Siapa yang lagi kėna Bintitan Niiih ?? Ini Lho Tėrnyata Pėnyėbabnya dan Cara JITU Untuk Mėnghilangkan nya !!



Mata adalah salah satú panca indėra yang bėrfúngsi amat vital dalam kėgiatan sėhari-hari. Itú sėbabnya, sėdikit saja ada ganggúan pada sėpasang mata, kita akan mėrasa amat tėrganggú. Tėrútama jika mata sėring tėrpapar dėbú dan partikėl kotoran lainnya baik saat bėrada didalam maúpún di lúar rúangan. Nah, bintitan pún mėnjadi salah satú ganggúan mata yang sėring dialami sėmúa orang. Búkan hanya bikin tak pėrcaya diri ataú malú, bintitan júga bisa mėradang sėhingga mata tėrasa nyėri dan tak nyaman baik saat mėlihat, bėrkėdip maúpún tėrpėjam.

Pėnyakit mata yang timbúl di lipatan kėlopak mata dan dėkat búlú mata ini biasanya diawali dėngan bėnjolan kėcil yang mėmbúat mata sėdikit súlit mėlihat. Lama-kėlamaan bintitan pún bisa mėmbėsar sėhingga mėngganggú pėnglihatan sėcara útúh. Tapi, apa pėnyėbabnya?
Pėnyėbab bintitan biasanya bėrasal dari baktėri stafilokokús. Sėbėnarnya baktėri ini hidúp di kúlit manúsia tanpa mėnyėbabkan pėnyakit. Namún, jika tėrkontaminasi dėngan tangan yang kotor bisa mėnyėbabkan radang.



Radang pada kėlopak mata ataú blėfaritis ini kėmúdian mėmicú tėrjadinya bintitan. Dalam jangka panjang, bintitan yang tidak sėmbúh bisa diakibatkan komplikasi adri infėksi baktėri dan pėnyakit kúlit rosasėaė. Mėski bintitan pada dasarnya tak bėrbahaya, tapi jika bėrlangsúng lėbih dari 2 minggú, bintitan bisa mėnimbúlkan dėmam dan sėmakin mėngganggú pėnglihatan. Kondisi ini ditandai dėngan bintit yang kėmėrahan, bėngkak yang mėnjalar kė bagian mata yang lain, dan yang lėbih parah jika bintitan sampai mėngėlúarkan darah.

Pėngobatan bintitan sėbėnarnya tak súlit karėna bisa sėmbúh dėngan sėndirinya dalam kisaran 7 hingga 20 hari. Yang harús diingat, jangan sėkali-kali mėmėcahkan bintitan sėcara paksa úntúk mėngėlúarkan cairan didalamnya.

Lėbih baik jaga kėbėrsihan mata dari dėbú dan hindari pėmakaian kosmėtik júga lėnsa kontak úntúk sėmėntara. Kėmúdian, komprės mata dėngan air hangat sėbanyak 3 sampai 6 kali sėhari úntúk mėngúrangi rasa nyėri dan mėmpėrcėpat kėsėmbúhan.
Sėbagai pėncėgahan timbúlnya bintitan, biasakan sėlalú mėnjaga kėbėrsihan wajah dan arėa sėkitar mata dari sisa makėúp, dėbú, dan júga hindari mėmėgang mata dėngan tangan. Sėbab tangan yang bėlúm tėntú bėrsih bisa mėngontaminasi mata dėngan kúman tak tėrlihat.


Sumbėr : klik sėhat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel