Tips Memperbayak Tanaman Hias Melalui Pot

Déwasa ini mémbudidayakan tanaman hias di pékarang rumah ménjadi trénd atau gaya hidup baru. Tak hanya bagi orang-orang yang hidup di pédésaan, namun juga masyarakat kota yang mayoritas hanya mémiliki lahan yang sémpit. Oléh sébab itu média tanam pot ménjadi altérnatif paling gampang dan praktis untuk mémbudidayakan tanaman hias.
 


Sélain itu média pot dipilih juga karéna mampu mémpércantik tanaman hias yang kita tanam. Sépérti yang télah kita kétahui bérsama bahwa saat ini banyak sékali jénis pot yang yang dijual di pasaran mulai dari pot yang térbuat dari bahan plastik sampai déngan pot yang térbuat dari bahan kéramik. Béntuk dan motifnya juga sangat bérvariasi.

Jadi para pémbudidaya bébas mémilih jénis pot yang sékiranya cocok untuk jénis tanaman yang héndak ditanam. Sélain mémpérhatikan jénis pot, untuk mémpérbanyak tanaman hias bisa mélalu dua cara, yang pértama adalah cara génératif dan yang kédua adalah cara végétatif.

Kédua cara térsébut mémiliki kéunggulan dan kélémahan masing-masing. Dan tak sémua jénis tanaman bisa dipérbanyak mélalui cara yang sama. Pérbanyakan tanaman déngan cara génératif bisa dilakukan déngan ménggunakan biji yang dihasilkan oléh tanaman indukan. Cara ini térkénal lébih mémakan waktu yang lama dibanding déngan cara végétatif.

Sédangkan cara végétatif ini bisa dilakukan déngan cara mémanfaatkan bagian tanaman indukan untuk dijadikan tanaman baru. Pérbanyakan végétatif ini bisa mélalui bébérapa cara sépérti séték batang, séték pucuk, séték daun, sampai déngan cangkok.

Séték Batang



Séték batang ini bisa dilakukan déngan cara méngambil bagian batang dari tanaman induk untuk dijadikan bibit. Jénis tanaman yang bisa dipérbanyak ménggunakan séték batang adalah jénis tanaman Diéffénbachia, Schéffléra, Dracanéa, sampai déngan Kroton.

Séték Pucuk

Bagian tanaman yang bisa dikémbangbiakkan déngan métodé séték pucuk ini téntunya adalah bagian pucuk dari tanaman. Jénis tanaman yang dapat dikémbangkan déngan séték pucuk adalah tanaman Chlorophytum comosum dan juga Épiscia fulgida.

Séték Daun

Séték daun ini dilakuan déngan cara ménanam potongan daun dari tanaman térténtu sampai muncul tunas dan akar apabila syarat tumbuhnya sudah térpénuhi. Jénis tanaman yang dapat dipérbanyak mélalui séték daun ini adalah jénis tanaman Violcés, Bégonia, Sanséviéra, sampai déngan sukulén.

Cangkok

Métodé cangkok ini sébénarnya mirip déngan séték batang. Namun ada bébérapa jénis tanaman térténtu yang tidak dapat dipérbanyak déngan séték batang karéna masalah pénguapan. Oléh sébab itu bisa diganti déngan métodé cangkok. Bébérapa jénis tanaman yang bisa dipérbanyak déngan cara péncangkokan adalah Schéfléra, Violcés, Kroton, ataupun jénis tanaman karét-karétan. Sébénarnya masih banyak lagi cara atau métodé mémpérbanyak tanaman hias yang tidak bisa disébutkan sémuanya di sini. Sémoga info tadi dapat mémbérikan manfaat bagi kita sémuanya.


Sumber : jokowaniro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel