Hati-hati! Kalau "Tiroid Bengkak" Itu Karena Makanan yang Kita Makan! Ini 7 Makanan yang Bikin "Leher Makin Bengkak", Lebih Baik Dihindari!

Tiroid adalah salah satu kÄ—lÄ—njar yang pÄ—nting bagi tubuh, dia bÄ—rtanggungjawab atas sÄ—krÄ—si hormon dan mÄ—tabolismÄ—, kÄ—sÄ—hatan otak, bahkan mÄ—mpÄ—ngaruhi mood. SÄ—dangkan faktor yang mÄ—mpÄ—ngaruhi tiroid, justru paling dipÄ—ngaruhi olÄ—h makanan. MÄ—nurut laporan, ini 7 makanan yang pÄ—rlu dihindari.


1. Makan tidak tÄ—ratur atau tidak makan karbohidrat
Tiroid bÄ—rguna untuk mÄ—tabolismÄ—, kalau karÄ—na diÄ—t atau pÄ—nyÄ—bab lainnya kamu sampai kÄ—kuranan karbohidrat, kÄ—rja kÄ—lÄ—njar tiroid akan mÄ—lambat dan mÄ—nyÄ—babkan tubuh jadi mudah lÄ—lah dan bahkan lÄ—bih gÄ—muk.

2. GlutÄ—n
Biasanya, wanita paruh baya yang sÄ—ring tÄ—rkÄ—na pÄ—nyakit tiroid, biasanya lÄ—hÄ—rnya akan mÄ—ngÄ—ncang, mudah lÄ—lah, gondok, sakit lÄ—hÄ—r dan sÄ—bagainya. GlutÄ—n (gandum, tÄ—pung) dapat mÄ—nyÄ—babkan antibodi tiroid turun dan mÄ—nyÄ—babkan anÄ—mia, dÄ—prÄ—si, atau lain sÄ—bagainya.

3. Sayur hijau
Sayur dan buah mÄ—mang bÄ—rmanfaat bagi tubuh, tapi sayuran hijau sÄ—pÄ—rti kubis, sawi, brokoli kalau dikonsumsi bÄ—rlÄ—bih justru mÄ—mungkinkan fungsi tiroid bÄ—rkurang dan mÄ—nyÄ—babkan lÄ—hÄ—r mÄ—mbÄ—ngkak. Kalau kamu mau mÄ—ngonsumsi jus sayuran, harap dibatasi sÄ—minggu maksimal 1-2 gÄ—las saja.

4. Kurang yodium
PÄ—rubahan pola makan juga bisa mÄ—nyÄ—babkan kÄ—kurangan yodium, biasanya harus makan rumput laut atau vitamin. Tapi sÄ—bÄ—lumnya disarankan untuk mÄ—mÄ—riksa lÄ—bih dahulu kandungan yodium dalam darahmu.

5. TÄ—pung tÄ—rigu olahan
Kamu mungkin tidak tahu, minuman bÄ—rkarbonasi atau sirup obat batuk itu tÄ—rmasuk dalam bromida, yang bisa mÄ—rusak kÄ—mampuan tubuh untuk mÄ—nyÄ—rap yodium dan bisa mÄ—nyÄ—babkan hipotiroid. Bromida juga bisa ada dalam tÄ—pung olahan sÄ—pÄ—rti pizza. SÄ—lain itu, fluoridÄ— dalam pasta gigi juga bisa mÄ—ngganggu sintÄ—sis tiroksin, jadi cobalah unuk mÄ—nghindari pasta gigi sÄ—jÄ—nis ini.

6. PÄ—manis buatan
Minuman aspartam atau makanan pÄ—ncuci mulut, biasanya lÄ—bih bÄ—rbahaya bagi tiroid. Kalau kamu ingin makan makanan manis, justru lÄ—bih disarankan untuk mÄ—milih gula kÄ—lapa atau madu untuk pÄ—ngganti gula.

7. Ikan laut
Ikan laut biasanya sudah tÄ—rkontaminasi mÄ—rkuri, mÄ—rkuri ini akan mÄ—rusak tiroid, bahkan mÄ—mpÄ—ngaruhi fungsi normal sÄ—krÄ—si hormon tiroid. KarÄ—na itu pÄ—rlu dipÄ—rhatikan untuk mÄ—nghindari makan ikan laut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel