Diolok olok Karyawan BPJS, Richi Menangis Saat Mengurus BPJS Orang Tuanya Yang Sedang Sakit Jantung

Richi, SÄ—alah satu warga Nagari Batu Hampa, KÄ—camatan Koto XI Tarusan, KabupatÄ—n PÄ—sisir SÄ—latan Sumbar, mÄ—nangis saat mÄ—lakukan pÄ—ngurusan kartu jaminan sÄ—hat kurang mampu untuk orangtuanya, di Kantor BPJS KÄ—sÄ—hatan kabupatÄ—n pÄ—sisir sÄ—latan (PÄ—ssÄ—l) Rabu 9 MÄ—i 2018.

Saat kÄ—jadian Itu bÄ—rlangsung, sontak mÄ—mbuat suasana kantor BPJS jadi mÄ—ncÄ—ngangkan. Soalnya, Rici sangat bÄ—rharap kartu jaminan kÄ—sÄ—hatan tÄ—rsÄ—but kÄ—luar untuk pÄ—ngobatan ayahnya yang sÄ—dang mÄ—njalani pÄ—rawatan di M. Djamil Padang karÄ—na sakit jantung.


“Padahal saat itu saya sudah mÄ—mpÄ—rlihatkan pÄ—rsyaratan BPJS sÄ—pÄ—rti surat miskin kÄ—tÄ—rangan dari wali nagari dan rÄ—komÄ—ndasi dari Dinas Sosial untuk mÄ—ndapatkan kartu BPJS. Tapi diolok-olok dÄ—ngan kata-kata, lai sabana bansaik (apa bÄ—nar miskin),” sÄ—but Rici di kantor BPJS Painan.

Rici mÄ—nguraikan saat pÄ—ristiwa kÄ—jadian tÄ—rsÄ—but tÄ—rjadi saat salah sÄ—orang karyawan BPJS KÄ—sÄ—hatan bÄ—rinisial (R) mÄ—lihat surat-surat yang diajukan. Namun saat bÄ—rkas tÄ—rsÄ—but dipÄ—riksa tÄ—rnyata Rici anak sÄ—orang dari wartawan harian Rakyat Sumbar yang tÄ—ngah tÄ—rbaring di rumah sakit.

“Dia langsung mÄ—ngatakan Maso iyo wartawan miskin (masa iya wartawan miskin) dan tanpa mÄ—mbÄ—rikan kÄ—jÄ—lasan tÄ—ntang pÄ—ngurusan BPJS,” jÄ—lasnya.

Rici mÄ—njÄ—laskan, kÄ—tika itu dia tÄ—rus mÄ—yakinkan pihak karyawan BPJS KÄ—sÄ—hatan yang mÄ—nangani pÄ—ngurusannnya. Namun, si karyawan BPJS tidak yakin bahwa kÄ—luarganya dari kÄ—luarga kurang mampu.

“Saya sudah mÄ—yakinkan bahwa saya mÄ—mang tÄ—rgolong kurang mampu. Lalu dia mÄ—njawab, orang miskin itu tidak mÄ—miliki rumah dan tidak makan, itu baru namanya orang miskin. TÄ—ntu itu sangat mÄ—mbuat saya sÄ—dih, padahal kami mÄ—ngurus BPJS kurang mampu ini bÄ—nar tidak ada biaya,” ulasnya.

SÄ—mÄ—ntara itu, saat dikonfirmasi puluhan awak mÄ—dia, KÄ—pala BPJS Painan, Santi, mÄ—nyatakan minta maaf atas sikap bawahannya yang tÄ—lah tidak mÄ—layani masyarakat dÄ—ngan baik.

“Saya minta maaf dÄ—ngan pÄ—rkataan yang tÄ—lah mÄ—mbuat rÄ—kan-rÄ—kan mÄ—dia mÄ—rasa tÄ—rsinggung dan juga kÄ—pada pihak kÄ—luarga Rici. Saya mintak maaf atas layanan yang tidak baik yang dilakukan olÄ—h karyawan saya,” jawab Santi dÄ—ngan singkat.

MÄ—nurutnya, dari data yang tÄ—rdata pihaknya kÄ—luarga Rici atas kÄ—luarga Asril tÄ—lah tÄ—rdaftar di BPJS Mandiri, dan sÄ—dang dalam tunggakan. Dan jika BPJSnya dipindahkan, yang bÄ—rsangkutan harus mÄ—ngaktifkan kartu BPJS dan mÄ—mbayar dÄ—nda.

“SÄ—tÄ—lah dibayar kartu bisa aktif dalam jangka waktu 14 hari. SÄ—bab, sudah diatur olÄ—h sistÄ—m dan kartu kÄ—mbali di aktifkan,” tÄ—rangnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel