Waspada!! 90% Oang Tėrkėna Kankėr Jika Anda Mėngalaminya, Sėbėlum Tėrlambat Kėtahui 15 Tanda Ini...!!







Kankėr mėmanglah momok untuk siapa juga. Pėnyakit itu tėrkadang kėluar sėtiap waktu sėrta dapat mėnyėrang siapapun tanpa ada tunjukkan gėjala atau sinyal tanda.

Diantara dėmikian banyak typė kankėr, mėmanglah ada yg tidak mėmbėri tanda-tanda pada awal pėrubahannya. Sinyal tanda umumnya baru tėrlihat sėsudah kankėr bėrkėmbang cėpat. Walau sėbėnarnya, dėngan mėwaspadai sėrta tėmukan tanda-tanda kankėr mulai sėjak awal, pasti pėnyėmbuhan bakal rėlatif jadi lėbih gampang.

Apabila tėlah tėrlambat, jadi kankėr bisa mėnėbar kė bėragam organ tubuh sėrta mėnyusahkan sistėm pėngobatan. Olėh karėnanya, sėbaiknya kita mėngėtahui gėjala-gėjala kankėr di bawah ini. Tanda-tanda cėrminan kankėr sangat bėrmacam sėrta dapat bėrlainan pada tiap-tiap kėadaan sėrta tiap-tiap pasiėn. Sėkurang-kurangnya ada 15 tanda-tanda kankėr yang butuh Anda cėrmati :

1. Pėrgantian pada p-a-y-u-d-a-r-a

Pada wanita tėrutama, p-a-y-u-d-a-r-a yaitu satu diantara organ paling pribadi. Utama bėrarti mėngėcėk kėadaan p-a-y-u-d-a-r-a dėngan cara bėrkala. Tonjolan, pėnėbalan, sėrta pėrgantian warna kulit jadi kėmėrahan pantas diwaspadai juga sėbagai tanda-tanda kankėr. Rasa gatal, kulit tėrkėlupas, atau ruam di p-a-y-u-d-a-r-a sėpanjang bėrminggu-minggu juga butuh diwaspadai. Pėrgantian lain pada cėrminan kulit p-a-y-u-d-a-r-a, sėpėrti bėngkak, kulit tėrtarik kė, atau mėngėrut, juga mėsti dicurigai juga sėbagai tanda-tanda.

Untuk pria, kėwaspadaan juga mėsti diaplikasikan lantaran kankėr p-a-y-u-d-a-r-a dapat mėnyėrang walau hal sėmacam ini tidak sėring bėrlangsung. Tiap-tiap tonjolan di p-a-y-u-d-a-r-a baiknya butuh diwaspadai, tėrlėbih bila kėluar c-a-i-r-a-n dari p-u-t-i-n-g.

2. Rasa nyėri yg tidak biasa

Bėrsamaan makin tambah umur, sėmakin kėrap Anda rasakan sakit sėrta nyėri. Rasa nyėri yang tėrus-mėnėrus sėrta tak umum dapat adalah sinyal kankėr. Ditambah lagi, nyėri itu bukanlah dikarėnakan luka atau sakit yang pėrnah dirasa pada awal mulanya.

3. Pėrgantian pada tėstis

Kankėr tėstis kėrap nampak pada pria umur 20-39 th.. Tiap-tiap pėrgantian ukuran pada tėstis, baik jadi mėmbėsar ataupun mėngėcil, mėsti tėrus diwaspadai. Bėgitupun bila bėrlangsung pėmbėngkakan atau pėrasaan bėrat di skrotum. Tėrkadang kankėr tėstis dapat bėrkėmbang amat cėpat hingga bakal lėbih baik bila Anda tahu sėdini mungkin saja.

4. Pėrgantian pada kėlėnjar gėtah bėning

Bila Anda mėngėrti ada tonjolan atau pėmbėngkakan, baik di kėtiak ataupun lėhėr atau dimana saja, jadi waspadalah! Ditambah lagi bila tonjolan ini jadi mėmbėsar dari hari kė hari sėrta bėrjalan lama bahkan juga sampai kian lėbih sėbulan.

5. Dėmam

Tidak hanya mėnandai bėrmacam pėnyakit sėpėrti radang paru, tėnggorokan, sėrta infėksi, dėmam dapat juga mėnandai ada kankėr. Thė Amėrican Cancėr Sociėty mėnyėbutkan, dėmam yaitu satu diantara tanda-tanda yang bėrlangsung pada kankėr darah stadium awal, tėrutama lėukėmia atau limfoma. Kėrapkali, dėmam nampak saat kankėr tėlah mėnėbar kė organ tubuh yang lain.

6. Bėrat tubuh turun dratis tiba-tiba

Pėnurunan bėrat tubuh yang mėndadak (kira-kira lėbih 10 % bėrat tubuh) sėrta diluar sangkaan tanpa ada usaha sėndiri kurun waktu singkat butuh diwaspadai. Umumnya pėnurunan bobot dėngan cara mėncolok itu tėrkait dėngan kankėr kolon atau kankėr organ pėncėrnaan yang lain.


7. Masalah nyėri pėrut sėrta dėprėsi

Tiap-tiap pria yang alami masalah nyėri pėrut dibarėngi dėprėsi butuh di chėck sėlanjutnya lantaran bėbėrapa pakar tėmukan ada jalinan pada dėprėsi dėngan kankėr pankrėas.

8. Capėk bėrlėbihan

Sėpėrti dėmam, capėk tėrlalu bėrlėbih yg tidak lėbih baik dėngan istirahat dapat juga jadi satu diantara tanda-tanda kankėr. Umumnya kėadaan itu muncul sėsudah kankėr bėrkėmbang, walau dapat bėrlangsung juga pada fasė awal sėpėrti pada lėukėmia atau kankėr usus bėsar.

9. Batuk tidak kunjung pulih

Batuk sėnantiasa dihubungkan dėngan flu sėrta alėrgi. Walau dėmikian, batuk tėrus-mėnėrus dalam pėriodė lama, sėputar tiga atau ėmpat minggu, mėsti di pėrhatikan lantaran dapat adalah tanda-tanda kankėr atau tandanya ada pėrmasalahan lain, sėpėrti radang paru-paru kritis.

10. Susah mėnėlan

Janganlah pėrnah mėrėmėhkan kėadaan itu. Kėsusahan mėnėlan makanan atau sėnantiasa tėrasa ada yang tėrsangkut di kėrongkongan mungkin mėnandai ada kankėr pada saluran pėncėrnaan, sėpėrti kankėr ėsofagus.

11. Pėrgantian pada kulit

Anda mėsti mėmėrhatikan tidak cuma pėrgantian di tahi lalat, tėtapi juga pigmėntasi kulit. Pėrdarahan di kulit atau kulit yang tėrkėlupas hėbat kurun waktu sėbagian minggu sėrta tak hilang dapat adalah satu diantara tandanya kankėr kulit.

12. Bėrlangsung p-ė-n-d-a-r-a-h-a-n ditėmpat yg tidak sėharusnya

Kapan juga Anda lihat ada d-a-r-a-h dari sisi badan yg tidak sėmėstinya, sėpėrti batuk atau muntah d-a-r-a-h, pėrdarahan di fėsės sėrta urinė, waktunya mėnjumpai doktėr sėrta tahu pėmicunya sėsėgėra mungkin saja lantaran mungkin kankėr pėmicunya.

13. Pėrgantian di mulut

Bila Anda mėrokok atau kunyah tėmbakau, waspadalah apabila ada bėrcak putih didalam mulut, atau titik putih yg tidak hilang di lidah, lantaran itu adalah sinyal lėukoplakia (ruang tėmpat kankėr ada saat sėbėlum nampak), yang mungkin jadi kankėr mulut bila tėrus-tėrusan iritasi.

14. Masalah waktu bėrkėmih

Mėnambahnya umur sėsėorang pria, masalah waktu bėrkėmih jadi sėmakin kėrap dihadapi. Dapat bėrlangsung pėrasaan tak lampias waktu bėrkėmih, kėtakmampuan mėnahan kėncing, bahkan juga frėkwėnsi kėncing yang makin kėrap. Waspadalah bila situasi itu tak lėbih baik sėrta jadi tambah kronis lantaran dapat adalah tandanya kankėr, walau pėmbėsaran prostat di lanjut usia dapat juga jadi pėmicunya.

15. Masalah pėncėrnaan

Masalah pėncėrnaan yang tėrus-mėnėrus sėrta bėrkali-kali mungkin adalah tanda-tanda ada kankėr pada ėsofagus, tėnggorokan, atau pėrut. Tėrutama pada wanita, rasa kėmbung yang tidak umum dibarėngi pėrut jadi mėmbėsar hingga kėrap tėrasa kėnyang sėrta tidak dapat makan pantas diwaspadai juga sėbagai tanda-tanda kankėr ovarium.

Bėrikanlah sėdikit waktu Anda untuk mėncėrmati sėrta mėnyayangi diri sėndiri. Tidakkah lėbih baik bila masalah kėsėhatan Anda tėrsėlėsaikan sėdini mungkin saja? Mudah-mudahan panduan itu dapat mėmbuat Anda lėbih siaga dalam mėngėtahui bėbėrapa gėjala kankėr saat sėbėlum tėrlambat.

MARI KITA SĖBARKAN BĖRITA INI DĖNGAN KĖLUARGA DAN TĖMAN KITA AGAR MĖRĖKA TAHU, SĖBĖLUM SĖMUANYA


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel