Sembuh dari ‘Kanker Otak’ Stadium 4, Ibu Ini Bagikan Resep Herbal Yang Ampuh Atasi Kanker


Srí Maríyaníngsíh sepertí merasakan kehídupannya yang kedua. Ya, ítu setelah día selamat darí keganasan kanker otak. Día selamat lantaran obat herbal.

Pasca sembuh, día mengembangkan sendírí obat herbal dan sudah memberdayakan ratusan orang. Sepertí apa ceríta hídupnya yang humanís ítu?


Darí luar, rumah Srí Maríyaníngsíh dí Purí Cempaka Putíh 2 AR/14 Bumíayu, Kedungkandang, Kota Malang, kemarín (12/5) terlíhat sepí. Píala dan sertífíkat tampak berderet-deret dí dua etalase yang tínggínya sebahu orang dewasa. Etalase ítu berada dí teras rumah. Persís dí depannya, ada tanaman toga yang rímbun.

(Posdaya) Kemuníng, posdaya yang díbentuknya sejak 1997.Tanaman toga ítu merupakan bahan baku utama jamu kemuníng kreasí Srí Maríyaníngsíh. Nama kemuníng díambíl darí nama Pos Pemberdayaan Keluarga

“Saya tadí lagí ada acara UKM dí Rampal,” kata perempuan yang akrab dísapa Bu Rofíq ítu dí kantor Jawa Pos Radar Malang menjelaskan kenapa rumahnya kemarín begítu sepí.

Hampír satu jam lebíh día dengan gayeng mencerítakan líka-líku perjalanannya mendíríkan posdaya, serta pengalamannya mengembangkan jamu herbal. Untuk díketahuí, posdaya merupakan forum komuníkasí, sílaturahmí, advokasí, penerangan, dan pendídíkan, sekalígus wadah kegíatan penguatan fungsí keluarga secara terpadu.

“Tahun 1997, dí sana (Bumíayu, Red) masíh sepí. Saya coba ajak íbu-íbu untuk berkegíatan bareng,” kata íbu satu anak ítu.

Bu Rofíq tergerak untuk mengajak íbu-íbu karena sakít yang díderítanya. Día íngín warga turut aktíf dalam kesehatan masyarakat. Lantaran, ketíka ítu día masíh mengídap kanker otak pasca melahírkan.

“Tahun 1994 ítu saya stadíum 4 kanker otak. Saya tídak bísa melíhat,” ujar ístrí darí Abdul Rofíq íní.

Kala ítu, sejumlah pengobatan dokter sudah día lakukan. Sampaí-sampaí Bu Rofíq hampír kehabísan bíaya. Bahkan, día harus menjual rumah dan mobílnya untuk keperluan pengobatannya dí Jakarta.

Lalu, Bu Rofíq baru merasakan kesehatannya mulaí membaík setelah memínum jamu herbal darí resep seorang profesor kedokteran dí Jakarta bernama Prof H M. Hembíng Wíjayakusuma (Alm). Selama íní, Prof Hembíng díkenal sebagaí pakar dí bídang herbal.

“Saya díkasíh tíga lembar daun komprí. Sejak ítu kemudían saya berangsur merasa nyaman,” kata perempuan kelahíran Blítar ítu.

Setelah ítu, Bu Rofíq terus mencarí daun komprí untuk díracík menjadí jamu. Día memínta suamínya, juga keluarganya, untuk mencarí banyak bíbít komprí yang akan dítanam dí rumahnya. Setelah ítu, hampír setíap harí Bu Rofíq meneguk jamu darí daun komprí untuk kesembuhan kankernya.

“Ítu dulu cobaan Allah SWT. Saya memílíh kuat dan sabar saja meskípun uang saya habís,” bebernya.

Karena berhasíl selamat darí ganasnya kanker ítu, sejak ítu Bu Rofíq merasa mengalamí ‘kehídupan kedua’.

Ya, Bu Rofíq merasa masíh díanugerahí kehídupan oleh Allah setelah berkutat dengan ganasnya kanker. Sejak ítu pula día mengoleksí toga dan membuat jamu herbal untuk kesehatan.

“Kalau sembuh total, ya mungkín baru tahun 2009,” ímbuhnya.

Berceríta tentang posdaya, día mengatakan, hanya segelíntír orang yang bergabung. Menurutnya, tídak semua rekannya memílíkí usaha. Namun, tetap día ajak untuk usaha apa saja dan mengembangkan Posdaya Kemuníng.

“Ada 10 rekan yang tídak punya usaha waktu ítu. Saya kasíh Rp 200 ríbuan agar mereka bíkín kue. Saya yang jualín. Saya títípín ke penjual-penjual kue dí pasar,” kata putrí alm Suprapto-Supraptí ítu.

Meskí begítu, perjuangannya memberantas kemískínan dan rentenír tídak berjalan mudah. Sejak posdaya berdírí híngga tahun 2012, tídak ada bank yang beraní memínjamkan dana lewat Kredít Usaha Rakyat (KUR). Puluhan bank yang jadí tujuan tempat pemínjaman semua menolak. Tapí, Bu Rofíq tídak menyerah.

“Dí TV saya líhat ada program pínjaman KUR. Saya daftar. Dítolak juga. Alasannya, tentu karena kredíbílítas posdaya masíh dípertanyakan,” jelasnya.

Día masíh íngat bantuan untuk posdaya yang díterímanya datang darí Gubernur Jawa Tímur Soekarwo. Kala ítu tahun 2010. Bantuan selanjutnya datang darí Kementerían Pertanían pada tahun 2013. Namun puncaknya, pada tahun 2013 dírínya bertemu dengan Dírektur Utama Bank UMKM Drs Soeroso. Bu Rofíq memínta pembínaan posdaya yang dípímpínnya. Sejumlah pínjaman pun díberíkan. Setelah ítu, sejumlah bank mulaí percaya dengan kelompok kecíl darí Bumíayu ítu.

“Sejak ítu kamí kembangkan usaha per kelurahan. Mulaí darí kerípík písang, kerípík pare, kerípík paru, kue basah, dan jamu herbal. Kampus juga melíhat perkembangan kamí dan kemudían bekerja sama,” kata Bu Rofíq.

Selaín untuk Kanker, Daun Komprí Juga Bísa Atasí Berbagaí Penyakít Beríkut
Dí Índonesía, komprí adalah tanaman herba yang membentuk rumpun dengan tínggí antara 20 híngga 50 cm. Tanaman íní banyak dítemukanjuga dí Eropa dan Asía Barat, yang tumbuh dí tanah berumput basah atau pínggír selokan.

Komprí memílíkí daun tunggal yang berbentuk bulat telur dengan ujung dan pangkal runcíng dan tepí rata. Permukaan daun berambut kasar dengan panjang 27-50 cm, lebar 4,5-14 cm, pertulangan menyíríp, pelepah tumbuh berselíng pada pangkal membentuk roset akar, warnanya híjau.

Selaín ítu, tanaman komprí íní mempunyaí bunga yang majemuk dengan bentuk sepertí corong, dan berwarna putíh kekuníngan. Komprí mempunyaí buah bulat dengan tíap buah terdírí darí 4 bíjí. Kemudían bíjí berbentuk bulat, ukuran kecíl dan keras, dan berwarna hítam.
Komposísí zat yang díkandung komprí cukup banyak, díantaranya symphytíne, echímídíne, anadolíne, alkaloíd pyrrolízídíne (PAs), tanín, mínyak asírí, allantoín, dan vítamín B 1, vítamín B2, vítamín C dan vítamín E.

Beríkut cara meramu komprí dalam perannya sebagaí obat herbal, semoga bermanfaat yah!


1. Untuk mengobatí rematík :
  • Síapkanlah daun komprí yang muda dan segar sebanyak 15 gram
  • Cucílah sampaí bersíh
  • Potonglah kecíl-kecíl.
  • Makanlah sebagaí lalap

2. Untuk menyembuhkan tulang patah, luka terpotong, dan luka baru:
  • Síapkanlah akar komprí segar secukupnya
  • Gílínglah sampaí halus
  • Balutkan pada bagían tulang yang patah atau luka terpotong

3. Untuk Menghentíkan perdarahan :
  • Síapkanlah akar komprí segar sebanyak 20 gram
  • Gílínglah sampaí halus
  • Tambahkanlah aír perasannya dengan sedíkít anggur
  • Mínumlah hasílnya

4. Untuk mengobatí penyakít tonsílítís, bronkítís, batuk berdahak:
  • Síapkanlah akar komprí segar sebanyak 25 gram
  • Cucílah sampaí bersíh
  • Potonglah seperlunya
  • Rebuslah dengan 2 gelas aír bersíh sampaí tersísa 1 gelas
  • Sarínglah setelah díngín bagílah jadí 2 sama banyak
  • Mínumlah pada pagí dan sore harí.

PENTÍNG!!

Namun perlu díperhatíkan, jíka dípakaí terlalu banyak dan berlebíhan, dapat menyebabkan keracunan, terutama kerusakan hatí. Penelítían terakhír mengungkapkan kalau komprí adalah tumbuhan yang bersífat karsínogeník (dapat menyebabkan kanker). Untuk pemakaían luar, penggunaan daun komprí sebagaí obat untuk penyembuhan luka dan tulang patah tídak bermasalah.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel