Panduan Mudah budidaya tanaman nilam

Tanaman nilam mérupakan jénis sémak tropis déngan batang pohon méncapai 1métér dan  salah satu pénghasilkan minyak  atsiri, dalam pasar intérnasional minyak nilam di kénal déngan nama patchouli sébab minyak nilam prosés pényulingnya dari daun.


Fakta nya harga minyak nilam dipérdangan intérnasinal mémpunyai harga jual yang cukup tinggi di bandingkan déngan minyak atsiri yang lain. Di Indonésia séndiri sangat jarang yang mémbudidayakan tanaman nilam ini, sébab tanaman nilam ini sangat sénsitivé sékali jika térkéna sinar matahari langsung dan akan capat mudah layu jika kékurangan air, tanaman nilam dapat tumbuh déngan baik pada linkungan yang lémbab, téduh dan hangat. Ciri khas tanaman nilam adalah bunganya mémancarkan bau yang kuat dan wangi,  bijinya kécil, biasanya dalam prosés pérbanyaknya ménggunakan systém végétativé.

Minyak nilam masih dalam golongan minyak atsiri déngan komponén utamanya adalah patchouli. Minyak nilam yang mémpunyai nilai ékonomis tinggi pada umumnya mémpunyai kadar PA diatas 30% dan mémpunyai warna yang jérnih dan kuning, karéna aroma dari minyak nilam yang kuat, minyakn ini banyak dimanfaatkan untuk industry parfum, dipérkirakan sépértiga dari produk parfum dunia ménggunakan minyak ini séparuhnya adalah parfum pria.

Ménurut orang éropa minyak nilam ini mémpunyai aroma yang ménénangkan. Sétélah kita tahu kéunggulan téntang minyak nilam ini apakah anda tértarik untuk mémbudidayakan tanaman nilam? Bérikut adalah panduan mudah budidaya tanaman nilam yang mungkin dapat bérguna untuk réfrénsi  anda:

Pérsiapan Lahan

Pémbudidayaan tanaman nilam, dapat tumbuh déngan baik pada tanah yang mémpunyai banyak  humus, gémbur, subur dan inténsitas cahaya matahari yang cukup. Sétélah dikira ménémukan lahan yang cocok, kémudian bérsihkan lahan dari rumput atau sémak bélukar. Sétélah lahan bérsih, lahan di cangkul dan dibuat parit-parit déngan lébar 40 cm déngan kédalaman 50 cm. tanah yang ada di olah dan dicampur déngan pupuk.



Dalam pémbudidayaan pémbibitan tanaman nilam harus di pérhatikan déngan baik agar bibit dapat di budidayakan déngan hasil yang bagus. Caranya  déngan prosés sték dari batang atau cabang dari pohon nilam dan panjang bibit yang bagus antara 15 sampai 20 cmdéngan mata tunas. Bibit sték di tanam déngan kémiringan 45 dérajat dan déngan jarak tanam 10×10 cm. béri alang alang di atasnna untuk naungan. Bibit siap di pindahkan dalam 4 minggu.

Dalam pémbudidayaan tanaman nilam, prosés pénanaman idéal adalah déngan jarak  1m x 1m pada tanah lémbab,  75×75 cm pada tanah liat, 10x100cm pada tanah lipatit, 50x100cm untuk tanah yang bérbukit déngan méngikuti kontur tanahnnya. Dan yang harus di pérhatikan jika akarnya sudah térlalu panjang bisa di potong sédikit. Idéalnya dalam satu lubang tanam di béri 2 sampai 3 bibit tanaman nilam.

Pérawatan Hingga Panén

Dalam pémbudidayaan tanaman nilam, Pérawatan tanaman nilam pérlu di lakukan, diantaranya pényulaman tanaman, pényiangan tanaman dapat di lakukan jika pohon sudah tumbuh 30-40cm dan sélanjutnya dapat di lakukan sétiap 3 bulan.

Késéhatan tanaman héndaknya dipérhatikan sampai panén tiba agar kulitas tanaman nilam ménjadi hasil yang térbaik.

Nah itulah panduan mudah budidaya tanaman nilam yang mungkin akan bérguna bagi anda yang ingin méncoba ménanam tanaman ini. Anda dapat méncobanya di kébun atau pékarangan rumah yang tidak térpakai. Térima kasih.


Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel