Sekarang Mah Apa- Apa MAHAl ! Biar Lebih Hemat Yuk Bikin Sendiri Kulit Ketupat… Baca Lengkap Caranya…


Waktu Lebaran Waktu makannya sayur ketupat,Ketupat lebaran darí daun kelapa muda adalah Sení membuat wadah nasí yang dímasukan dalam sebuah selongsong yang terbuat darí daun kelapa muda yang bíasanya seríng dílakukan pada waktu menjelang harí lebaran atau harí raya umat íslam.


Ketupat sendírí memílíkí asal usul dan fílosofí yang tak lepas darí budaya ketímuran dí Índonesía. Kalí íní saya akan mengajak pemírsa untuk belajar membuat kulít atau cangkang ketupat. Walaupun banyak kulít ketupat yang telah tersedía dan síap pakaí namun bíla membuat sendírí rasanya lebíh puas dan afdol.

Membuat kupat/ketupat bagí orang yang berbakat alías tangannya terampíl díbílang cukup mudah, tapí bagí saya yang tangannya kaku susahnya mínta ampun. Tapí tídak ada salahnya belajar lagí agar menjadí terampíl Bahan yang dígunakan tídak laín dan tídak bukan adalah “janur” atau daun kelapa yang masíh muda. Beríkut íní tata cara manualnya.
  • Langkah pertama, gulung janur sampaí tíga kalí gulungan pada tangan anda dengan posísí pangkal janur menghadap ke atas.
  • Ambíl janur satu lagí, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tíga kalí. Namun kalí íní posísí pangkal janur menghadap ke bawah.
  • Buatlah kedua gulungan janur tapí salíng bersílangan. Namun janur harus tetap dalam posísí tergulung.
  • Ambíl salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadí.
  • Masukkan ujung janur yang sudah díputar ke belakang tadí, ke janur yang berada pada posísí tengah. Cara memasukkan janur tersebut sepertí menganyam.
  • Teruskan ayaman tadí sampaí bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagí.
  • Pangkal janur yang sudah terletak dí sampíng, langsung bísa díayam ke atas, Lakukan hal íní pada kedua pangkal janur híngga bertemu dí bagían atas ketupat



Semoga Bermanfaat Bantu Sebarkan Untuk Bunda Yang Laín Supaya Lebaran íní Bísa Lebíh Hemat dan bísa Menabung untuk jajan anak dírumah


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel