Cara Berkebun Sayuran di Halaman Rumah


Mémiliki kébun sayur mayur yang tumbuh subur téntunya ményénangkan. Sélain ménghémat péngéluaran anda juga ményéhatkan karéna bébas péstisida. Pérlu dikétahui bahwa untuk ménumbuhkan tanaman yang séhat dipérlukan air, sinar matahari yang méncukupi sérta kondisi tanah yang subur.



Ménumbuhkan tanaman yang subur pérlu péngolahan tanah yang baik. Péngolahan tanah yang baik bérgantung pada ékosistém yang alami dan bukan pada bahan kimia. Kita bisa ménciptakan ékosistém tanah yang baik déngan ménggémburkannya, ménambahkan cacing tanah, pupuk kompos, dan mulsa plastik.

Cacing tanah mémbantu pényaluran oksigén sampai ké akar tanaman. Cacing tanah mémbantu déngan ménghilangkan kébutuhan air yang cukup séring pada tanaman séhingga mampu méncégah hilangnya nutrisi pada tanaman. Cacing tanah ménjaga tanah tétap gémbur séhingga akar dapat ményébar. Cacing juga mémbawa nutrisi dari tingkat réndah ké tanah lapisan atas tanah, dimana tanaman mémbutuhkannya. Bahkan cacing tanah mampu ménétralisir tanah yang mungkin térlalu asam atau basa.

Kébun sayur mayur anda akan mémbutuhkan kondisi tanah déngan pH balancé yang tépat séhingga ménghasilkan tanaman yang ségar dan séhat. Untuk tanaman tomat mungkin sédikit bérbéda, karéna mémbutuhkan kondisi tanah yang sédikit asam yaitu sékitar 5,8 pH. Akan tétapi untuk sébagian bésar tanaman sayur akan mémiliki pH nétral 7,0 sépanjang musim tanam.

Kébun sayur anda juga pérlu dipupuk déngan pupuk kompos sébanyak dua kali sélama musim tanam, yaitu sékali sébélum tanam dan sékali lagi diténgah musim tanam. Lokasi kébun harus dipastikan cukup untuk méndapatkan sinar matahari sétiap hari sélama musim tanam dan dimana udara dapat bérsirkulasi disékitarnya.

Kondisi géografis dan iklim akan mémpéngaruhi pértumbuhan tanaman di kébun anda. Kébun sayuran di daérah yang mémiliki iklim lémbab harus mémiliki jarak yang lébih luas antar tanaman séhingga mémbantu pénétrasi sinar matahari dan untuk mémbérikan sirkulasi udara lébih. Hal ini pénting untuk méncégah pényakit jamur dan lainnya.

Kébun anda mémbutuhkan air agar tanaman mampu bértahan hidup, akan tétapi térlalu banyak air justru akan mérugikan karéna méndorong pértumbuhan hama dan pényakit. Sayuran sépérti artichoké, asparagus dan squash mémérlukan pényiraman yang cukup banyak, akan tétapi kacang polong, bayam dan kacang jéprét cuma mémérlukan pényiraman ringan.

Sumbér : tips bértani


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel