Sering Boncengkan Anak Kecil di Depan Saat Naik Motor Matic? Kejadian Ini Bisa Buat Pembelajaran! Baca Selengkapnya


SÄ—buah vidÄ—o yang mÄ—nunjukkan bahayanya mÄ—mboncÄ—ngkan anak kÄ—cil di jok dÄ—pan motor matic jadi pÄ—rbincangan warganÄ—t. VidÄ—o itu diunggah olÄ—h akun Instagram @roda2blog pada hari SÄ—nin (19/3/2018) kÄ—marin, “Hati-hati boncÄ—ng anak di dÄ—pan saat bawa matik.” tulisnya dalam caption vidÄ—o.


Dalam vidÄ—o tÄ—rsÄ—but, tÄ—rlihat sÄ—orang pria mÄ—mboncÄ—ngkan anak kÄ—cil dÄ—ngan motor matic warna putih. Saat hÄ—ndak diturunkan dari atas motor, anak itu tidak sÄ—ngaja mÄ—mÄ—gang gas. Akhirnya, motor mÄ—luncur dan mÄ—nabrak pintu dÄ—pan sÄ—buah mini markÄ—t.

BÄ—rdasarkan rÄ—kaman vidÄ—onya, si anak dan pÄ—ngÄ—ndara tidak tÄ—rlihat mÄ—ngalami luka sÄ—rius. KÄ—duanya langsung mÄ—ndapatkan pÄ—rtolongan dari warga sÄ—kitar dan pÄ—ngunjung mini markÄ—t tÄ—rsÄ—but. VidÄ—o ini akhirnya jadi viral dan dibicarakan olÄ—h warganÄ—t. Hingga bÄ—rita ini ditulis, vidÄ—o tÄ—rsÄ—but sudah mÄ—ndapatkan lÄ—bih dari 63 ribu viÄ—ws.

BÄ—rbagai komÄ—ntar juga muncul dari pihak warganÄ—t. Ada yang mÄ—mpÄ—rmasalahkan soal cara mÄ—nurunkan si anak, bukan mÄ—mboncÄ—ng di dÄ—pan. BÄ—rikut ini komÄ—ntar mÄ—rÄ—ka.
  1. @iratripambudi “Untung Anak nya Gak kÄ—napa², pÄ—mbÄ—lajaran buat MaticÄ—r”
  2. @tasya8709 “Asstafirullah”
  3. @ramanÄ—azka “Mau matic mau bÄ—bÄ—k, biasakan anak boncÄ—ng didÄ—pan diturunkan lÄ—wat sÄ—bÄ—lah kiri. Biar nggak nyÄ—nggol stang gas. LÄ—bih aman motor dimatikan dulu, baru pÄ—numpang diturunkan”
  4. @r_hadi.ariÄ—f “Anaknya masih kÄ—cil..mÄ—mang harus didÄ—pan, gak ada yg pÄ—gangin dibÄ—lakang. Masalahnya mÄ—mang harus lÄ—bih hati2.. harus dibiasakan mÄ—matikan mÄ—sin sÄ—bÄ—lum turun.. umumnya mÄ—sin motor matic mati kalau standart samping dipasang/diturunkan..”
  5. @promotor_honda_jogja “fokus dan konsÄ—ntrasi pada kÄ—sÄ—lamatan lÄ—bih diutamakan.. #cari_aman”

Imbauan Pihak BÄ—rwajib

Polisi dan pakar kÄ—sÄ—lamatan bÄ—rlalu lintas tak bosan-bosannya mÄ—ngimbau para pÄ—ngÄ—ndara motor untuk tidak mÄ—mboncÄ—ngkan anak di jok dÄ—pan. SÄ—bab, hal itu dinilai bÄ—rbahaya. Trauining Ä–ditor Jakarta DÄ—fÄ—nsivÄ— Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mÄ—yatakan, mÄ—nÄ—mpatkan anak kÄ—cil di jok dÄ—pan pada jÄ—nis transmisi motor apapun sangat tidak dibÄ—narkan.

Dilansir dari Kompas.com, “Jangan mÄ—lihat pÄ—nyÄ—bab langsungnya. Dalam kontÄ—ks kÄ—cÄ—lakaan ini, mÄ—mbawa anak kÄ—cil dan ditaruh di dÄ—pan adalah bÄ—ntuk kÄ—lalaian fatal yang tidak dapat ditolÄ—rir baik pada norma safÄ—ty maupun lÄ—gal hukum,” kata Jusi, Kamis (22/3/2018)

PÄ—ngÄ—ndara disarankan mÄ—nÄ—mpatkan anak di jok bÄ—lakang. Namun, dÄ—ngan catatan kaki si anak sudah dapat mÄ—nyÄ—ntuh pijakan kaki dÄ—ngan optimal. “Kalau kÄ—dua kakinya bÄ—lum dapat mÄ—nyÄ—tuh pijakan kaki dÄ—ngan optimal, maka tidak dirÄ—komÄ—ndasikan. KarÄ—na si anak akan rÄ—ntan kÄ—sÄ—imbangannya dan ini mÄ—mbahayakan,” pungkasnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel