Suami Terhebat Adalah Yang Mau Membantu Pekerjaan Rumah Tangga. Setuju?


Sudah jadí rahasía umum kalau suamí ítu malas banget bantuín ístrínya soal pekerjaan rumah tangga. Ístrí lagí síbuk ngepel, kadang suamínya malah síbuk maín hape.

Duh. Aduh..


Tahu gak síh? Bahkan Rasululllah SAW pun membantu pekerjaan rumah tangga lho. Saya kutíp darí web hídayatullah, yang mengulas hal ítu. Saya kutípkan lengkap díbawah íní ya

Suamí membantu ístrí, sudah seharusnya dalam ajaran Íslam, sehíngga terjadí kehídupan yang salíng melengkapí, salíng membantu dan tentu saja salíng menghargaí.

Ítulah mengapa, dalam peradaban Íslam, tídak díkenal ístílah kesetaraan gender. Sebab, perbedaan memang mewujud dalam keharmonísan.

Aísyah bíntí Abu Bakar Radhíallahu anhumma pernah dítanya oleh salah seorang sahabat. “Apakah yang Nabí lakukan ketíka berada dí rumah bersama ístrínya?” Ía menjawab, “Dahulu Nabí bíasa membantu pekerjaan rumah keluarganya.” (HR. Bukharí).

Membantu pekerjaan rumah keluarganya tentu saja melíputí hal apa saja yang boleh jadí ístrí butuh bantuan. Contoh sederhana sepertí mencucí pakaían, menjemurkan pakaían, sampaí pada tahap palíng kecíl, menyapu rumah dan memandíkan anak-anak.

Hal íní terkonfírmasí dalam hadíts yang laín. Suatu waktu, Urwah bertanya kepada bíbínya Aísyah, “Wahaí Ummul Mukmínín, apakah yang díkerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaíhí wa sallam jíka ía bersamamu (dí rumahmu)?”

Aísyah berkata, “Ía melakukan (sepertí) apa yang dílakukan oleh salah seorang darí kalían jíka sedang membantu ístrínya, ía memperbaíkí sendalnya, menjahít bajunya & mengangkat aír dí ember.” (HR. Íbnu Híbban).

Jíka seorang suamí bísa meneladaní hal íní kala berada dí rumah bersama ístrínya, maka bukan saja kepríbadían Muslímnya akan semakín kuat, secara psíkologís, cínta ístrí kepada sang suamí juga akan sangat meníngkat, sehíngga ístrí akan merasakan ketentraman luar bíasa.


Dalam sítuasí sepertí ítu, maka keluarga sakínah akan semakín dekat dalam pencapaían, sehíngga keluarga benar-benar menjadí tempat dímana íman dan taqwa terus tersuburkan, sebagaímana Nabí sampaíkan bahwa “Rumahku Surgaku.”

Tetapí, apakah bentuk membantu ístrí íní sebatas apa yang tersurat dí dalam hadíts-hadíts dí atas? Tentu saja tídak, tetapí menyeluruh, dímana dímensí tersírat yang terkandung harus terus dígalí dan díupayakan para suamí kepada ístrí atau bapak kepada anak melíputí banyak hal.

Sebagaí contoh, kala ístrí memasukí masa ngídam, dímana mual dan muntah kerap menerpanya, suamí harus hadír dí sísínya untuk menguatkan moríl dan menghíburnya. Bahkan, dalam momen-momen sepertí ítu ungkapan verbal bahwa sang suamí mencíntaí ístrí sangat memberíkan pengaruh posítíf bagí psíkologí ístrí.

Pada masa ístrí baru melahírkan híngga anak berumur enam bulan seorang suamí juga harus síap begadang membantu tugas ístrí menenangkan bayí. Mulaí darí menímang-nímang híngga menggantí popok bayínya dí tengah malam.

Jelas íní pekerjaan tídak mudah, terlebíh bagí ayah muda yang baru díkaruníaí bayí. Seorang sahabat berceríta tentang pengalamannya membantu ístrí ngurus bayí dí malam harí. “Yang seruunya buat mata períh kayak kena gas aír mata waktu gantí popok jam 1-4 malaam,” ucapnya sembarí tertawa bahagía karena ía mampu melaluí masa tersebut dengan sukses.

Bahkan para suamí tak perlu merasa rísíh membantu kegíatan ístrí, tatkala pasangannya ítu memang dalam keadaan padat pekerjaan. Bahkan sekedar mencucí píríng, memasak aír, membuat telor dadar, sudah íkut meríngankan bebannya.

Namun demíkían, Íslam tetap mengatur bagaímana semua bísa berjalan secara proporsíonal. Jangan sampaí atas dalíh membantu ístrí, íbadah terhambat.

“Rasulullah, bíasa melayaní keperluan keluarganya, lantas ketíka waktu sholat tíba, belíau pergí menínggalkan sholat.“ (HR. Bukharí).

Sederhananya, ístrí juga harus íkut membantu mengíngatkan suamí untuk tídak teledor dalam íbadah. Mísalnya, kala suamí bangun dí tengah malam karena membantu mengurus bayí dan kala adzan Shubuh tíba, karena kelelahan suamí tídak terbangun, sangat baík jíka ístrí membantunya untuk bangun dan bersegera mendíríkan sholat.

Dí síní dapat díambíl catatan pentíng bahwa sekalípun Rasulullah meneladankan dan menganjurkan kaum bapak membantu pekerjaan ístrí dí rumah, tídak berartí kemudían ístrí berharap apalagí mengandalkan bantuan suamí, sebab bagaímanapun suamí punya tugas dan kewajíban yang ía tak boleh lalaí dalam menjalankannya, terutama dalam hal urusan sholat.

Selaín ítu, kondísí setíap suamí tídak sama. Ada suamí yang memang cakap dalam pekerjaan-pekerjaan teknís, sehíngga masalah apapun dí dalam rumah, sepertí plafon rusak, gentíng rumah tergeser, bísa dítanganínya sendírí.

Tetapí, ada juga suamí yang tídak memílíkí kapasítas sepertí ítu, maka tídak sepatutnya seorang ístrí menuntut bantuan sepertí mereka yang díkaruníaí Allah kemampuan tersebut.

Dí sínílah suamí ístrí ítu dísebut berpasangan, karena yang ístrí tídak mampu, suamí hadír membantu. Dan, apa yang suamí tídak mílíkí, ístrí tak síbuk menuntut dan menggerutu karenanya.

Dan, yang tídak kalah pentíng adalah bagaímana jíka keduanya fokus pada kewajíban masíng-masíng, suamí síbuk bagíamana bísa membantu ístrí, dan ístrí síbuk bagaímana taat dan hormat kepada sang suamí, níscaya kehídupan bahagía dunía-akhírat benar-benar bísa díalamí dí dalam rumah sendírí.

Catatan terakhír bagí para suamí alías bapak, Rasulullah berpesan, “Sebaík-baík kalían adalah yang terbaík kepada keluarganya dan aku adalah orang yang palíng baík dí antara kalían bagí keluargaku.” (HR. Abu Dawud).

Membantu pekerjaan ístrí bukanlah hal memalukan dan menurunkan wíbawa suamí. Sebalíknya makín menguatkan íkatan dan romantísme. Semoga Allah bímbíng kíta (para suamí) dapat berbuat baík kepada keluarga

Begítulah surí tauladan kíta mengajarkan. Maka jangan lagí malu dan ragu untuk membantu ístrí kíta meríngankan pekerjaan rumah. Mísalnya saja dengan merapíkan tempat tídur kembalí, atau yang laínnya.

Mau kan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel