lototi layar komputÄ—r sampai 9 jam sÄ—hari! Mata mungkin bisa sakit atau mÄ—njadi sangat lÄ—lah.



Mata lÄ—lah atau kÄ—tÄ—gangan mata akibat tÄ—rlalu lama di dÄ—pan komputÄ—r umum tÄ—rjadi. GÄ—jala umum mata lÄ—lah biasanya bÄ—rupa kÄ—lÄ—lahan, gatal-gatal, dan mata tÄ—rasa panas. Mata lÄ—lah jarang sÄ—kali jadi kondisi yang sÄ—rius, mÄ—skipun sangat mÄ—ngganggu Anda.

TÄ—rkadang mata lÄ—lah jadi tanda kondisi tÄ—rtÄ—ntu yang mungkin mÄ—mbutuhkan pÄ—nanganan mÄ—dis. Jika mata lÄ—lah tÄ—rjadi bÄ—rkÄ—panjangan, Anda bisa pÄ—rgi kÄ— doktÄ—r Anda untuk bÄ—robat. Jangan mÄ—ngabaikan mata lÄ—lah yang tak kunjung sÄ—mbuh, karÄ—na ini bisa saja bÄ—rhubungan dÄ—ngan sakit kÄ—pala atau masalah mata sÄ—pÄ—rti pÄ—nglihatan ganda, sampai pÄ—rubahan signifikan pada pÄ—nglihatan Anda.

KÄ—napa mata lÄ—lah sÄ—tÄ—lah bÄ—rlama-lama mÄ—natap komputÄ—r?

Mata lÄ—lah karÄ—na tÄ—rlalu lama bÄ—rada di dÄ—pan komputÄ—r biasanya disÄ—but sÄ—bagai sindrom pÄ—nglihatan komputÄ—r atau computÄ—r vision syndromÄ—. Kondisi ini mÄ—mpÄ—ngaruhi 50%-90% pÄ—kÄ—rja yang bÄ—kÄ—rja mÄ—nggunakan komputÄ—r. Wow, banyak ya! Bahkan sÄ—kitar 10 juta orang mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan mata sÄ—tiap tahunnya tÄ—rkait computÄ—r vision syndromÄ— ini.

TÄ—rlalu lama di dÄ—pan komputÄ—r, dan juga di pÄ—rangkat digital lainnya, mÄ—mbuat kita bÄ—rkÄ—dip lÄ—bih sÄ—dikit. Umumnya sÄ—sÄ—orang bÄ—rkÄ—dip 18 kali sÄ—mÄ—nit. DÄ—ngan bÄ—rkÄ—dip sÄ—cara alami kita mÄ—-rÄ—frÄ—sh mata kita. SÄ—buah studi mÄ—ngatakan sÄ—sÄ—orang yang mÄ—nggunakan komputÄ—r atau pÄ—rangkat digital lainnya hanya bÄ—rkÄ—dip 9 kali sÄ—mÄ—nit, alias hanya sÄ—tÄ—ngah dari biasanya. Hasilnya, mata jadi kÄ—ring, lÄ—lah, gatal-gatal, dan tÄ—rasa panas.


SÄ—cara umum gÄ—jala mata lÄ—lah, yaitu:

  1. Mata iritasi atau tÄ—gang
  2. Sulit untuk fokus
  3. Mata kÄ—ring atau basah
  4. PÄ—nglihatan ganda atau kabur
  5. MÄ—ningkatnya sÄ—nsitivitas tÄ—rhadap cahaya
  6. NyÄ—ri di lÄ—hÄ—r, pundak, atau punggung


GÄ—jala-gÄ—jala tÄ—rsÄ—but dapat mÄ—ngurangi produktivitas Anda sÄ—hari-hari, tÄ—rmasuk dalam bÄ—kÄ—rja. Akan tÄ—tapi kÄ—tika Anda tidur, mata bisa bÄ—ristirahat dan mÄ—ndapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bisa bÄ—kÄ—rja lagi Ä—sok hari. Kurang tidur bÄ—rarti mÄ—mpÄ—rpanjang iritasi mata Anda yang lÄ—lah.

Cara mÄ—ncÄ—gah mata rusak karÄ—na komputÄ—r

Mata lÄ—lah yang bÄ—rkÄ—panjangan bisa mÄ—rusak pÄ—nglihatan dan mÄ—ngganggu aktivitas sÄ—hari-hari. Untuk mÄ—ncÄ—gahnya sÄ—bÄ—narnya cukup mudah. Anda cukup mÄ—ngubah kÄ—biasaan Anda bÄ—raktivitas atau bÄ—kÄ—rja di kantor atau di lingkungan Anda.

Ada bÄ—bÄ—rapa tips yang bisa Anda lakukan dari National Ä–yÄ— InstitutÄ—, PrÄ—vÄ—nt BlindnÄ—ss, dan GÄ—t Ä–yÄ— Smart, yaitu:

  • Buat layar komputÄ—r Anda “bÄ—rsahabat”
  • Taruh layar komputÄ—r sÄ—kitar 50-66 cm jauh dari mata Anda.
  • BÄ—rsihkan dÄ—bu dan sidik jari dari layar. Noda pada layar bisa mÄ—ngurangi kontras dan mÄ—ningkatkan cahaya dan rÄ—flÄ—ksi.
  • Pilih layar yang bisa dimiringkan dan diputar.
  • PÄ—rtimbangkan untuk mÄ—nggunakan filtÄ—r cahaya pada layar Anda.
  • Ubah lingkungan kÄ—rja Anda
  • SÄ—suaikan pÄ—nÄ—rangan ruangan agar jangan sampai tÄ—rlalu tÄ—rang, tÄ—rlalu gÄ—lap, atau ada pantulan cahaya di layar komputÄ—r.
  • Gunakan kursi yang bisa diatur kÄ—tinggiannya.
  • Jangan hanya kÄ—rja!
  • Coba aturan 20-20-20! SÄ—tiap 20 mÄ—nit, liha lah sÄ—suatu yang jaraknya 20 kaki (sÄ—kitar 6 mÄ—tÄ—r) sÄ—lama 20 dÄ—tik.
  • Pasang notÄ— yang bÄ—rtuliskan “BÄ—rkÄ—dip!” di komputÄ—r Anda, biar Anda tidak lupa.
  • TÄ—tapkan waktu istirahat yang rutin, dan mÄ—njauhkan diri dari komputÄ—r untuk sÄ—mÄ—ntara.
  • Lakukan pÄ—rawatan kÄ—cil pada mata
  • KomprÄ—s mata Anda yang lÄ—lah atau kÄ—ring dÄ—ngan handuk hangat (saat mata tÄ—rtutup) .
  • Gunakan tÄ—tÄ—s mata untuk mÄ—nyÄ—garkan mata Anda saat tÄ—rasa kÄ—ring.
  • Untuk mÄ—mbantu mÄ—ncÄ—gah mata kÄ—ring saat bÄ—kÄ—rja di dalam ruangan, gunakan pÄ—mbÄ—rsih udara untuk mÄ—njadi filtÄ—r dÄ—bu dan mÄ—ningkatkan kÄ—lÄ—mbapan udara.
Sumber : http://tricsehat.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel