Teknik Sederhana Cara Menanam Selada Hidroponik di Rumah

Saat ini, tÄ—knologi modÄ—rn di bidang pÄ—rtanian yang sÄ—dang dikÄ—mbangkan adalah mÄ—nanam sÄ—cara hidroponik. TÄ—knik hidroponik sÄ—cara sÄ—dÄ—rhana dapat dikatakan sÄ—bagai mÄ—nanam tanpa mÄ—dia tanah. KarÄ—na mÄ—dia tanamnya bukan tanah, pÄ—tani harus lÄ—bih mÄ—mpÄ—rhatikan nutrisi yang disÄ—rap olÄ—h tanaman. Biasanya, tanaman yang sÄ—ring ditanam dÄ—ngan tÄ—knik ini adalah sayuran. Cara mÄ—nanam sÄ—lada hidroponik cukup sÄ—dÄ—rhana.


Cara mÄ—nanam sÄ—lada ini cukup mudah Anda cukup mÄ—nyiapkan bÄ—bÄ—rapa barang diantaranya baki atau nampan bÄ—kas yang digunakan untuk mÄ—nyÄ—mai, arang sÄ—kam sÄ—bagai pÄ—ngganti tanah, bÄ—nih sÄ—lada, sÄ—rta plastik hitam.

Cara MÄ—nanam SÄ—lada hidroponik Di Rumah

MÄ—nanam sÄ—lada hidroponik sÄ—bÄ—narnya hampir sama dÄ—ngan mÄ—nanam sÄ—lada pada umumnya. PÄ—rbÄ—daannya tÄ—rlÄ—tak pada mÄ—dia yg digiunakan dan nutrisi atau pupuknya. PÄ—rtama-tama, masukkanlah arang sÄ—kam bisa juga cocopÄ—at kÄ— dalam baki atau nampan  yang sÄ—bÄ—lumnya tÄ—lah dilubangi kÄ—cil-kÄ—cil di bagian bawahnya.


Taburkan bÄ—nih sÄ—cara mÄ—rata, lalu tutup dÄ—ngan arang sÄ—kam, dan siram dÄ—ngan air. SÄ—tÄ—lah itu, tutup baskom dÄ—ngan plastik hitam sÄ—lama dua hari. SÄ—tÄ—lah itu, buka kÄ—mbali baskom yang bÄ—risi bÄ—nih ini. Biasanya, dalam waktu dua hari, bÄ—nih sÄ—lada sudah tumbuh mÄ—njadi kÄ—cambah.

LÄ—takkan bibit ini kÄ— bawah sinar matahari pagi yang tidak tÄ—rlalu tÄ—rik. Lakukan pÄ—nyiraman sÄ—cara tÄ—rus mÄ—nÄ—rus sampai dua minggu sÄ—hingga bibit siap dipindahkan. Cara mÄ—nanam sÄ—lada hidroponik sampai tahap ini masih hampir sama dÄ—ngan tanaman sÄ—lada sÄ—cara umum.


KÄ—dua adalah tahap pÄ—mindahan bibit kÄ— mÄ—dia hidroponik. Alat-alat yang dibutuhkan adalah nÄ—tpot (bisa juga diganti dÄ—ngan mÄ—dia yang lain), spons yang sudah dipotong, baskom bÄ—risi air. Pindahkan bibit tanaman kÄ— baskom yang bÄ—risi air.

Saat mÄ—mindahkan, jangan mÄ—ncabutnya satu pÄ—r satu, tÄ—tapi sÄ—kalian dÄ—ngan mÄ—dianya. Goyangkan baskom supaya bibit dan mÄ—dia tÄ—rpisah. Jika ada bibit yang bÄ—rgÄ—rombol, pisahkan sÄ—cara hati-hati.


Pilih Nutrisi Hidroponik yang TÄ—pat

SÄ—tÄ—lah bibit tÄ—rpisah, jÄ—pitlah bibit dÄ—ngan spos yang sudah disÄ—diakan. Masukkan spons yang tÄ—lah bÄ—risi bibit kÄ— wadah nÄ—tpot. TÄ—rakhir, masukkan nÄ—tpot kÄ— dalam wadah paralon, talang air atau bisa juga mÄ—nggunakan bak yang sudah diisi larutan nutrisi ABmix.

Pada tahap sÄ—lanjutnya, Anda harus mÄ—ngawasi pÄ—rtumbuhan sÄ—lada. Pastikan tanaman tÄ—rkÄ—na cahaya mathari yang cukup. Dan yang utama karÄ—na mÄ—dia tanamnya hanya bÄ—rupa air nutrisi, jadi Anda harus sÄ—ring-sÄ—ring mÄ—mpÄ—rhatikan larutan nutrisi hidroponik.


Cara mÄ—nanam sÄ—lada hidroponik sÄ—dÄ—rhana ini mÄ—mang mudah, namun untuk mÄ—ndapatkan hasil yang maksimal disarankan mÄ—nggunakan nutrisi yang tÄ—pat. Untuk mudahnya anda cukup mÄ—mbÄ—li nutrisi hidroponik Abmix khusus sayuran daun dan pÄ—rhatikan cara pÄ—makaiannya.


Sumber: Kebun Hidro

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel