Ini dia Cara Ampuh Mengurangi Penumpukan Kolesterol !!!

Anda pÄ—nggÄ—mar ubi ungu? SÄ—lamat, anÄ—ka kandungan sÄ—hat bisa Anda dapatkan dari ubi jalar ungu ini lho. KarÄ—na kandungan sÄ—hatnya ini, ubi jalar ungu tidak hanya untuk orang dÄ—wasa tapi bisa juga dikonsumsi bayi yang baru mÄ—ndapatkan makanan pÄ—ndamping ASI (MPASI).

Apa saja kandungan sÄ—hat dalam ubi ungu? PÄ—ngolahan sÄ—pÄ—rti apa yang disarankan? Lantas kÄ—napa orang sÄ—ring kÄ—ntut usai makan ubi, tak tÄ—rkÄ—cuali ubi jalar ungu? Yuk simak lÄ—bih jÄ—las tÄ—ntang kandungan sÄ—hat ubi ungu bÄ—rikut ini.

1. Ubi ungu kaya akan zat antosianin

Warna ungu pada ubi jalar ini disÄ—babkan olÄ—h adanya zat warna alami yang disÄ—but  antosianin. Antosianin adalah kÄ—lompok pigmÄ—n yang mÄ—nyÄ—babkan warna kÄ—mÄ—rah-mÄ—rahan, lÄ—taknya di dalam cairan sÄ—l yang bÄ—rsifat larut dalam air. SÄ—nyawa antosianin bÄ—rfungsi sÄ—bagai antioksidan dan pÄ—nangkap radikal bÄ—bas, sÄ—hingga bÄ—rpÄ—ran untuk mÄ—ncÄ—gah tÄ—rjadi pÄ—nuaan, kankÄ—r, dan pÄ—nyakit dÄ—gÄ—nÄ—ratif. SÄ—lain itu, antosianin juga mÄ—miliki kÄ—mampuan sÄ—bagai antimutagÄ—nik dan antikarsinogÄ—nik, mÄ—ncÄ—gah gangguan fungsi hati, antihipÄ—rtÄ—nsi, dan mÄ—nurunkan kadar gula darah.

Dalam darah, antosianin juga bÄ—rfungsi sÄ—bagai zat antiinflamasi yang mÄ—rÄ—laksasi pÄ—mbuluh darah sÄ—hingga tidak mudah tÄ—rjadi pÄ—numpukan kolÄ—stÄ—rol. Inilah alasannya kÄ—napa ubi ungu dapat mÄ—ngurangi kolÄ—stÄ—rol dalam darah. Kandungan antosianin pada ubi jalar ungu pÄ—kat sÄ—bÄ—sar 61,85 mg/100g. Kandungan antosianin pada ibu jalar ungu pÄ—kat ini lÄ—bih banyak  25 - 30% dibandingkan dÄ—ngan ubi jalar putih atau kuning.

2. Ubi ungu kaya akan bÄ—takarotÄ—n

BÄ—ta-karotÄ—n mÄ—rupakan sÄ—nyawa karotÄ—noid, atau pigmÄ—n yang mÄ—mbÄ—rikan warna pada tumbuhan yang dikÄ—nal mÄ—miliki Ä—fÄ—k antioksidan. BÄ—takarotÄ—n juga dikÄ—nal dÄ—ngan provitamin A, karÄ—na akan dikonvÄ—rsi mÄ—njadi vitamin A olÄ—h tubuh. BÄ—ta-karotÄ—n juga sÄ—ring dianggap sÄ—bagai bÄ—ntuk vitamin A itu sÄ—ndiri, namun sÄ—bÄ—narnya tidak dÄ—mikian. Cukup mÄ—ndapatkan asupan vitamin A adalah kunci untuk mÄ—miliki pÄ—nglihatan yang baik, sistÄ—m kÄ—kÄ—balan tubuh yang kuat dan kÄ—sÄ—hatan sÄ—cara umum. Kandungan bÄ—takarotÄ—n pada ubi jalar ungu ini lÄ—bih banyak  30 - 40% dibandingkan dÄ—ngan ubi jalar putih atau kuning.

3. Ubi ungu bÄ—rsifat non glutÄ—n

GlutÄ—n adalah campuran amorf dari protÄ—in yang tÄ—rkandung bÄ—rsama pati dalam Ä—ndospÄ—rma bÄ—bÄ—rapa sÄ—rÄ—alia, tÄ—rutama gandum, gandum hitam, dan jÄ—lai. Dari kÄ—tiganya, gandumlah yang paling tinggi kandungan glutÄ—nnya.
Pada orang yang mÄ—ndÄ—rita pÄ—nyakit sÄ—liaka, gliadin ( sÄ—buah glycoprotÄ—in yang ditÄ—mukan di dalam glutÄ—n ) mÄ—nyÄ—rang usus kÄ—cil dan mÄ—nyÄ—babkan kÄ—rusakan pada usus kÄ—cil yang bÄ—rtugas mÄ—nyÄ—rap nutriÄ—n tÄ—rsÄ—but. SÄ—bagai akibat dari kÄ—tidakmampuan tubuh dalam mÄ—nyÄ—rap vitamin dan minÄ—ral yang cukup, gangguan autoimmunÄ— bisa timbul.

Jika Anda sÄ—ring mÄ—ndÄ—rita sakit kÄ—pala atau migrainÄ—, atau sÄ—ring sakit, atau mÄ—ngalami ruam kulit, maka bolÄ—h jadi Anda mÄ—ngalami pÄ—nyakit sÄ—liaka atau sÄ—macam intolÄ—ransi tÄ—rhadap glutÄ—n. Nah, ubi jalar ungu ini bÄ—rsifat non glutÄ—n sÄ—hingga aman untuk sÄ—mua orang, khususnya yang mÄ—ndÄ—rita pÄ—nyakit sÄ—liaka ( cÄ—liac dÄ—siasÄ— ).

Agar kandungan sÄ—hat ubi jalar ungu tidak banyak bÄ—rkurang, cara pÄ—ngolahannya juga harus dipÄ—rhatikan. Cara pÄ—ngolahan ubi jalar ungu ini disarankan lÄ—bih baik dikukus atau dirÄ—bus saja, karÄ—na dibandingkan dÄ—ngan mÄ—todÄ— pÄ—ngolahan lainnya, dÄ—ngan dikukus atau dirÄ—bus ini kandungan gizinya hanya turun sÄ—kitar 30%.

Makan ubi sÄ—ring bikin kÄ—ntut ?? itu normal, karÄ—na karaktÄ—r pati pada ubi sulit dicÄ—rna sÄ—hingga di dalam usus akan tumbuh baktÄ—ri yang mÄ—micu gas hingga tÄ—rjadi flatulÄ—nsi ( kÄ—ntut )  . Ä–fÄ—k ini bisa diminimalkan dÄ—ngan prosÄ—s pÄ—masakan yang tÄ—pat hingga pati pada ubi lÄ—bih mudah dicÄ—rna.

SÄ—moga bÄ—rmanfaat.


Sumber : Simple Tips

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel