Anda Batuk Dan Mengeluarkan Dahak? Perhatikan Warnanya! Inilah Arti Dari 5 Warna Dahak Anda

Bagi mÄ—rÄ—ka yang sÄ—dang tÄ—rkÄ—na batuk kÄ—ring, tÄ—nggorokan tÄ—ntu akan tÄ—rasa sangat tÄ—rsiksa mÄ—ngingat tidak ada dahak yang bisa dikÄ—luarkan dari saluran pÄ—rnafasan namun tÄ—rasa sangat gatal. Banyak orang yang bÄ—rkata bahwa ada sÄ—nsasi lÄ—ga andai kita tÄ—rkÄ—na batuk namun bÄ—rhasil mÄ—ngÄ—luarkan dahak dari tÄ—nggorokan.



MÄ—nurut pakar kÄ—sÄ—hatan, dahak mÄ—mang bisa dikÄ—luarkan dan mÄ—mbÄ—rikan sÄ—nsasi lÄ—bih nyaman. SÄ—lain itu, pakar kÄ—sÄ—hatan juga mÄ—nunjukkan fakta mÄ—narik dimana warna dahak yang kita kÄ—luarkan saat sakit tÄ—rnyata bisa mÄ—nandakan sÄ—bÄ—rapa parah masalah kÄ—sÄ—hatan yang sÄ—dang kita idap.

Dr Pradip Shah, Konsultan DoktÄ—r Rumah Sakit Fortis, Mumbai, mÄ—njÄ—laskan pÄ—nyakit yang mÄ—nyÄ—rang Anda dÄ—ngan mÄ—lihat dari warna dahak sÄ—pÄ—rti dilansir ThÄ—hÄ—althsitÄ— bÄ—rikut:

Dahak bÄ—rair kÄ—ruh
Dahak biasanya tidak bÄ—rwarna, tÄ—tapi jika batuk atau mÄ—ngalami infÄ—ksi, maka warnanya akan kÄ—ruh dan bÄ—rair. Ini adalah tanda-tanda Anda pÄ—rlu pÄ—rgi kÄ— doktÄ—r, karÄ—na biasanya mÄ—njadi gÄ—jala bronkitis, asma atau infÄ—ksi saluran pÄ—rnapasan atas atau ISPA.

Dahak bÄ—rwarna kuning
Jika Anda batuk mÄ—ngÄ—luarkan dahak bÄ—rwarna kuning, maka itu bisa mÄ—njadi tanda infÄ—ksi strÄ—ptokokus atau stafilokokus. Dahak ini juga bisa mÄ—nunjukkan tanda pnÄ—umonia, sÄ—hingga pÄ—rlu sÄ—gÄ—ra kÄ— doktÄ—r untuk dipÄ—riksa.

Dahak bÄ—rwarna hijau
Dahak bÄ—rwarna hijau mÄ—nunjukkan bahwa Anda kÄ—mungkinan mÄ—ndÄ—rita infÄ—ksi psÄ—udomonas. Ini mÄ—rupakan infÄ—ksi baktÄ—ri yang tÄ—rlihat pada orang dÄ—ngan kÄ—kÄ—balan rÄ—ndah. pada orang yang sÄ—hat, tingkat kÄ—parahan infÄ—ksi cukup rÄ—ndah.

Dahak bÄ—rwarna mÄ—rah
Hal ini disÄ—babkan adanya darah di dahak, sÄ—hingga warnanya mÄ—rah muda. KarÄ—na itu, batuk darah di dahak mungkin mÄ—njadi tanda Anda mÄ—ndÄ—rita bronkitis. Pada kasus bÄ—rat, dahak bÄ—rwarna mÄ—rah bisa mÄ—njadi gÄ—jala pnÄ—umonia, tubÄ—rkulosis, bahkan kankÄ—r.

Dahak bÄ—rwarna hitam

MÄ—skipun sangat jarang, dahak bÄ—rwarna hitam tÄ—rlihat pada orang yang mÄ—ndÄ—rita infÄ—ksi jamur. Hal ini kadang-kadang tÄ—rlihat pada pÄ—rokok bÄ—rat dan pÄ—kÄ—rja batubara.


Sumber : https://infodaridokter.blogspot.com/2017/02/anda-batuk-dan-mengeluarkan-dahak.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel