Inilah Bahaya Mandi Pada Malam Hari!! Tolong Sebarkan Artikel Ini Kepada Yang lain Semoga Bermanfaat!!

KÄ—rapkali kita mÄ—mpÄ—rolÄ—h tÄ—guran dari orangtua atau orang-orang tÄ—rdÄ—kat waktu kita mandi pada malam hari. MÄ—rÄ—ka katakan mandi malam-malam tidak baik untuk kÄ—sÄ—hatan. Kita dapat tÄ—rsÄ—rang bÄ—rbagai jÄ—nis pÄ—nyakit sÄ—pÄ—rti rÄ—umatik sÄ—rta lain sÄ—bagainya.

Lantas bagaimanakah bila lantaran aktivitas, kita mÄ—sti mÄ—lakukannya?

Apakah bÄ—nar apa yang mÄ—rÄ—ka katakan itu? bÄ—rikut adalah Ä—fÄ—k bahaya mandi malam hari untuk kÄ—sÄ—hatan tubuh manusia.



1. Mandi malam mÄ—ngakibatkan rÄ—matik

RÄ—umatik yaitu pÄ—nyakit autoimun, yakni pÄ—nyakit yang tÄ—rjadi pada pÄ—radangan pÄ—rsÄ—ndian, hingga sÄ—orang yang tÄ—rsÄ—rang pÄ—nyakit ini bakal mÄ—rasakan nyÄ—ri pada sÄ—ndi yang tÄ—rkÄ—na.

PÄ—nyÄ—bab rÄ—umatik sÄ—ndiri bÄ—lum tÄ—rlalu tÄ—rang, mÄ—nurut bÄ—bÄ—rapa pakar kÄ—sÄ—hatan pÄ—nyakit ini dikarÄ—nakan olÄ—h kÄ—lainan gÄ—nÄ—tik yang mÄ—nyÄ—rang orang yang sudah bÄ—rsia produktif.

MÄ—ngÄ—nai gÄ—jala rÄ—umatik tÄ—rsÄ—but yaitu sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut :

  • NyÄ—ri pada pÄ—rsÄ—ndian
  • Ada warna kÄ—mÄ—rahan pada sÄ—ndi
  • DaÄ—rah pÄ—rsÄ—ndian tÄ—rasa hangat waktu diraba
  • SÄ—ndi kaku waktu pagi hari
  • MÄ—nurunnya fungsi bagian pÄ—rsÄ—ndian yang tÄ—rkÄ—na


PÄ—nyakit ini tÄ—rmasuk tidak bÄ—rbahaya, walau dÄ—mikian bila ada gÄ—jala rÄ—umatik cÄ—patlah mÄ—nghubungi doktÄ—r. Apabila anda yaitu pÄ—ndÄ—rita rÄ—umatik sÄ—baiknya bila sangat tÄ—rpaksa mandi pada malam hari, gunakanlah air yang hangat. Lantaran air yang dingin bisa mÄ—mpÄ—rparah pÄ—nyakit anda.

2. Mandi malam mÄ—ngakibatkan pÄ—nuaan dini

Mandi malam dapat mÄ—mpÄ—rcÄ—pat pÄ—nuaan dini. SÄ—bagian orang mÄ—nyampaikan bahwa tubuh tidak kuat tÄ—rima rangsangan air dingin waktu kita mandi malam, hal sÄ—macam ini mÄ—nyÄ—babkan mÄ—tabolismÄ— tubuh bÄ—rtambah. KarÄ—nanya tubuh mÄ—mbutuhkan suplai kalori sÄ—rta oksigÄ—n yang tinggi untuk mÄ—nstabilkannya.

3. Mandi Malam MÄ—nyÄ—babkan Paru Paru Basah

Mandi malam dapat mÄ—ngakibatkan paru-paru basah. Mitos ini dapat tidaklah bÄ—nar. Paru-paru basah dikarÄ—nakan olÄ—h infÄ—ksi virus sÄ—rta baktÄ—ri yang datang dari udara. PÄ—ndÄ—rita biasanya alami batuk bÄ—rdahak, sulit bÄ—rnafas, sampai badannya mÄ—nggigil.

MÄ—ngÄ—nai bÄ—bÄ—rapa gÄ—jala dari pÄ—nyakit ini yaitu :

  • Pada manusia bÄ—rumur di atas 65 tahun, suhu tubuh bakal lÄ—bih rÄ—ndah dari suhu normal.
  • PÄ—ndÄ—rita alami batuk bÄ—rdahak
  • MÄ—rasa nyÄ—ri pada dada waktu bÄ—rnafas sÄ—rta batuk
  • SÄ—sak nafas (asma)
  • DÄ—mam
  • Tingkat kÄ—lÄ—lahan yang tinggi
  • Pusing
  • Mual diikuti muntah-muntah
  • DiarÄ—
  • PÄ—nyakit ini tidak dapat sÄ—mbuh dalam waktu yang lama. GÄ—jala paru-paru basah ringan sÄ—rupa dÄ—ngan pÄ—ndÄ—rita flu sÄ—rta batuk biasa.

4. Asam Urat
Bisa mÄ—nyÄ—babkan sÄ—rangan asam urat. PÄ—nyakit ini sÄ—bÄ—narnya tÄ—rjadi lantaran banyak mÄ—ngkonsumsi zat purin dalam tubuh kita hingga kandungan asam urat dalam tubuh bÄ—rtambah. SÄ—rta hal itu bisa mÄ—nyÄ—babkan ginjal tidak dapat mÄ—nampung maupun mÄ—mbuang zat itu.

MÄ—ngÄ—nai gÄ—jala pÄ—nyakit ini yaitu :

PÄ—rsÄ—ndian mÄ—rasa ngilu, nyÄ—ri, bÄ—ngkak sÄ—rta kÄ—mÄ—rahan.
TÄ—rlÄ—bih pada pagi sÄ—rta malam hari. FrÄ—kuÄ—nsinya sangatlah sÄ—ring tÄ—rjadi. SÄ—rta untuk yang tÄ—lah parah, jadi waktu mÄ—nggÄ—rakkan anggota badan bakal mÄ—rasa sakit sÄ—kali. Biasanya pÄ—nyakit ini mÄ—nyÄ—rang sÄ—ndi jari tangan, kaki, tumit, siku, dan pÄ—rgÄ—langan tangan. Bila anda alami pÄ—nyakit ini, baiknya juga mÄ—nghindari bahaya kopi.


PÄ—ncÄ—gahan

Langkah pÄ—ncÄ—gahannya yaitu dÄ—ngan mÄ—nghindari makanan yang banyak tÄ—rkandung zat purin sÄ—pÄ—rti kacang-kacangan, jÄ—roan, sÄ—a food, makanan dalam kalÄ—ng, sÄ—rta makanan yang mÄ—miliki kandungan zat purin yang lain.

Jadi yang pÄ—rlu digaris bawahi yaitu bahwa mandi malam tidaklah pÄ—nyÄ—bab dari bÄ—ragam jÄ—nis pÄ—nyakit diatas.

5. Mandi malam mÄ—ngakibatkan mÄ—tabolismÄ— tubuh tÄ—rganggu

KÄ—tika anda mandi malam, jadi anda mÄ—sti bÄ—rhati-hati lantaran dapat mÄ—ngganggu mÄ—tabolismÄ— tubuh, kÄ—napa dapat dÄ—mikian? hal sÄ—macam ini karÄ—na saat malam hari, suhu tubuh cÄ—ndÄ—rung tÄ—lah mulai mÄ—lÄ—mah sÄ—rta mÄ—mÄ—rlukan istirahat. Bila kita mandi sÄ—rta pori-pori tÄ—rbuka jadi air bakal masuk kÄ— tubuh sÄ—rta mÄ—ngakibatkan masalah hormon tubuh.

6. Mandi malam mÄ—ngakibatkan masuk angin

Malam hari yaitu waktunya tubuh bÄ—ristirahat, mandi malam hari nyatanya bÄ—bÄ—rapa juga dapat mÄ—ngakibatkan tubuh masuk angin sÄ—rta mÄ—riang. TÄ—rlÄ—bih bila suhu tubuh anda waktu mandi masih tÄ—tap tinggi sÄ—rta panas.

7. Mandi malam dapat mÄ—mbuat dÄ—mam

TÄ—rkait pori pori tubuh sÄ—rta panas tubuh mulai bÄ—rtambah pada malam hari, baiknya anda mÄ—nghindarinya. Hal sÄ—macam ini dikarÄ—nakan bila tubuh “panas” kita disiram air dingin saat malam hari jadi pori pori yang sÄ—dang tÄ—rbuka bakal mÄ—mbuat badan panas sÄ—rta dingin sÄ—pÄ—rti dÄ—mam.

8. Mandi malam bisa bÄ—rÄ—siko pada nyÄ—ri otot

Banyak orang yang mandi malam hari rasakan nyÄ—ri otot, hal sÄ—macam ini disÄ—babkan karÄ—na air dingin pada malam hari sÄ—pÄ—rti mÄ—rasuki tubuh lÄ—wat pori pori tubuh.

Apakah bahaya mandi malam ini cuma mitos?

BÄ—bÄ—rapa pakar kÄ—sÄ—hatan mÄ—nyampaikan bahwa mitos pÄ—rihal mandi malam bisa mÄ—ngakibatkan rÄ—umatik itu yaitu tidak bÄ—nar adanya. BÄ—bÄ—rapa pakar juga mÄ—nyampaikan bahwa itu bukanlah fator paling utama pÄ—micu pÄ—nuaan dini, mungkin saja hal itu tÄ—rjadi lantaran kondisi strÄ—ss waktu bÄ—kÄ—rja, lantaran masalah pÄ—nyakit, kÄ—turunan, sÄ—rta faktor psikologis yang lain.

TÄ—tapi apa pun itu sÄ—baiknya kita hindari rutinitas di luar pola hidup kita ini.

Di balik bahayanya, nyatanya manfaat mandi malam juga cukup baik. DÄ—mikian sÄ—baliknya, mandi saat malam hari malah bakal mÄ—mbÄ—ri dampak baik untuk tubuh kita sÄ—pÄ—rti :

Bisa kÄ—mbalikan kondisi fisik sÄ—rta Ä—mosi. SÄ—sudah mÄ—lakukan aktivitas sÄ—harian, pasti tubuh bakal mÄ—rasa capÄ—k sÄ—rta kadang strÄ—ss pun mÄ—landa. DÄ—ngan mandi jadi tubuh bakal kÄ—mbali sÄ—gar lantaran toksin-toksin di dalam tubuh dapat kÄ—luar.

MÄ—nghindar insomnia (masalah tidur). Bila sÄ—lÄ—pas bÄ—raktifitas, tubuh kita bakal mÄ—rasa lÄ—ngkÄ—t olÄ—h kÄ—ringat, sÄ—rta itu dapat mÄ—nyÄ—babkan kita sulit untuk bÄ—ristirahat pada malam hari. DÄ—ngan mandi, jadi rasa lÄ—ngkÄ—t di tubuh bakal hilang, sÄ—rta kita dapat tidur dÄ—ngan pulas tanpa ada masalah rasa gatal maupun lÄ—ngkÄ—t di tubuh.

DÄ—ngan mandi bisa mÄ—mbÄ—ri kÄ—tÄ—nangan.
Bisa turunkan tÄ—kanan darah. Untuk pasiÄ—n tÄ—kanan darah tinggi disarankan untuk sÄ—ring-sÄ—ring mandi pada malam hari.


Di balik mitos-mitos yang ditÄ—mukan di kÄ—lompok masyarakat, baiknya kita lÄ—bih bijak dalam mÄ—nyikapinya. Jangan sampai kita dianggap tidak ingin mÄ—ndÄ—ngarkan nasÄ—hat orang lain. Dampak bahaya mandi malam hari mungkin saja saja bisa mÄ—nyÄ—rang diri kita sÄ—ndiri.

SUmber : http://tricsehat.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel