Tips Agar Pohon Pepaya Pendek dan Berbuah Lebat

Séringnya, pohon pépaya akan mulai bérbuah kétika tanaman méninggi, hal ini téntu saja ményulitkan kita untuk mémétiknya. Mau dipanjat takut rubuh, mau pakai galah takutnya pépaya malah hancur saat jatuh. Bisakah tanaman pépaya dibuat péndék agar mudah dipétik? Bisa kok.



Bégini Caranya...

1. Sétélah bibit pépaya yang kita tanam bérusia sékitar 1 bulan atau kétinggian 40-50 cm, potong pupusnya agar tumbuh bébérapa tunas di batang bawah.

2. Tunggu sékitar 10 hari tunas baru akan bérmuculan. Sétélah itu batang pohon pépaya dipotong lagi sékitar 15 cm dari tanah atau dari tunas ké-3 / ké-5. Agar békas potongan tidak mémbusuk sébaiknya dibungkus plastik.

3. Séminggu sétélahnya mulai dilakukan séléksi tunas. Sisakan satu saja yang paling bagus.

4. Sétélah itu lakukan pérawatan térhadap pohon pépaya sébagaimana biasa. Insya Allah, dalam bébérapa bulan ké dépan bunga bakal buah pun mulai bérmunculan.

TAMBAHAN :

Ményiapkan Bibit yang Baik

Sébélumnya téntu kita harus mémpérsiapkan bibit yang bagus agar tanaman mampu bérbuah maksimal. Tanaman pépaya biasa dipérbanyak déngan biji, maka sébaiknya pilih bénih pépaya déngan syarat bérikut:

1. Diambil dari buah yang masak pénuh di pohon

2. Dari tanaman induk yang bébas dari hama dan pényakit

3. Produksinya tinggi dan kualitas buahnya baik

4. Ukuran biji séragam

5. Biji diambil dari buah bagian ujung.

Biji diambil dari buahnya déngan cara mémotong buah déngan pisau. Pémotongan dilakukan déngan hati-hati jangan sampai mélukai biji. Kémudian biji dikéluarkan dari buahnya. Yang dipakai sébagai bénih adalah biji-biji yang térdapat di ujung buah. Dalam 1 buah hanya diambil kira-kira 2/3 nya dan sisanya tidak dipakai. Biji-biji yang térdapat pada pangkal buah dékat tangkai buah biasanya daya kécambahnya lébih réndah dibanding yang di ujung buah. Hal ini karéna pada bagian pangkal biasanya buah pépaya lébih kécil, séhingga pértumbuhan biji dalam buah juga kurang baik. Ini yang bérpéngaruh térhadap pérkécambahan biji pépaya.

Biji-biji yang sudah dikéluarkan dari buahnya kémudian dicampur déngan abu dapur dan diangin-anginkan sélama 3 hari. Sétélah itu disimpan di témpat yang lémbab sambil ménunggu waktu pényémaian. Biji pépaya dapat ditanam langsung atau mélalui pémbibitan dahulu. Untuk méndapatkan bibit yang baik dan pértumbuhan tanaman yang baik, sébaiknya dilakukan pémbibitan dahulu baru dipindah tanam di lapangan.

Sébagai témpat pémbibitan digunakan kantong-kantong plastik (polybag). Kantong-kantong plastik diisi campuran tanah lapisan atas dan pupuk kandang atau kompos déngan pérbandingan 1 : 1. Pupuk kandang atau kompos yang digunakan harus sudah masak, yaitu déngan jalan dikomposkan lébih dahulu. Pupuk kandang yang masih baru atau bélum masak tidak baik untuk campuran média tanam, dan akibatnya dapat mématikan tanaman yang ditanam.

Sétélah kantong plastik diisi média, kémudian dibuat lobang-lobang kécil pada kantong plastik untuk saluran pémbuangan air siraman yang tidak dapat dimanfaatkan bibit. Air yang bérlébihan di dalam kantong plastik justru dapat ménghambat pértumbuhan bibit pépaya. Kémudian biji pépaya ditanam pada kantong plastik, 1 kantong plastik ditanami 1 biji.

Sélama di pémbibitan bibit pépaya harus sélalu méndapat air yang cukup. Oléh karéna itu pérlu dilakukan pényiraman paling tidak séhari sékali. Pada umur 1 bulan bibit pépaya dibéri pupuk. Pupuk yang digunakan adalah uréa déngan dosis 1 gram tiap bibit. Bibit sébaiknya dilétakkan di témpat yang téduh, karéna bibit bélum tahan térhadap sinar matahari yang térik. Pada umur 2 bulan bibit pépaya dapat dipindah tanam di lapangan.

Téknik Ménanam

Bibit yang sudah siap tanam diambil dari kantong plastik déngan cara mérobék kantong plastik. Usahakan tanah di dalam kantong plastik masih tétap ménémpél di akar bibit. Hal ini dimaksudkan supaya tidak térjadi stagnasi pértumbuhan tanaman, yaitu tanaman bérhénti tumbuh bébérapa waktu karéna harus béradaptasi déngan tanah yang baru. Sébélun pénanaman sébaiknya dilakukan séléksi bibit. Bibit yang pértumbuhannya kurang baik, béngkok, atau térsérang hama pényakit sébaiknya tidak pérlu ditanam.


Sumber :   tips petani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel