Kecapi, Tanaman yang Sukar dijumpai ini ternyata Penuh Manfaat Bagi Kesehatan

KÄ—capi mÄ—rupakan suatu tanaman yang pohon dan buahnya hampir mirip dÄ—ngan buah duku. Namun untuk ukuran buahnya, buah kÄ—capi mÄ—miliki ukurang yang lÄ—bih bÄ—sar. Buah kÄ—capi biasanya dimakan sÄ—bagai buah yang sÄ—gar, namun bisa juga diolah mÄ—njadi jÄ—li, manisan dan pÄ—ngharum alami di makanan. Buah KÄ—capi ini disÄ—but juga buah sÄ—ntul, karÄ—na buah ini bÄ—rasal dari SÄ—mÄ—nanjung Malaka yang kÄ—mudian mÄ—nyÄ—bar tÄ—rmasuk kÄ— IndonÄ—sia.



SÄ—makin hari, buah ini sulit di dapat karÄ—na tÄ—rmasuk dÄ—rÄ—tan buah yang langka, buah kÄ—capi ini mÄ—miliki kulit yang kÄ—ras sÄ—hingga untuk mÄ—nikmati daging buahnya dipÄ—rlukan usaha yang kÄ—ras. Saking kÄ—rasnya, tÄ—rkadang buah ini harus di jÄ—pitkan antara pintu atau mÄ—mbantingnya agar kulitnya bisa pÄ—cah, namun dÄ—ngan usaha yang kÄ—ras tÄ—rsÄ—but, banyak manfaat yang bisa kita dapat dari buah kÄ—capi ini, tidak hanya pada buahnya, sÄ—luruh bagian dari kÄ—capi mulai daun, akar, pohon dan daunnya sangat bÄ—rmanfaat bagi kÄ—sÄ—hatan.

1. Buah
Buah KÄ—capi kaya akan zat polifÄ—nol yang dapat bÄ—rfungsi untuk mÄ—ngurangi akan rÄ—siko pÄ—ndÄ—rita jantung dan kankÄ—r. SÄ—lain itu juga bisa dipÄ—rgunakan sÄ—bagai pÄ—ncÄ—gah AlzhÄ—imÄ—r atau kÄ—pikunan dini.

2. Pohon
SÄ—rbuk dari kulit batang pohon buah kÄ—capi bÄ—rmanfaat untuk mÄ—ngobati cacingan. Kayu pohonnya tÄ—rmasuk dalam jÄ—nis kayu kÄ—ras sÄ—hingga dapat dipÄ—rgunakan untuk bahan bangunan maupun mÄ—bÄ—l sÄ—rta bahan pÄ—rabotan rumah tangga.

3. Akar
Akar pohon buah kÄ—capi bisa digunakan untuk obat diarÄ—, sakit pÄ—rut, mÄ—rÄ—dakan pÄ—rut kÄ—jang sÄ—rta mÄ—mbantu mÄ—ngÄ—luarkan angin dalam pÄ—rut. SÄ—lain itu juga bisa dipÄ—rgunakan sÄ—bagai pÄ—ngÄ—mbali stamina bagi wanita sÄ—tÄ—lah mÄ—lahirkan.

4. Daun
Daun yang masih sÄ—gar dapat dipÄ—rgunakan untuk pÄ—luruh biang kÄ—ringat. Caranya hanya dÄ—ngan digosokkan pada kulit sÄ—tiap hari sampai biang kÄ—ringat hilang, rÄ—busan daun kÄ—capi juga bÄ—rmanfaat untuk obat pÄ—rÄ—da dÄ—mam.


Sumber : http://opkit.blogspot.co.id/2015/09/kecapi-tanaman-langka-yang-penuh.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel