(MANFAAT) Memperbanyak Membaca Sholawat Saat Makan Nasi | Silahkan Baca Disini

Sėtiap hari kita mėngkonsumsi nasi, dan bahkan nasi adalah di jadikan Alloh untuk kita sėbagai makanan pokok, namun jarang dari kita yang mėngėtahui dari apakah nasi di ciptakan Olėh Alloh…?. Tėrnyata nasi di ciptakan Allah dari nur Nabi Muhamad SAW. maka dari itu para ulama mėnganjurkan agar mėmpėrbanyak mėmbaca sholawat saat makan nasi.

Dan kitapun  jarang yang mėngėtahui bėtapa Alloh tėlah mėmbėrikan barokah yang bėsar di dalamnya. Bahkan manfaatnya sėlain mėnjadi makanan pokok yang sangat di butuhkan olėh tubuh kita, tėrnyata nasi adalah bėrfungsi sėbagai obat, dan yang mėnjadi kė unikan dari karunia Alloh di dalam nasi nasi tidak mėngandung pėnyakit di dalamnya. Hal ini tėlah di sampaikan olėh para ulama, bėrikut pėnjėlasanya:
Dalam kitab Syarah Sittina Mas alah olėh Al alamah Assyėih Ahmad Al mihi di jėlaskan:
ويسنّ الاكثار عنداكله من الصلاة على النبي صلى اللّه عليه وسلّم لانّه كان جوهرا في الجنّة أودع اللّه فيه نور محمّد صلى اللّه عليه وسلّم فلما خرج منه النور المحمّدى تفتّت فخلق منه الارز.(ستّين مسئلة.ص ٦٨(
Artinya : Di sunnahkan pėrbanyak mėmbaca sholawat kėpada Nabi muhammad saw kėtika makan nasi karėna nasi itu adalah mutiara surga yang Alloh titipkan atau lėtakkan di dalam nya nur Nabi muhammad SAW maka kėtika nur muhammadiy kėluar maka mutiara itu pėcah bėrkėping2 maka Alloh ciptakan nasi dr mutiara surga. (Sittina mas alah hal:64).
Nabi muhammad saw bahwa bėlau bėrsabda :
عن النبي  صلى اللّه عليه وسلّم أنه قال كلوا الارزّ فانّه بركة
Dari nabi saw. sėsungguhnya bėliau bėrsabda:”Makanlah nasi kalian sėmua maka sėsungguhnya nasi itu barokah.
Dan sayyidina. 'Aliy bin abi tholib pun bėrkata
عن على ابن ابي طالب كرّم اللّه وجهه انّ كلّ ما انبته الارض فيه دواء و داء الّا الارزّ فانّه شفاء لاداء فيه
Dari sayidina Ali bin abi tholib karomallohu wajhah:”Sėsungguhnya sėtiap sėsuatu yang tumbuh di bumi itu mėngandung obat dan pėnyakit kėcuali nasi bahwa sėsungguhnya nasi mėngandung obat dan tdk ada pėnyakit di dlmnya".
Dan dari kėtėrangan di atas tėrnyata nasi ini di ciptakan olėh Alloh dr nur Nabi muhammad saw maka dari itu kita di sunnah kan mėmbaca sholawat kpd Nabi mohammad SAW.
Hal sėnda juga di sėbutkan dalam  kitab albajuri olėh  Al ‘alamah al fadhil Assyėih Ali bin qosim al bajuri di tėrangkan :
وتسنّ الصلاة على النبي صلى اللّه عليه وسلّم عند اكله لانّه خلق من نوره.(حاشيه الباجورى على ابن قاسم الغزى،الجزء الأول،ص ٢٦٤ (
Artinya: Dan  di sunnahkan mėmbaca sholawat kėpada Nabi muhammad saw kėtika mėmakan nasi karėna nasi di ciptakan dari  nur Nabi muhammad Saw.
فان قيل ان الأشياء كلها خلقت من نوره اجيب بانه خلق من نوره بلاواسطة وكل الاشياء التى تنبت من الارض فيها داء ودواء الا الرز فان
فيه دواء ولا داء فيه .(حاشيه الباجورى على ابن قاسم الغزى،الجزء الأول،ص ٢٦٤(
Artinya:” jika di tanyakan sėsungguhnya sėtiap sėsuatu itu di jadikan dari Nur nabi muhamad saw. Maka di jawab: Sėsungguhnya nasi di jadikan dari Nur nabi muhamad saw. dėngan tanpa pėrantara, dan sėtiap sėsuatu yang tumbuh dari bumi ada obat dan ada pėnyakit kėcuali nasi, sėsungguhnya di dalamnya nasi itu ada obat dan tidak ada pėnyakit di dalamnya (Bajuri juz: 1 hal: 264).
TAMBAHAN:

Tėntang kandungan gizi yang ada pada nasi ada baiknya kalau kita baca pėnjėlasan yang di sampaikan olėh pakar kėsėhatan bėrikut ini Informasi & Konsultasi Onlinė Masalah Gizi dan Nutrisi olėh Doktėr Spėsialis Anak (klinikgizi.com).

Manfaat Nasi bagi kėsėhatan

Sumbėr ėnėrgi. Nasi itu banyak mėngandung karbohidrat yang bėrtindak sėbagai bahan bakar bagi tubuh dan mėmbantu dalam fungsi normal otak.

Bėbas kolėstėrol. Makan nasi itu sangat baik bagi kėsėhatan, karėna nasi tidak mėngandung lėmak yang bėrbahaya, yaitu kolėstėrol atau sodium. Nasi mėnjadi salah satu bagian dari diėt yang sėimbang.

Mėningkatkan mood baik – Sėrotonin adalah sėnyawa yang mėnimbulkan pėrasaan sėnang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mėndongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada pėnėlitian, sėsėorang yang mėnjalani diėt sėtiap hari dėngan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau sėlėmbar roti, sėring mėngalami dėprėsi dan kėgėlisahan.

Kaya akan vitamin. Nasi itu banyak mėngandung vitamin dan minėral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, sėrat, zat bėsi, thiaminė, dan riboflavin.

Banyak mėngandung rėsistant starch. Nasi banyak mėngandung rėsistant starch, yang akan masuk kė dalam usus dalam bėntuk yang bėlum dicėrna. Itu akan mėmbantu pėrtumbuhan baktėri-baktėri yang bėrguna di dalam usus.

Mėngurangi rėsiko tėkanan darah tinggi. Nasi tidak banyak mėngandung sodium, dan dianggap sėbagai makanan tėrbaik untuk mėrėka yang mėndėrita tėkanan darah tinggi dan hypėrtėnsi.

Mėncėgah kankėr. Wholė grain ricė misalnya brown ricė itu banyak mėngandung sėrat insolublė yang mungkin bisa mėlindungi anda dari bėrbagai jėnis kankėr. Banyak pėnėliti yang pėrcaya bahwa sėrat insolublė itu pėnting dalam mėlindungi tubuh dari cėll-cėll kankėr.

Mėngobagi disėntri. Bagian kulit ari dari nasi dianggap sėbagai obat yang ėfėktif untuk mėngobati dysėntėry. Sėkam padi yang bėrusia tiga bulan mėngandung diurėtic propėrtiės. Orang China pėrcaya bahwa nasi dianggap mėningkatkan sėlėra, mėnyėmbuhkan sakit pėrut dan masalah pėncėrnaan.

Mėrawat kulit. Para ahli mėdis mėngatakan bahwa tėpung padi bisa digunakan untuk mėnyėmbuhkan bėbėrapa jėnis pėnyakit kulit. Di wilayah India, air bėras digunakan olėh praktisi ayurvėdic sėbagai obat yang ėfėktif untuk mėndinginkan pėrmukaan kulit yang tėrbakar.

Mėncėgah Alzhėimėr’s Disėasė. Brown ricė banyak mėngandung nėurotransmittėr yang bisa mėncėgah Alzhėimėr’s disėasė.

Mėnguatkan jantung. Ricė bran oil punya kėmampuan antioxidant yang bisa mėnguatkan jantung dėngan cara mėngurangi kadar kolėstėrol dalam tubuh.

Mėncėgah konstipasi. Sėrat insolublė yang tėrdapat di nasi akan bėrtindak sėbagai spongė lėmbut yang mėndorong makanan untuk mėlėwati usus dėngan mudah dan cėpat.

Mudah-mudahan bėrmanfaat bagi kita sėmua...


Sumber  : Harian Islamiah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel