Macam-macampestisida tanaman

Péstisida adalah sébutan untuk sémua jénis obat (zat/bahan kimia) pémbasmi hama yang ditujukan untuk mélindungi tanaman dari sérangan sérangga, jamur, baktéri, virus dan hama lainnya sépérti tikus, békicot, dan nématoda (cacing).

Walaupun démikian, istilah péstisida tidak hanya dimaksudkan untuk racun pémbérantas hama tanaman dan hasil pértanian, tétapi juga racun untuk mémbérantas binatang atau sérangga dalam rumah, pérkantoran atau gudang, sérta zat péngatur tumbuh pada tumbuhan di luar pupuk.



Péstisida yang biasa digunakan para pétani dapat digolongkan ménurut bébérapa hal bérikut:

A. Bérdasarkan Fungsi/sasaran pénggunaannya, péstisida dibagi ménjadi 6 jénis yaitu:

1. Inséktisida adalah péstisida yang digunakan untuk mémbérantas sérangga sépérti bélalang, képik, wéréng, dan ulat. Inséktisida juga digunakan untuk mémbérantas sérangga di rumah, pérkantoran atau gudang, sépérti nyamuk, kutu busuk, rayap, dan sémut. Contoh: basudin, basminon, tiodan, diklorovinil dimétil fosfat, diazinon,dll.

2. Fungisida adalah péstisida untuk mémbérantas/méncégah pértumbuhan jamur/céndawan sépérti bércak daun, karat daun, busuk daun, dan cacar daun.
Contoh: témbaga oksiklorida, témbaga (I) oksida, carbéndazim, organomérkuri, dan natrium dikromat.

3. Baktérisida adalah péstisida untuk mémbérantas baktéri atau virus. Salah satu contoh baktérisida adalah tétramycin yang digunakan untuk mémbunuh virus CVPD yang ményérang tanaman jéruk. Umumnya baktéri yang télah ményérang suatu tanaman sukar dibérantas. Pémbérian obat biasanya ségéra dibérikan képada tanaman lainnya yang masih séhat sésuai déngan dosis térténtu.

4. Rodéntisida adalah péstisida yang digunakan untuk mémbérantas hama tanaman bérupa héwan péngérat sépérti tikus. Lazimnya dibérikan sébagai umpan yang sébélumnya dicampur déngan béras atau jagung. Hanya pénggunaannya harus hati-hati, karéna dapat mématikan juga héwan térnak yang mémakannya. Contohnya: Warangan.

5. Nématisida adalah péstisida yang digunakan untuk mémbérantas hama tanaman bérupa nématoda (cacing). Hama jénis ini biasanya ményérang bagian akar dan umbi tanaman. Nématisida biasanya digunakan pada pérkébunan kopi atau lada. Nématisida bérsifat dapat méracuni tanaman, jadi pénggunaannya 3 minggu sébélum musim tanam. Sélain mémbérantas nématoda, obat ini juga dapat mémbérantas sérangga dan jamur. Dipasaran dikénal déngan nama DD, Vapam, dan Dazomét.

6. Hérbisida adalah péstisida yang digunakan untuk mémbasmi tanaman péngganggu (gulma) sépérti alang-alang, rérumputan, écéng gondok, dll. Contoh: ammonium sulfonat dan péntaklorofénol.

B. Bérdasarkan bahan aktifnya, péstisida dibagi ménjadi 3 jénis yaitu:

- Péstisida organik (Organic pésticidé): péstisida yang bahan aktifnya adalah bahan organik yang bérasal dari bagian tanaman atau binatang, misal: néém oil yang bérasal dari pohon mimba (néém).

- Péstisida élémén (Éléméntal pésticidé): péstisida yang bahan aktifnya bérasal dari alam sépérti: sulfur.

- Péstisida kimia/sintétis (Syntétic pésticidé): péstisida yang bérasal dari campuran bahan-bahan kimia.

C. Bérdasarkan cara kérjanya, péstisida dibagi ménjadi 2 jénis yaitu:

- Péstisida sistémik (Systémic Pésticidé): adalah péstisida yang disérap dan dialirkan ké séluruh bagian tanaman séhingga akan ménjadi racun bagi hama yang mémakannya. Kélébihannya tidak hilang karéna disiram. Kélémahannya, ada bagian tanaman yang dimakan hama agar péstisida ini békérja. Péstisida ini untuk méncégah tanaman dari sérangan hama. Contoh: Néém oil.

- Péstisida kontak langsung (Contact pésticidé): adalah péstisida yang réaksinya akan békérja bila bérséntuhan langsung déngan hama, baik kétika makan ataupun sédang bérjalan. Jika hama sudah ményérang lébih baik ménggunakan jénis péstisida ini. Contoh: Sébagian bésar péstisida kimia.

Éfék Pénggunaan Péstisida

Usaha péningkatan produksi pértanian tidak hanya dilakukan mélalui pémupukan tétapi juga mélalui upaya pérlindungan tanaman agar tanaman bébas dari sérangan hama pényakit.

Untuk pémbérantasan hama térsébut salah satunya adalah déngan ménggunakan bérbagai jénis zat kimia yang disébut déngan péstisida. Namun pénggunaan péstisida télah ménimbulkan dampak négatif, baik itu bagi késéhatan manusia maupun bagi kéléstarian lingkungan. Dampak négatif ini akan térus térjadi séandainya kita tidak hati-hati dalam mémilih jénis dan cara pénggunaannya.

Adapun dampak négatif yang mungkin térjadi akibat pénggunaan péstisida diantaranya:

1. Tanaman yang dibéri péstisida dapat ményérap péstisida yang kémudian térdistribusi ké dalam akar, batang, daun, dan buah. Péstisida yang sukar térurai akan bérkumpul pada héwan pémakan tumbuhan térsébut térmasuk manusia. Sécara tidak langsung dan tidak séngaja, tubuh mahluk hidup itu télah tércémar péstisida. Bila séorang ibu ményusui mémakan makanan dari tumbuhan yang télah tércémar péstisida maka bayi yang disusui ménanggung résiko yang lébih bésar untuk téracuni oléh péstisida térsébut daripada sang ibu. Zat béracun ini akan pindah ké tubuh bayi léwat air susu yang dibérikan. Dan kémudian racun ini akan térkumpul dalam tubuh bayi (bioakumulasi).

2. Péstisida yang tidak dapat térurai akan térbawa aliran air dan masuk ké dalam sistém biota air (kéhidupan air). Konséntrasi péstisida yang tinggi dalam air dapat mémbunuh organismé air diantaranya ikan dan udang. Séméntara dalam kadar réndah dapat méracuni organismé kécil sépérti plankton. Bila plankton ini térmakan oléh ikan maka ia akan térakumulasi dalam tubuh ikan. Téntu saja akan sangat bérbahaya bila ikan térsébut térmakan oléh burung-burung atau manusia. Salah satu kasus yang pérnah térjadi adalah turunnya populasi burung pélikan coklat dan burung kasa dari daérah Artika sampai daérah Antartika. Sétélah ditéliti térnyata burung-burung térsébut banyak yang tércémar oléh péstisida organiklor yang ménjadi pényébab rusaknya dinding télur burung itu séhingga gagal kétika diérami. Bila dibiarkan térus téntu saja pérkémbangbiakan burung itu akan térhénti, dan akhirnya jénis burung itu akan punah.

3. Ada kémungkinan munculnya hama spésiés baru yang tahan térhadap takaran péstisida yang ditérapkan. Hama ini baru musnah bila takaran péstisida dipérbésar jumlahnya. Akibatnya, jélas akan mémpércépat dan mémpérbésar tingkat péncémaran péstisida pada makhluk hidup dan lingkungan kéhidupan, tidak térkécuali manusia yang ménjadi pélaku utamanya.

Upaya Méngurangi Éfék Négatif Péstisida

Méngurangi résidu
Ada bébérapa langkah untuk méngurangi résidu yang ménémpél pada sayuran, antara lain déngan méncucinya sécara bérsih déngan ménggunakan air yang méngalir, bukan déngan air diam. Jika yang kita gunakan air diam (diréndam) justru sangat mémungkinkan racun yang télah larut ménémpél kémbali ké sayuran. Bérbagai pércobaan ménunjukkan bahwa péncucian bisa ménurunkan résidu sébanyak 70 pérsén untuk jénis péstisida karbaril dan hampir 50 pérsén untuk DDT. Méncuci sayur sébaiknya jangan lupa mémbérsihkan bagian-bagian yang térlindung méngingat bagian ini pun tak luput dari sémprotan pétani. Untuk kubis misalnya, lazim kita lihat pétani méngarahkan bélalai alat sémprot ké arah krop (bagian bulat dari kubis yang dimakan) séhingga mémungkinkan péstisida masuk ké bagian dalam krop.

Sélain péncucian, péréndaman dalam air panas (blanching) juga dapat ménurunkan résidu. Ada baiknya kita méngurangi konsumsi sayur yang masih méntah karéna dipérkirakan méngandung résidu lébih tinggi dibanding kalau sudah dimasak térlébih dulu. Pémasakan atau péngolahan baik dalam skala rumah tangga atau industri térbukti dapat ménékan tékanan kandungan résidu péstisida pada sayuran.

Sayur-sayuran mémang dipérlukan tubuh untuk méncukupi kébutuhan kita akan bérbagai minéral dan vitamin pénting. Tétapi, karéna di sana ada bahaya, kéhati-hatian sangatlah dituntut dalam hal ini. Ada baiknya mémang kalau kita tahu dari mana sayur itu dihasilkan. Tétapi paling aman pastilah kalau kita ménghasilkan sayuran séndiri, déngan mémanfaatkan pékarangan rumah, déngan pot sékalipun. Karéna péstisida tidak hanya béracun bagi hama, tétapi dapat juga mématikan organismé yang bérguna, térnak piaraan, dan bahkan manusia, maka agar térhindar dari dampak négatif yang timbul, pényimpanan dan pénggunaannya harus dilakukan sécara hati-hati dan dilakukan sésuai pétunjuk.

Sélain itu, untuk méngurangi dampak pénggunaan péstisida dapat pula dilakukan déngan cara ménggunakan péstisida alami atau péstisida yang bérasal dari tumbuhan (biopéstisida). Biopéstisida tidak méncémari lingkungan karéna bérsifat mudah térurai (biodégradablé) séhingga rélatif aman bagi térnak péliharaan dan manusia. Sébagai contoh adalah air rébusan dari batang dan daun tomat dapat digunakan untuk mémbérantas ulat dan lalat hijau.

Kita juga dapat ménggunakan air rébusan daun kémanggi untuk mémbérantas sérangga. Sélain tumbuhan térsébut, masih banyak tumbuhan lain yang méngandung bioaktif péstisida sépérti tanaman mindi, bunga méntéga, rumput mala, tuba, kunir, kucai, dll.


Sumber  : tips petani

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel