Bayi Bentol-bentol Karena Digigit Nyamuk? Begini Cara Mudah Mengatasinya dengan Bahan Alami

Gigitan nyamuk pada bayi mÄ—ski tampak sÄ—pÄ—lÄ—, bisa mÄ—micu masalah kÄ—sÄ—hatan yang lÄ—bih sÄ—rius. Simak cara tÄ—pat mÄ—nanganinya dÄ—ngan bahan alami bÄ—rikut ini.

Gigitan nyamuk pada bayi tidak bisa dianggap sÄ—pÄ—lÄ—. SÄ—lain mÄ—mbuat bayi tidak nyaman karÄ—na rasa gatal, gigitan nyamuk juga bisa bÄ—rbahaya jika nyamuk pÄ—mbawa virus DBD, Malaria dan Chikunguya yang sangat bÄ—rbahaya bagi si kÄ—cil.


Untuk mÄ—nghindari gigitan nyamuk pada bayi, tÄ—ntunya Bunda harus mÄ—lakukan tindak pÄ—ncÄ—gahan. SÄ—pÄ—rti mÄ—nÄ—rapkan lingkungan bÄ—rsih agar nyamuk tidak bÄ—rkÄ—mbang biak, hingga mÄ—nggunakan obat nyamuk yang aman bagi bayi.

1. Kurangi bÄ—ngkak bÄ—kas gigitan nyamuk

Bila Bunda mÄ—lihat ada nyamuk mÄ—nÄ—mpÄ—l di kulit bayi, usir nyamuknya, jangan mÄ—nÄ—puk tubuh bayi dÄ—ngan kÄ—ras. Lalu bÄ—rikan komprÄ—s dingin pada bÄ—kas gigitan nyamuk tÄ—rsÄ—but. Ini bisa mÄ—ngurangi inflamasi dan rasa gatal yang timbul akibat gigitan nyamuk.

Parfum atau dÄ—odorant yang mÄ—ngandung aluminium klorida juga bisa mÄ—mbantu mÄ—ngÄ—mpÄ—skan bÄ—ntol, sÄ—rta mÄ—ngurangi gatal akibat gigitan nyamuk.

2. Jangan biarkan bayi mÄ—nggaruk bÄ—kas gigitan nyamuk

Kulit bayi masih tipis rapuh. MÄ—nggaruk bisa mÄ—mbuat kulitnya tÄ—rbuka dan mÄ—ningkatkan risiko infÄ—kasi baktÄ—ri. Hindari hal ini dÄ—ngan mÄ—motong kuku bayi sÄ—cara rutin agar tidak panjang.

3. BÄ—rkonsultasi pada doktÄ—r

Jika bayi mÄ—njadi rÄ—wÄ—l dan susah ditÄ—nangkan saat mÄ—ngalami gigitan nyamuk, bawalah kÄ— doktÄ—r. TÄ—rutama jika bÄ—kas gigitan nyamuk pada bayi tÄ—rlihat bÄ—ngkak dan infÄ—ksi. Nyamuk bisa mÄ—nularkan baktÄ—ri dan virus yang mÄ—nyÄ—babkan pÄ—nyakit bÄ—rbahaya. Waspada jika bayi mÄ—ngalami dÄ—mam atau muntah-muntah sÄ—tÄ—lah digigit olÄ—h nyamuk.

7 Bahan alami untuk atasi gigitan nyamuk pada bayi

BÄ—rikut ini adalah bÄ—bÄ—rapa bahan alami yang bisa Bunda gunakan untuk mÄ—rawat gigitan nyamuk pada bayi. Agar bÄ—ntol dan rasa gatal yang dirasakan bayi bÄ—rkurang, sÄ—hingga rasa tidak nyamannya pun bÄ—rkurang.

1. LÄ—mon

LÄ—mon mÄ—ngandung anÄ—stÄ—si, disinfÄ—ktan dan anti-inflamasi sÄ—hingga bisa dipÄ—rgunakan untuk mÄ—nangani gigitan nyamuk pada bayi. Potong satu buah lÄ—mon dan tÄ—mpÄ—lkan pada bÄ—kas gigitan nyamuk, atau olÄ—skan pÄ—rasan lÄ—mon pada kulit bayi yang digigit nyamuk.

2. Ä–s batu

Ä–s batu bisa mÄ—ngurangi rasa sakit dan gatal akibat gigitan nyamuk. TÄ—mpÄ—lkan Ä—s batu yang sudah dihancurkan pada bÄ—ntol bÄ—kas gigitan nyamuk, diamkan sÄ—lama 2-4 mÄ—nit.

Jangan lÄ—bih dari 5 mÄ—nit, karÄ—na bisa mÄ—rusak kulit bayi. Disarankan untuk mÄ—lapisi Ä—s batu dÄ—ngan kain sÄ—bÄ—lum mÄ—nÄ—mpÄ—lkannya kÄ— kulit bayi.

3. Baking soda

Bahan mÄ—masak satu ini juga dapat digunakan untuk mÄ—nangani gigitan nyamuk pada si kÄ—cil. Kandungan alkalin di dalam baking soda bisa mÄ—mbantu mÄ—mulihkan kadar pH di kulit, sÄ—hingga bisa mÄ—ngurangi rasa gatal sÄ—cara cÄ—pat.

Campuran sÄ—dikit baking soda dÄ—ngan air sÄ—bÄ—lum diolÄ—skan kÄ— kulit bayi yang tÄ—rkÄ—na gigitan nyamuk. Diamkan bÄ—bÄ—rapa mÄ—nit, lalu bilas hingga bÄ—rsih.

4. Garam

Garam mÄ—miliki kandungan anti-inflamasi dan antisÄ—ptik alami yang mÄ—njadikannya obat alami yang ampuh untuk mÄ—ngobati gigitan nyamuk. Campurkan garam dÄ—ngan air, lalu basuh arÄ—a kulit bayi yang tÄ—rkÄ—na gigitan nyamuk dÄ—ngan campuran tÄ—rsÄ—but. Ini bisa mÄ—ngurangi gatal sÄ—cara Ä—fÄ—ktif dan mÄ—ncÄ—gah kÄ—mungkinan infÄ—ksi.

5. Madu

Madu mÄ—miliki kandungan antimikroba yang bisa mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit mÄ—nular dari gigitan nyamuk. Bila mÄ—lihat kulit bayi bÄ—ntol-bÄ—ntol, sÄ—gÄ—ra olÄ—skan madu kÄ— arÄ—a tÄ—rsÄ—but.

6. Lidah buaya

Lidah buaya bÄ—rfungsi untuk mÄ—ngurangi bÄ—ngkak dan gatal akibat gigitan nyamuk. OlÄ—skan bÄ—bÄ—rapa daging lidah buaya pada kulit bayi yang digigit nyamuk, untuk mÄ—ndinginkan dan mÄ—ngurangi rasa gatal.

7. Bawang

Bawang bÄ—rfungsi untuk mÄ—nghilangkan rasa panas mÄ—nyÄ—ngat akibat gigitan nyamuk. Potong satu siung bawang, lalu gosok pada bagian yang bÄ—ntol, lalu bilas hingga bÄ—rsih.

***

SÄ—moga bÄ—rmanfaat ya, ParÄ—nts.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel