CARA MEMBUAT KEPITING ASAM MANIS PEDAS DAN LEZAT

Cara membuat kepiting asam manis pedas - Siapa yang tidak tau dengan kuliner kepiting yang memiliki cita rasa khas. Bagi para penggemar kuliner jenis sea food pastinya memasukan kepiting dalam salah satu list favorit mereka. Karena kepiting bisa diolah dengan beragam jenis bahan dan salah satunya adalah diolah menjadi kepiting asam manis pedas.
Cara membuat kepiting asam manis pedas
Cara membuat kepiting asam manis pedas

Meskipun olahan lain juga cukup menarik untuk dicicipi namun olahan yang satu ini tidak kalah lezat. Perpaduan rasa asam, manis dan pedasnya membuat kita selalu ingin menyantapnya lagi dan lagi. Menu kepiting asam manis pedas ini biasa di jumpai di rumah makan tertentu dengan harga yang cukup lumayan. Maka dari itu ada baiknya kita mencoba membuatnya sendiri yang tentunya lebih ekonomis tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal namun seluruh keluarga bisa menikmatinya.

Nah, sejalan dengan niat tersebut ada baiknya kita mebuatnya sendiri di rumah. Sebelum bunda membuat kepiting asam manis, langkah awal yang bunda harus lakukan yaitu membersihkan kepiting dengan memotong capit kepiting dan membelah badan kepiting menjadi 2 bagian agar memasaknya menjadi lebih mudah. Jika sudah selesai, sekarang waktunya untuk mencoba cara membuat kepiting asam manis pedas yang enak dan gurih.

BAHAN DASAR KEPITING ASAM MANIS:
1/2 kg kepiting ukuran sedang yang sudah dibersihkan
2 buah jeruk nipis, belah-belah ambil airnya
Minyak secukupnya untuk menggoreng

BUMBU KEPITING ASAM MANIS:
6 siung bawang putih, geprek, rajang halus
4 siuang bawang merah
1 butir bawang bombay, potong kecil-kecil

BAHAN SAOS:
100 ml air bersih
3 sendok makan margarin
2 sedndok makan saos tiram
2 sendok makan saos tomat
2 sendok makan kecap inggris
2 sendok makan kecap asin
2 sendok makan cabai bubuk atau sesuai selera
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
Gula secukupnya

CARA MEMBUAT KEPITING ASAM MANIS:
Pertama-tama cuci bersih kepiting yang telah dipotong-potong, kemudian lumuri kepiting dengan air jeruk nipis selama kurang lebih 15 menit.
Setelah itu panaskan minyak diatas penggorengan, masukkan kepiting goreng hingga matang atau sampai kepiting berubah warna. Angkat, tiriskan.
Selanjutnya untuk membuat saos, panaskan minyak dan mentega, lalu masukkan bawang bombay, bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum.
Kemudian masukkan bahan kecap dan saos, tambahkan air, aduk-aduk hingga saos mengental.
Terakhir masukkan kepiting kedalam wajan yang berisi saos, aduk-aduk hingga rata dan bumbu menyerap hingga sempurna kedalam kepiting. Angkat.
Kepiting siap untuk dihidangkan.
Sekian resep kepiting asam manis pedas dan cara membuatnya. Bunda dapat menambahkan daun seledri atau daun bawang untuk memperindah hidangan bunda. Terima kasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel