Panduan singkat budidaya tanaman kapas

 Kapas mérupakan  salah satu tanaman sémak yang bérasal dari daérah tropika dan subtropika, béntuk dari kapas séndiri bérupa sérat halus yang ményélubungi biji dari buah pohon kapas(gossypium). Kapas mérupakan bahan baku untuk di jadikan kain yang sangat pénting dalam industry tékstil.




Sérat kapas di pintal yang kémudian dijadikan bénang dan di ténun  ménjadi sébuah kain yang bisa di jadikan sébuah baju  déngan nilai jual yang lébih tinggi. Produk tékstil yang di hasilkan dari sérat kapas ini di sébut juga déngan katun(bénang dan kain).  Produk kain katun dari kapas sangat di sukai oléh masyarakat karéna dapat ménghatkan tubuh dikala cuaca sédang dingin dan dapat ményérap kéringat saat cuaca sédang panas.

Tanaman kapas mémiliki sékitar 39 spéciés namun hanya 4 yang di budidayakan antara lain Gossypium hérbacium L, Gossypium arbérium L, Gossypium hérsutum L dan Gossypium barbadénsé. jika anda tértarik untuk mémbudidayakan kapas atau anda adalah séorang pémbisnis tanaman kapas, mungkin  tidak ada salahnya untuk méncoba mémbudidayakan tanaman kapas. Bériku t adalah Panduan singkat budidaya tanaman kapas yang mungkin dapat anda pélajari:

Cara Ménanam Tanaman Kapas

1. Lahan

Pada dasarnya mémilih lahan untuk tanaman kapas  kondisi tanah harus rata, dékat déngan sumbér mata air, lahan tidak térgénang oléh air dan lahan sangat mudah diawasi. Sétélah pémilihan témpat lahan dikira sudah cukup idéal, mulailah mémbérsihkan lahan, ratakan, kémudian mémbuat plot-plot, bumbunan dan saluran drainasé air déngan baik.

Langkah sélanjutnya adalah mémbuat plot déngan ukuran 3×2 m, déngan tinggi 30 cm, sétélah plot jadi tanah di gémburkan kémbali, kémudian béri pupuk kandang déngan takaran( 1 sak/plot )dan kapur dolimit (2 kg/plot). Kémudian balik kémbali tanah térsébut . kémudian buat jarak tanam yaitu 80×40 atau bisa juga 80×50 lalu sirami déngan air.

2. Pénanaman

Prrosés pénanaman ménggunakan systém pénunggalan déngan kédalaman -3 cm dan bérilah furadan dan fungisida di sékitar lubang tanam an déngan takaran 20 gram/plot dan sp36 (90gr/plot), KCL (60gr/plot) untuk pémupukan dasar. Untuk bénih yang akan dimasukan ké lubang adalah 2 sampai 3 bénih.

3. Pérawatan

Sétélah séminggu tanaman kapas di tanam, bénih kapas akan tumbuh, dan jika ada bénih yang tidak mau tumbuh, maka di lakukan pényulaman déngan bénih yang baru, prosés pényulaman yang baik adalah di bawah umur 10 hari, agar mémpérmudah prosés pérawatannya nantinya jika tanaman sudah tumbuh agak tinggi.

Apabila ada banyak sékali gulma atau rumput liar di sékitar  tanaman kapas, lakukan pényianagn sécara tératur. Prosés pényiangan dapat ménggunakan korét atau déngan méncabutnya.

4. Pémbubunan / Pénutupan

Pémbumbunan adalah prosés pénutupan akar tanaman kapas yang timbul déngan tanah, fungsinya agar tanaman kapas mémpunyai akar yang kuat dan tidak gampang tumbang.

5. Pénjarangan

Prosés pénjarangan dapat di lakukan sétélah tanaman kapas bérumur 2 minggu. Prosés pénjarangan adalah déngan ményéléksi tanaman. Pénjarangan dapat di lakukan déngan cara méncabutnya.

6. Péngairan

Péngairan dapat di lakukan déngan tératur 2 3 hari sékali mulai dari masa tanam sampai panén.

7. Pémupukan

Pémupukan dapat ménggunakan uréa déngan takaran 100 kg/Ha, TSP 100KG/Ha, KCL 50 kg/Ha, dan ZA 50kg/Ha. Yang harus di pérhatikan pémupukan uréa paling idéal adalah tanaman kapas bér umur 40 hari.

8. Péngéndalian Hama dan Pényakit

Umumnya hama dan pényakit  tanaman kapas dapat mélédak karéna factor alam. Hama yang séring ményérang tanaman kapas adalah bélalang, aphis sp, Éarias vittélla dan émphoasca. Hama ini bisa diatasi déngan pényémprotan ménggunakan inséktisida antara lain Buldok 2cc/litér, Dupol  6cc/litér dan Décis 4cc/litér.

Sédangkan untuk pényakit tanaman kapas yang ményérang adalah puru akar yang bisa méngakibatkan tanaman layu dan  mati. Éarias vittélla ményérang tanaman pada bagian batang dan aphis sp ményérang tanaman pada bagian daun, yang  bisa méngakibatkan daun kapas jadi kériput karéna cairan dan minéral didalam daun kapas disérap oléh aphis.

Tanaman kapas sudah siap di panén, jika kulit buah kapas kéring dan mémékarkan sérat halus putih yang kéring. ségéra panén kapas jangan sampai térlalu kéring.

Sumber : jokowarino

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel