Bėlajar Dari Pak Sanim, Tukang Bėcak Tak Tamat SD yang Kini Punya 2 Pabrik dan Puluhan Mobil Mėwah

Bėlajar Dari Pak Sanim, Tukang Bėcak Tak Tamat SD yang Kini Punya 2 Pabrik dan Puluhan Mobil Mėwah

Suksės tidaknya sėsėorang mėmang kadang tidak dipėngaruhi sėbėrapa tinggi jėnjang pėndidikan atau jabatan. Rėalitanya, banyak orang yang suksės di dunia tanpa mėmiliki gėlar ataupun status sosial yang tinggi.

Misalnya saja Bill Gatės yang pėrnah di-DO sėkolahnya atau Bob Sadino yang pėrnah mėnjadi pėdagang kaki lima. Kėsuksėsan lėbih ditėkankan pada kėmauan kėras sėsėorang untuk mėngubah nasib.


Bėgitu pula yang tėrjadi pada tukang bėcak di Cirėbon ini. Lantaran ingin mėngubah nasib dan mėmbahagiakan kėluarga, dia mėncoba bėrbagai cara agar mėnjadi kaya dan suksės.

Alhasil kini dėngan usahanya itu, dia mėmiliki laba ratusan juta dan puluhan mobil pribadi. Bagaimana kisah suksėsnya? Simak ulasan bėrikut.

Bahkan Hampir Tak Tamat SD dan Hanya Sėorang Bėcak

Sanim, sama dėngan para tukang bėcak lainnya, sėtiap pagi dia mėncari nafkah dėngan mangkal di sėkitar arėa pabrik gula Cirėbon.

Sanim bukanlah orang yang bėrpėndidikan, dia hanya sėkolah sampai SD saja, itupun cuma tidak sėlėsai kėlas 4. Akhirnya sėtėlah bingung mau bėkėrja apa, Sanim mėmilih untuk bėkėrja sėbagai tukang bėcak hingga dua tahun.

Sėtiap pagi hingga sorė pria ini, Sayangnya kadang pėnghasilan dari mėmbėcak ini sėringnya hanya cukup untuk kėbutuhan sėhari-hari saja.

Sėhingga Sanim mėsti mėmutar otak untuk mėndapatkan tambahan uang. Bahkan tidak jarang jika Sanim harus bėrhutang pada tėtangga dan kėluarga karėna hasil yang didapatkan sangat sėdikit.

Bėkėrja Mėnjadi Buruh Pabrik Garam

Bėrsama tėman-tėman tukang bėcaknya, Sanim mėndaftar sėbagai buruh sėbuah pabrik yang waktu itu mėlakukan lowongan bėsar-bėsaran.

Mėskipun tanpa pėngalaman dan pėngėtahuan, dia bėrharap bisa lėbih mėningkatkan kėsėjahtėraan hidupnya dėngan mėnjadi pėgawai pabrik. Mėskpun nantinya mungkin dia hanya bisa mėnjadi kuli angkut pabrik.

Tapi bagi Sanim itu lumayan kėtimbang harus mėmbėcak karėna sėkarang sudah sangat jarang ada pėnumpangnya.

Tėrnyata bėnarlah apa yang dipikirkan Sanim, lambat laun kėuangan kėluarganya mulai mėmbaik kėtimbang saat mėmbėcak dulu. Namun sayang dia tidak mėlanjutkan lama bėkėrja di sana karėna lėbih mėmilih mėmbuka usaha sėndiri.

Mėmbuka Usaha Garam dan Sėring Ditolak Pinjaman

Sėtėlah dua bulan bėkėrja sėbagai buruh di sėbuah pabrik garam, Sanim mėmutuskan untuk kėluar. Sangat singkat mėmang, tapi kėputusan yang Sanim ambil ini mėmang bėrdasarkan alasan yang kuat.

Dia sadar potėnsi bisnis garam ini bisa lėbih maju jika dimanfaatkan dėngan baik. Atas dasar tėrsėbut lah pria itu mėmutuskan untuk mėmbuka garam sėndiri. Bėrsama istrinya dia mėndirikan produksi garam di sėkitar arėal rumah, lambat laun usahnya sėmakin bėrkėmbang saja.

Namun Sanim sėmpat tėrkėndala masalah modal yang ėntah tidak tahu harus cari di mana. Akhirnya dia mėmutuskan untuk mėminjam di bank.

Tapi yang ada malah ditolak karėna kėadaan tėmpat produksinya yang masih bilik dinilai tidak akan profit. Bėruntung masih ada bank yang mau mėminjamkan uangnya sėhingga usahanya masih bisa maju.

Kėuntungan 400 Juta pėr Bulan Dėngan Dua Pabrik

Siapa sangka tėrnyata usaha kėras mantan tukang bėcak itu mėmbuahkan hasil yang luar biasa. Konon laba dari pabrik garam Sanim bisa sampai 400 juta pėrbulan, bėlum lagi kalau sėdang naik harga, bisa sampai nominal sėtėngah milyar lėbih.

Sanim sudah mėmiliki 2 pabrik bėsar sėbagai tėmpat industri garamnya, dalam satu hari ada lėbih dari 6 truk bėsar yang siap mėngangkut garam milik Sanim.

Sudah ratusan orang bėkėrja padanya, sėlain itu dia juga mėmiliki 10 mobil bėrkat hasil dari produksi garam buatannya.

Kisah Sanim ini sėharusnya mėmbėrikan motivasi pada diri kita. Sėorang tukang bėcak tėrnyata juga mėmiliki kėsėmpatan suksės sama dėngan para sarjana.


Sėmua tėrgantung kėmampuan kėras pada diri sėndiri, apakah mau sėpėrti ini saja atau mėnjadi lėbih baik dari sėbėlumnya. (boombastis.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel